Dunia Lingga

Menikmati Ramen di Resto Instagenic Khas Jepang Ale's Place Cipoho Sukabumi



Mudik tahun ini kami sekeluarga ke Sukabumi Jawa Barat. Perjalanan panjang dari Klaten terbayarkan juga setelah menikmati beragam wisata alam dan kuliner khas Sukabumi. Sebelumnya saya pernah nulis tentang kuliner berbahan aci seperti cilok, cireng dsb yang selalu bikin kangen Sukabumi.


Nah, kali ini mau coba sesuatu yang beda di Sukabumi, yakni menikmati ramen hangat di restoran ala Jepang Ale's Place Cipoho Sukabumi. Sudah lama juga nggak makan ramen  dan sushi karena Klaten penuh dengan soto πŸ˜‹. Oiya ke Ale's Place Cipoho juga kami niatkan untuk silaturahmi dengan owner restoran tersebut setelah sebelumnya komunikasi urusan bisnis melalui media sosial.

Karena di rumah kakek neneknya Arfa lagi nggak ada mobil, kami naik taksi online dari Subangjaya ke Ale's Place Cipoho. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer saja. Dan bayar taksi online nggak lebih dari Rp 20 ribu. Dengan taksi online, kami nggak perlu ribet juga cari-cari alamat karena saya dan suami memang nggak ngerti-ngerti amat jalanan di Sukabumi. Makanya selama sebulan lebih di Sukabumi, kita jarang banget jalan-jalan sih..kita mah anak rumahan banget, haha.


Suasana Jepang Kerasa Banget dengan Interior yang Dihadirkan di Ale's Place Cipoho Sukabumi. Sumber gambar: IG @alesplacecipoho


Restoran Ale's Place Cipoho ini terletak di Perumahan Cipoho Indah, Jalan Gamelan No. 2, Kelurahan Citamiang, Kecamatan Cikondang Sukabumi. Kalau dari Supermall terus ke bawah. Temen-temen masuk ke area perumahan kemudian ada portal, maju sedikit, Ale's Place Cipoho terletak di sebelah kanan jalan. 

Dari sisi jalan, nuansa restorannya kental khas Jepang yang dihiasi lampion berwarna merah dan oranye. Selain itu, banyak bunga berwarna merah yang saya nggak tahu jenisnya apa..maapkeeun T.T.

Penggila komik wajib mampir ke sini. Sumber IG: @alesplacecipoho


Saat masuk ke resto, pramusaji dengan hangat bersorak akan kedatangan tamu-tamunya. "Selamat datang di Ale's Place,"suara pramusaji bersahutan. Wah, kompak sekali pikir saya, di tengah-tengah cuaca Sukabumi yang lagi terik-teriknya.


Karena membawa Mas Arfa dan Adik Filza, kami diarahkan untuk makan di meja lesehan. Terdapat pula meja kursi sesuai keinginan pelanggan. Oiya, di lantai dua nuansanya hampir sama. Nuansa rumah kayu ala Jepang terlihat mendominasi area restoran. Beberapa bagian resto terlihat baru saja selesai dibangun. Yang menarik, banyak koleksi komik Jepang di beberapa lemari yang menempel di dinding. Semua khas anak muda banget nih, pikir saya. Hiasan tulisan Jepang hingga manga khas Jepang juga dihadirkan. 

Ramen Level Lima..Nyyuum


Thai Tea favorit saya nih :)

Gak usah berkata-kata, enaakk bangeet


Tak menunggu lama, pramusaji Ale's Place Cipoho membawa daftar menu yang membuat kami menahan air liur karena memang sudah waktunya makan siang. Wah saya lumayan takjub sih, banyak banget varian menunya. Mulai dari ramen creamy, ramen siro, ramen shoyu, sushi, caukatsu (banana katsu), takoyaki, hingga hidangan hotplate mie. Minuman juga nggak kalah banyak variannya, mulai dri ocha,jus, hingga thai tea. Wuaah surga..πŸ’—

Saya memilih beef ramen dengan tingkat pedas level 5. FYI, level pedasnya sampai 10 loh..saya sih nggak berani mencoba karena perut cukup sensitif soal rasa pedas. Suami pesan beef rice blackpepper yang disajikan pada piring hotplate. Sementara Arfa sudah makan dari rumah, jadi dia cuma memesan es Pingku, semacam Pattbingsu Korea. Terdapat campuran es krim, puding, jelly bean, susu dan kacang tanah..Yummy..Arfa bisa habis sendiri nih.

Pudingnya enak banget loh, serius deh..
Makan es Pingku nggak boleh bagi emaknya..hahaha

Setelah membuat dede nyaman, saya mulai makan ramen yang masih panas. Di hari yang terik, makan ramen level lima ternyata waaw..bikin berkeringat. Rasa kuah ramennya pas dan sudah pedes banget menurut saya. Jadi, kalau kamu penyuka pedas, level lima ke atas bisa jadi pilihan menikmati ramen di Ale's Place Cipoho Sukabumi. Taburan wijen dengan wortel dan telur, semakin menambah nafsu makan saya. Ditambah potongan daging sapinya yang meleleh di mulut. Aih, mau minta tambah cuma perut bisa makin melar setelah melahirkan..haha. 


