Dunia Lingga

Biaya Melahirkan Normal di RSI Klaten



Berapa biaya melahirkan  di RSI Klaten? Saya awalnya agak khawatir melahirkan di RSI Klaten, khawatir mahal..hahaha..karena kan termasuk salah satu RS swasta yang cukup bagus di Klaten.

Kalau pro normal atau tidak kayaknya nggak ada tenaga medis yang pro normal atau  caesar. Karena semua tenaga medis seperti dokter pasti ingin memberi pelayanan kesehatan yang terbaik pada pasiennya.


Biaya melahirkan di RSI Klaten memang standar dan variatif sih. Apalagi RSI Klaten menerima BPJS Kesehatan, jadi bisa gratis. Sayangnya saya belum mengubah status BPJS non mandiri (perusahaan) menjadi BPJS mandiri. Alhasil pakai biaya pribadi melahirkan di RSI Klaten ini.

Oiya sebelumnya saya berencana melahirkan di Klinik Barokah dr Uki karena lebih privasi dan tidak ramai. Untuk kelas VIP di Klinik Barokah hanya Rp 3.6 juta. Lupa nggak sempat foto-fotoin ruang bersalin dan ruang inapnya. Sayangnya karena adik lahir melewati HPL, saya harus dirujuk ke IGD RS Klaten karena harus dipacu atau caesar.


Proses mendaftar melahirkan di RSI Klaten pun mudah, hanya dengan KTP dan KK. Untuk biaya melahirkan secara normal di RSI Klaten memang tergantung kelas berapa yang ingin dituju.

Untuk pelayanan di IGD RSI Klaten terutama partus bidan biayanya sekitar Rp 1.5 juta. Sementara karena saya memilih di ruang inap VIP satu malamnya sekitat Rp 625 ribu. Saya menginap dua hari di ruang zam-zam VIP. Jika ditotal biaya melahirkan secara normal kelas VIP hanya Rp 5 jutaan saja. Dengan biaya segitu, adik bayi sudah diimunisasi polio dan Hepatitis B.

Sementara biaya melahirkan secara caesar di RSI Klaten saya nggak begitu tahu secata detail. Namun teman pengajian yang baru melahirkan caesar di RSI dengan pilihan kelas satu biayanya sebesar Rp 11 juta.

Lalu fasilitas apa saja yang didapat untuk kelas VIP? Sebelumnya maaf nggak sempet foto-foto karena saya menjauhi hp saat itu, malas saja. Tapi untuk fasilitas VIP di ruang zam-zam cukup lengkap. Satu bed untuk ibu dan satu sofa panjang untuk yang menunggu, tv, kulkas, kamar mandi dalam dengan air dingin dan panas, wastafel.

Yang paling penting, adik bisa room in sama saya. Makanannya pun lumayan enak, begitupun snack time-nya yang kadang saya nggak habis karena saking seringnya. Ketika awal masuk ruang inap, perawat mendoakan saya dan adik bayi agar sehat dan segera pulih.

Oiya, disediakan pula peralatan mandi seperti sabun, sikat gigi, handuk, sisir dan odol. Juga paket perawatan bayi seperti sabun, bedong, dan baju bayi beserta sarung tangannya.

Untuk pelayanannya, semua suster ramah-ramah dan selalu siap siaga. Kan suka kesel ya kalau perawatnya jutek. Dan yang terpenting juga, RSI Klaten ini mendukung keberhasilan menyusui. Waktu lahir adik langsung di IMD meski nggak sampai satu jam penuh.

Saya selalu ditanya apakah ada kesulitan menyusui, apakah ASI lancar dan dijelaskan nutrisi apa yang diberikan oleh RSI dan apa yang tidak. Ketika adik bayi panas, saya harus skin to skin sampai suhunya turun. Sambil skin to skin sambil menyusui adik bayi.

Overall, biaya melahirkan secara normal di RSI Klaten menurut saya sangat terjangkau, apalagi bisa BPJS Kesehatan juga. Untuk fasilitas pun cukup lengkap.



Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Biaya Melahirkan Normal di RSI Klaten"

  1. oh, jadi si baby made in Klaten ya bukan Korea, hihihi. cubby banget itu pipihnya, pengen nyiumm

    ReplyDelete
  2. VIP 5 juta murah ya mba :) semoga sehat2 selalu mb n debay

    ReplyDelete
  3. Mbak, saya bc di postingan sebelumnya dapat surat rujukan untuk melahirkan di RSI dari dr.Uki yaah.. Kalau misalkan pk BPJS Surat itu yang langsung ditunjukkan ke saat mengurus administrasi ya? tanpa mengurus rujukan dari faskes 1 bisa ya mbak? rencana lahiran di RSI juga mbak.. mohon pencerahannya :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)