Dunia Lingga

Lika Liku Memilih Bra Hamil dan Menyusui yang Bagus dan Nyaman



Dari sebelum punya anak, masalah pakaian dalam khususnya bra nggak bikin saya pusing memilih. Pasalnya, sejak remaja hingga menikah, saya lebih sering memakai bra yang without wire seperti sport bra gitu, karena enak buat bergerak. Pas hamil dan punya anak pertama, bra hamil dan menyusui itu ternyata salah satu item yang penting banget dan nggak bisa asal pilih. Nggak cukup hanya yang tanpa kawat saja.

Cerita waktu hamil Arfa, baru kerasa tuh kok ada yang berbeda kalau pakai sport bra sebelumnya. Kok jadi sesak dan mulai nggak nyaman untuk dipakai. Ya iyalah, badan makin melar dan payudara membesar karena hormon kehamilan. 

Karena sesak pas hamil, kadang-kadang saya nggak pernah pakai bra saat tidur. Konon bagus juga nggak memakai bra saat tidur biar peredaran darah menjadi lancar. Tapi kadang juga lupa untuk melepasnya karena sudah terlalu lelah buat bergerak saja😌.

Akhirnya ketika hamil Arfa saya membeli banyak bra hamil dan menyusui. Kira-kira ada lima sampai enam buah dan semuanya cukup bermanfaat. Saya membeli bra kait atas dan juga bra menyusui kancing tengah.

Setelah dipakai, ternyata saya lebih cocok pakai bra bukaan kait atas, karena nggak usah ribet buka kancing lebih dalam dibanding saat pakai bra bukaan tengah. Understand what i mean? Hanya emak-emak yang mengerti rempongnya menyusui.


Bukaan kait atas
Setelah masa menyusui Arfa selesai, saya kembali memakai bra sehari-hari. Bra menyusui disimpan kalau Arfa punya adik. Alhamdulillah, setelah lepas IUD, dikasih rezeki dua setengah tahun pasca menyusui Arfa, si adik yang bernama Filza, akhir Januari 2018 lalu.

Ketika Filza lahir, saya nggak persiapan khusus buat beli bra hamil dan menyusui karena memakai lungsuran dari kakaknya. Awal-awal kehamilan sih oke. Tapi ternyata makin lama semakin sesak, apalagi jelang bulan tua.  Ini artinya bra hamil dan menyusui lungsuran Arfa sudah nggak muat. Ini artinya juga..berat badan semakin naik..huaahhaha😣

Tapi daripada beli lagi kan sayang, akhirnya saya tetap memakai bra menyusui bekas Arfa untuk dipakai saat nyusuin Adik Filza. Bulan pertama hingga ketiga masih oke, tapi karena cuci kering pakai cuci kering pakai, si bra minta diganti yang baru agaknya.

Tali bra menyusuinya putus Moms..huaa. Bukan cuma satu,  tapi tiga bra sekaligus. Sedih sih, banyak kenangan sama bra menyusui itu, haha..kenangan ASI tumpah-tumpah karena LDR, dan kenangan emosional sama mas Arfa. Sampai-sampai saya jahit itu tali bra yang putus, saking menyimpan kenangan tersebut. Suami bilang, "Ya Allah neeng, beli napa yang baru,"kata dia saking keselnya liat istrinya pengiritan, haha..Padahal bukan ngirit, cuma menyimpan kenangan saja, wkwk

Akhirnya saya pikir-pikir, kenangan itu bisa disimpan dalam hati. Dengan membuang yang sudah aus, bukan berarti kita juga membuang kenangan di dalamnya. Akhirnya, saya mulai mencari bra hamil dan menyusui yang cocok dan bagus buat saya. Tips memilih bra hamil dan menyusui yang cocok dan bagus menurut saya adalah:
1. Bahannya adem
Kalau bahannya adem, model bra nggak jadi masalah sih, yang penting bukaan kait atas. Bahan adem buat bra dan menyusui itu sangat penting karena apa? Yang pasti dipakai bakal nyaman dan mudah menyerap keringat. Bahan yang bagus buat bra menyusui adalah yang berbahan dasar nylon dan spandex dan polyester.

2. Elastisitas
Baha elastis jadi salah satu pertimbangan memilih bra hamil dan menyusui

Nah, poin kedua, bra hamil dan menyusui harus yang elastis juga sirkulasi udaranya yang baik biar tetap nyaman, lebih membentuk dan pastinya lebih nyaman untuk dipakai.

