Dunia Lingga

Cari Hot Plate Murah? Pesan di Batur Creative Logam Yuk!

Jualan hot plate murah hasil produksi sendiri? Nggak pernah terbayangkan dalam hidup saya sih sebenarnya berjualan hot plate. Dulu sempat berjualan perlengkapan bayi yang produknya mengambil dari seorang kakak kelas saat kuliah.

Sayang bukan reseller, jadi hanya dropshipper begitu, beliau yang mengirim-ngirimkan produknya. Setelah pindah ke Batur, Ceper, Klaten Jawa Tengah, saya mencoba hal baru selain nge-blog dan kerjaan freelance lainnya, yaitu jualan hot plate.

Sebenarnya, jualan hot plate secara online bisa dibilang terlambat. Sudah banyak perusahaan dan UMKM lain menjual produk yang serupa. Bahkan UMKM di sini banyak yang berjualan hot plate di segala lini digital mulai dari Instagram, Facebook, hingga YouTube. Tapi namanya usaha ya nggak boleh menyerah dulu toh, apalagi keluarga ada sumber daya berupa pabrik pengecoran logam.



Biasanya, pabrik pengecoran keluarga Mustaghfir Logam memproduksi logam-logam berat seperti onderdil molen dan sparepart lainnya. Dulu sempat memproduksi hot plate tapi belum terlalu serius seperti sekarang.

Untuk teman-teman ketahui, tempat saya tinggal di Batur, Klaten merupakan sentra industri logam. Ada sekitar 300 unit usaha yang membuat logam, mulai skala kecil, menengah hingga besar. Persaingan bisnisnya jangan ditanya, berdarah-darah pastinya. Kalau nggak banyak-banyak sedekah, nggak kuat pasti menghadapi tantangan usaha di sini, hehe..

Memulai usaha memproduksi hot plate ini sendiri karena nggak semua order logam berat datang dengan massif, pasti ada naik turunnya. Makanya, salah satu lini usaha pengecoran logam keluarga kami yakni hot plate. Mustaghfir Logam fokus memproduksi molen dan sparepart lainnya, sementara saya, adik suami dan suami mulai massif berjualan hot plate.

Saya dan suami fokus membuat bendera sendiri dengan nama Batur Creative Logam. Sama saja sih masih bagian dari Mustaghfir Logam, hanya lebih banyak fokus memproduksi dan menjual hot plate untuk restoran-restoran ataupun skala rumah tangga.


Kenapa dinamakan Batur Creative Logam? Sebenarnya terinspirasi dari Bandung Creative Center-nya orang Bandung😝, di mana tempat tersebut digadang-gadang jadi pusat simpul kreatifnya orang Bandung. Ya sekadar harapan sederhana sih agar Batur Creative Logam bisa jadi tempat kreatif buat orang-orang Batur.

Selain itu juga karena kan lokasi pabrik kami di Batur, Ceper, Klaten Jateng jadi biar lebih bisa dikenal saja. Dan kalau di bahasa Sunda Batur itu artinya teman, ini artinya Batur Creative Logam bisa menjadi teman, partner bisnis yang bisa diandalkan..tssaaahh hahaha..

Ternyata arti nama Batur di sini itu pembantu😝. Gak papa lah, kan artinya membantu pelanggan dalam mencari produk logam yang diinginkan, hahaha..

Alhamdulillah, baru fokus berjualan hot plate sebelum lebaran tahun ini, sudah banyak yang order, sampai ratusan pcs masyaallah. Ya meskipun keuntungannya nggak terlalu banyak karena saya jualan dengan harga promo.  

Berikut ini beberapa model gambar hotplate yang kami produksi:










Kenapa harus membeli hot plate di Batur Creative Logam? 
Pertama, kami benar-benar memproduksi hot plate secara langsung, jadi pasti harganya akan lebih murah dibanding harga di pasaran. Bahkan ada pelanggan yang kaget kok murah banget, jangan-jangan motif penipuan😅.

Kedua, pelanggan bisa banget custom cor logam khususnya hot plate yang diinginkan. Beberapa pelanggan banyak yang meminta cetak nama resto di hot platenya, ada yang minta custom alas kayu hot plate, bahkan beli kayunya saja.

Sejauh ini sih pelanggan yang membeli hot plate tidak banyak komplain mengenai produk kami. Hanya banyak dari mereka yang belum tahu cara merawat hot plate yang baik dan benar. Dan sebagian masih khawatir akan ketahanan hot plate, apa gampang berkarat? Apa gampang aus? Begitulah kira-kira.

Sebenarnya cara merawat hot plate nggak susah sih, yang jelas perlu ketelatenan juga. Hot plate kan dibuat dari cast iron atau baja. Bagaimana sifat baja? Layaknya besi akan berkarat jika sering kontak dengan air , oksigen , atau oksidan kuat lainnya , atau asam. Jadi sebisa mungkin hot plate selalu kering.


Setelah digunakan untuk menghidangkan masakan, ada baiknya hot plate direndam atau disiram dengan air hangat terlebih dahulu. Jangan pakai sikat kawat karena bisa merusak lapisan baja. Pakai sikat halus saja untuk menghilangkan kotoran pada piring hot plate. 

Setelah dicuci dengan sabun, lalu dibersihkan dan dikeringkan dengan lap agar cepat mengering. Posisi hot plate juga harus dimiringkan ya..agar cepat kering juga. Jika memungkinkan, dipanaskan terlebih dahulu agar air benar-benar tak berbekas. Ingat, air itu oksidan sifatnya, sehingga kalau kontak dengan baja, baja bisa cepat berkarat. 

Setelah itu, jika memungkinkan, oleskan minyak goreng untuk mencegah karat pada hot plate. Lalu, setelah itu simpan pada suhu ruang. Gampang banget kan merawat hot plate?

Lalu bagaimana cara memesan hot plate Batur Creative Logam? Gampang juga sih..bisa langsung kontak saya di blog ini, atau langsung ke Ig di @batur.creative.logam atau webnya  yang belum selesai di www.baturcreative.com. Doakan agar jualan hot plate ini berkah ya..oiya teman-teman juga bisa loh review hot plate Batur Creative Logam dan mention ke IG kita, insyaallah akan kita regram😁

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cari Hot Plate Murah? Pesan di Batur Creative Logam Yuk!"

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)