Jadi, saya mencicipi hotplate suami yang meletup-letup itu. Rasanya pas nggak terlalu strong tapi nggak kurang juga blackpeppernya. Untuk minumnya saya tetap memilih minuman favorit saya, thai tea. Rasanya passs bangeet..enggak terlalu manis nggak terlalu getir juga, ada sepet-sepetnya khas thai tea. Sementara suami memilih lemon tea, doi mah nggak jauh-jauh kalau pesan minuman di manapun pilihannya pasti lemon tea. YassalaamπŸ˜„

Selesai makan dan membayar, saya mengontak owner Ale's Place Cipoho Sukabumi, Teh Lulu. Dan Alhamdulillah bisa bertemu setelah chit chat lewat sosmed. Banyak inspirasi dan motivasi yang saya dapat dari Teh Lulu. Teman-teman bayangin saja, Ale's Place Cipoho Sukabumi baru berusia lebih kurang dua tahun, setiap harinya bisa beromset Rp 7 juta. Apalagi kalau weekend dan bulan puasa kemarin, bisa dua hingga tiga kali lipatnya. Sebulan? Hitung sendiri, hahaha..Padahal, kata Teh Lulu, awal mula Ale's Place Cipoho Sukabumi didirikan, Rp 7 juta adalah omset selama satu bulan.


Datang dari jam 1 siang sampai asar, anak-anak pada teler semua, keasikan ngobrol hihii


Kini, Ale's Place Cipoho Sukabumi memiliki 25 orang karyawan baik bagian food beverage, chef sampai pramusaji. Menurut Teh Lulu, pembangunan Ale's Place Cipoho Sukabumi dikarenakan rumah orang tua sang suami yang kosong, hanya sang ibu saja yang tinggal. Untuk itu, daripada tidak difungsikan, rumah dijadikan warung makan dan warnet. Berkaca pada Kota Bandung dan Kota Bogor yang menjadikan rumah sebagai lahan usaha, Teh Lulu dan suami pun melakukan hal yang sama. 

Lalu kenapa Ale's Place Cipoho Sukabumi bertema restoran Jepang? Awalnya menurut Teh Lulu, banyak anak sekolah di sekitar perumahan yang menjadi target Ale's Place Cipoho Sukabumi. Namun ternyata, 90 persen pelanggan datang dari luar perumahan. Untuk itu, Ale's Place Cipoho Sukabumi terus melakukan inovasi dan tema Jepang menjadi pilihannya.

Selain karena di Sukabumi masih jarang resto dengan dekorasi dan makanan khas Jepang, pemilihan tema ini juga didasari karena kesukaan Teh Lulu akan komik. Pantas saja di lantai satu dan dua, ada banyak koleksi komik yang bisa kita baca selama menunggu pesanan. Karena desain resto Ale's Place Cipoho Sukabumi yang juga instagenic, tak heran jika banyak anak muda juga keluarga yang penasaran.  Selain itu juga, kerap banyak komunitas yang suka berkumpul di Ale's Place Cipoho Sukabumi baik dari komunitas bisnis, hobi maupun digital.

Komunitas di Sukabumi yang sering mengadakan pertemuan di Ale's Place Cipoho Sukabumi. Sumber gambar: @alesplacecipoho


Agar pelanggan terus datang, kata Teh Lulu, pihak Ale's Place Cipoho Sukabumi selalu melakukan inovasi baik dalam hal menu, pelayanan hingga perbaikan resto. Untuk menu, Ale's Place Cipoho Sukabumi selalu memperbaharuinya per-enam bulan sekali agar pelanggan tidak bosan. Ale's Place Cipoho Sukabumi juga melakukan pengembangan di berbagai lini seperti perluasan tempat sehingga dapat menampung banyak pelanggan.

Jangan lupa juga menyoal harga. Restoran Jepang biasanya identik dengan kata mahal. Namun, Ale's Place Cipoho Sukabum menawarkan harga yang cukup bersaing dan terjangkau. Kami berempat hanya habis Rp 100 ribu saja, dengan menu ramen shoyu, hotplate blackpepper, thai tea, lemon tea dan ice pingku. 

Teh Lulu berharap, kehadiran Ale's Place Cipoho Sukabumi bisa menambah khasanah perkulineran di Sukabumi. Apalagi jika kuliner Sukabumi semakin dikenal di seluruh negeri. Semoga ya teman-teman..So, orang Sukabumi, mau makan siang kemana nanti? Cobain Ale's Place Cipoho Sukabumi yuk..:)

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Menikmati Ramen di Resto Instagenic Khas Jepang Ale's Place Cipoho Sukabumi"

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)