3. Bukaan bra menyusui yang mudah
Bra hamil dan menyusui mas Arfa sengaja saya pilih bukaan yang kait atas karena praktis dan gampang dibuka dengan satu tangan. Jadi kalau lagi ada acara di luar, menyusui bisa tinggal leepp😝. Tapi banyak juga loh yang memilih bukaan kancing tengah atau crossover, semua tergantung selera dan kebutuhan.

4. Tanpa kawat
Sebelum hamil dan menyusui pun saya lebih suka bra tanpa kawat karena zero pressure. Kalau bra hamil dan menyusui ada kawatnya, alamak, kibarkan bendera putih aja deh. Karena kalau pakai kawat, duktus susu akan tertekan dan bisa jadi salah satu penyebab mastitis atau pembengkakan pada payudara karena tersumbatnya ASI.


Bra tanpa kawat paling nyaman dipakai saat hamil dan menyusui
5. Variasi ukuran
Buat saya, variasi ukuran itu penting banget karena nggak mungkin kan kita membeli bra hamil dan menyusui yang nggak enak dipakai, kekecilan atau kebesaran. Apalagi buat badan big size seperti saya, ukuran bra hamil dan menyusui yang besar jadi salah satu  bahan pertimbangan. 

Bra Hamil dan Menyusui dari Mooimom

Setelah sekian lama pencarian, dan melihat berbagai review dari ibu-ibu  hamil dan menyusui lainnya, saya menjatuhkan pilihan pada bra hamil dan menyusui dari Mooimom. Banyak sekali review bagus produk maternity dan nursing dari Mooimom. Bukan hanya bra hamil dan menyusui, tapi produk lain seperti baju hamil dan menyusui, celana dalam ibu hamil, kamisol, dan perlengkapan pasca melahirkan. Juga perlengkapan menyusui seperti pompa ASI, aksesoris menyusui dan produk lainnya. 

Oiya ada beragam pilihan model bra hamil dan menyusui dari Mooimon mulai dari hand free pumping bra, stripe maternity and nursing bra, crossover maternity and nursing bra, seamless maternity and nursing bra, soft cup nursing bra, ultra comfort seamless maternity and nursing bra dan masih banyak pilihan lainnya yang bisa teman-teman lihat di website Mooimon.

Saya memesan paket 3in1 Seamless Maternity and Nursing Bra dengan warna-warna yang lembut dan modelnya yang simpel. Kenapa memilih bra hamil dan menyusui dari Mooimom? Karena sepertinya bakal memenuhi ekspektasi saya terhadap kriteria bra hamil dan menyusui yang cocok dan bagus menurut saya. Bra hamil dan menyusui dari Mooimom juga digadang-gadang zero pressure, zero bound dan zero ligature. 

Setelah memesan, hanya sekitar dua hari produk sampai di rumah. Alhamdulillah yang ditunggu-tunggu akhirnya sampai juga😁.

Alasan memakai bra hamil dan menyusui model Seamless Maternity and Nursing Bra dari Mooimom:
Packaging Apik
Packaging Mooimom

Paket pun dibuka dan seneng karena setiap item bra di-packing dengan rapi dengan kardus tersendiri dari Mooimom. Ketika bungkus dibuka pun dibungkus lagi dengan plastik. Dengan packing seperti ini, terlihat lebih eksklusif dan higienis. Karena saya suka aneh kenapa bra dan celana ibu-ibu di toko-toko tertentu dipajang begitu saja, sementara celana dalam bapak-bapak dibungkus sedemikian rupa 😂. 
Deskripsi produk seamles maternity and nursing bra Mooimom


Oiya, ada petunjuk pemakaian di belakang kardus dan deskripsi produk hingga bagaimana cara mencuci dengan benar. Ada juga deskripsi ukuran bra yang dipesan. 

Pilihan warna menarik
Warna bra hamil dan menyusui tetap kece.  Satu lagi warna krem yang belum kering habis dicuci😁

Seamless Maternity and Nursing Bra ini saya pilih karena warnanya kalem sih, mulai dari warna krem, kuning, pink, ungu dan hitam. Warnanya tuh nggak terlalu ngejreng-ngejreng banget karena saya nggak terlalu suka yang terlalu 'meriah' hehe. Tapi Mooimom juga sedia bra dengan model dan warna yang lucu-lucu seperti crossover maternity and nursing bra.

Bahan yang adem
Nah, pas saya raba, bahan Seamless Maternity and Nursing Bra ini halus banget dan adem begitu. No wonder ternyata terbuat dari bahan yang bagus. Seperti outern-ya 90 persen Nylon 10 persen Spandex. Sementara inner-nya 100 persen dari bahan Polyester. Dan ketika sudah dipakai, saya kayak yang nggak pakai bra gitu saking ademnya *tears bahagia* baru kali ini pakai bra yang nyaman banget dipakai.

Ukuran yang variatif
Bra hamil dan menyusui dari Mooimom ini mengukurnya dari bawah lingkar dada (underbust), yakni M (70-75 cm), L (75-80 cm) dan XL (80-85cm). Moms harus memastikan dahulu ukuran lingkar dada berapa dan cara mengukur bra hamil dan menyusui harus dilebihkan dua jari karena semakin lama kan ukuran dada semakin membesar selama proses hamil dan menyusui.

Bukaan yang lebar dan pengait yang mudah dibuka dengan satu tangan.
Seamless Maternity and Nursing Bra Mooimom ini punya bukaan yang cukup lebar sehingga saya nggak ribet membukanya. Kaitannya juga sangat mudah dibuka, jadi mengASIhi si kecil menjadi semakin mudah.

Tiga kaitan di bagian belakang
Kaitan di belakang bisa mengatur ukuran 

Saat hamil, kondisi badan dan payudara umumnya semakin besar. Dengan tiga kaitan pada bagian belakang pada bra hamil dan menyusui ini, sangat membantu saya membantu menahan beban payudara yang penuh dengan ASI, haha..Oiya, jangan lupakan pulaa desain di punggung belakang bra yang membentuk huruf U sehingga bisa meminimalkan tekanan pada bagian punggung saat hamil dan menyusui.

Dilengkapi bra pad
Bra pad hamil dan menyusui yang bisa dipasang dan dilepas sesuai kebutuhan

Buat Moms yang ASI-nya suka bocor, Seamless Maternity and Nursing Bra Mooimom dilengkapi dengan bra pad yang bisa menampung ASI yang keluar. Biasanya saya pakai kalau ke luar rumah sih biar nggak rembes kemana-mana. Tapi kalau nggak mau pakai bra pad juga bisa dilepas kok Moms, jadi nggak usah khawatir ya..Tapi harus diingat jika setelah mencuci dan dikeringkan, biasanya bra pad letaknya kurang pas karena bergeser. Jadi harus dibenerin dulu letaknya.

Jahitan rapi 

Terkadang saya menemukan jahitan bra yang bahasanya apa ya,,keleleran begitu, jadi nggak rapi keliatannya. Nah, Seamless Maternity and Nursing Bra Mooimom ini rapi banget jahitannya dan nggak kasar. 

Sumpah, bra hamil dan menyusui dari Mooimom ini super duper recommended banget Moms, menyusui jadi happy banget. Untuk harga satuan Seamless Maternity and Nursing Bra Mooimom Rp 199.000. Kalau yang paket 3in1 Seamles Maternity and Nursing Bra Mooimom sekitar Rp 537.000. Harganya memang affordable banget dengan manfaat yang kita terima loh. ASI lancar dan ibu tetap happy.

Ketika emak belum sempat ke mall😁


Untuk perawatan bra hamil dan menyusui sebenarnya simpel saja sih. Usahakan mencuci bra hamil dan menyusui dari Mooimom dengan tangan, bukan dengan mesin cuci. Karena kalau pakai mesin cuci, daya elastisitasnya berkurang akhirnya tali menjadi longgar dan nggak nyaman dipakai. Dan kalau sudah selesai dipakai karena anak sudah disapih, bra hamil dan menyusui ditaruh di plastik bening yang ada klipnya sehingga nggak akan jamuran kalau-kalau dipakai lagi nanti. 

Memang urusan bra hamil dan menyusui itu jangan dianggap remeh ya, karena menyusui itu, memberi kehidupan untuk generasi mendatang. Semoga review  di atas dapat membantu Moms untuk memilih bra hamil dan menyusui yang bagus dan cocok buat Moms. Untuk informasi lebih lengkapnya, teman-teman bisa langsung ke:


Happy pregnant and breastfeeding Mommyy..:)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lika Liku Memilih Bra Hamil dan Menyusui yang Bagus dan Nyaman"

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)