Dunia Lingga

Hamil Anak Perempuan dan Laki-laki, Apa Ada Perbedaannya?



Memang ada perbedaan hamil anak laki-laki dan anak perempuan? Setelah punya anak laki-laki dan perempuan, ada beberapa perbedaan yang saya rasakan saat hamil keduanya.

Persamaannya seperti kehamilan pada umumnya. Sulit tidur tengkurap, ngidam, hingga pinggang yang rasanya hampir patah. Sakit yang terkadang dirindukan. Mungkin. Bagi sebagian ibu yang pernah hamil.

Meski banyak tantangan saat hamil, kok saya kangen hamil lagi ya? Kangen rasanya ditendang-tendang janin di rahim. Kangen minta ini minta itu diturutin suami (ini sih bukan ngidam tapi kesempatan 😆). Rasanya itu priceless dan agak sulit diungkapkan. 

Akhirnya, masa itu datang juga setelah saya melepas KB IUD. Janin itu hadir setelah saya mengalami cobaan berat yang sebenarnya mau diceritakan tapi toh nggak semua hal harus diceritakan *apaan sih ini labil banget, hahaha..


Yang jelas, dari berbagai cobaan itu, kami harus pindah ke Klaten. Lebih dekat dengan keluarga suami tapi menjauh dari keluarga di Sukabumi. Ya, setiap pilihan keputusan ada konsekuensinya toh. Dulu mudiknya ke Klaten, sekarang mudiknya ke Sukabumi.

Kehamilan anak kedua ini sempat saya ceritakan di postingan sebelumnya, bagaimana saat hamil kok saya jadi rada oon, hehe..Saya juga sering gagal fokus dan rada pikun. Saat itu belum tahu jenis kelamin bayi karena usia janin masih muda.


Kehamilan  anak perempuankali ini agak berbeda dari anak kehamilan laki-laki. Apa perbedaannya?

✔ Makanan
Pas hamil anak laki-laki, si Mas Arfa, trisemester pertama sama sekali nggak mau menyentuh makanan yang berkuah kayak bakso, soto dan makanan berkuah lainnya. Ih, rasanya jijik aja gitu ngeliatnya.

Paling suka ngemilin buah dan chikiball juga camilan bermicin tinggi. Pantes saja kayaknya Arfa kelebihan micin deh, nggak mau diem begitu anaknya, haha..😂. Kalau buah, kepengennya buah-buahan yang rada mahal kayak sunkist, kiwi, anggur dan buah-buah impor lainnya.  Makanan kayak yogurt dan sesuatu yang asem-asem itu menyegarkan banget di lidah. Sempet ngidam yogurt Jco yang satu sekop aja mahalnya..hahaha

Kehamilan kedua, ngidamnya nggak macem-macem sih..semua makanan masuk kayaknya. Dan makanan berkuah saya suka banget, apalagi soto. Berbeda saat hamil Arfa yang lihat makanan berkuah udah kayak liat sampah. Hehehe..

Hamil anak perempuan ini suka  banget makan buah-buahan terutama mangga, karena lagi murah dan lagi musimnya. Oiya, suka juga buah naga karena lagi MURAH juga haha. Buah-buahan yang manis juga saya suka. Semua saya suka..aku suka..aku sukaa..

✔ Lebih rajin
Sewaktu hamil Arfa, saya sering tidur lagi setelah subuh. Ya Allah rasanya mager banget mau ngapa-ngapain karena eneg. Padahal, saya masih kerja  kantoran saat itu. Alhasil, masuk kantor selalu telat dan selalu sampai jam 9 atau jam 9.30. 

Sampai trisemester ketiga pun malasnya masih nempel. Olahraga malas apalagi ke dapur. Duh, mageer banget..

Nah pas hamil Filza, memang di awal-awal kehamilan itu males banget. Maunya tidur-tiduran pas trisemester pertama. Sampai-sampai suami rada-rada mutung lihat istrinya leyeh-leyeh melulu.

Ya mau gimana lagi, menghadapi wastafel saja saya langsung eneg dan muntah. Cium bau bawang juga ih amit-amit baunya. Alhasil di kehamilan kedua ini jarang banget ke dapur dan masak.

Namun setelah melewati masa ngidam, wah semangat beberes saya keluar. Terlebih sudah trisemester ketiga, pengennya beresin rumah biar terlihat rapi. Risih aja kalau lihat kasur berantakan, lantai kotor dan mainan Arfa bertebaran.
✔ Lebih sensitif
Yang merasakan perbedaan kehamilan ini justru suami saya. Katanya, hamil anak kedua saya lebih sensitif dan mudah baper. Hmm..iya sih..bahkan suami yakin sekali anak keduanya ini perempuan. Katanya lihat ibunya yang sensitif dan ringkih ciri-ciri bawaan bayi perempuan.

Pas hamil kedua memang saya rasakan kayak yang selalu sebel sama suami dan lingkungan. Ya mungkin karena tempat baru juga ya, saya harus beradaptasi lagi. 

Banyak hal yang saya pikirkan. Bahkan pemikirannya sampai gak jelas. Kayak nanti kalau saya mati pas lahiran gimana, dikubur di mana, sampai segitunya. 

✔ Suka dandan
Konon katanya kalau hamil anak perempuan bakal suka dandan? Eh entah benar atau tidak mitos ini, saya merasakannya sendiri.

Waktu hamil anak laki-laki, cueknya minta ampun. Saya ke kantor pun gak pernah merias diri. Lipen pun nggak pernah pakai. Males aja gitu, baunya makeup juga bikin nggak enak.

Nah, hamil perempuan ini entah kenapa seneng banget merias diri. Masa mau nganterin Arfa ke Paud harus bikin halis dulu? Huaahaha..ini sih rekor karena saya jarang banget makeup-an. Even pelembab pun saya malas banget makenya.

Eh, tau-tau pas hamil mauya bikin alis, pakai lipen dan bedakan kemana-mana. Kok rasanya ada yang kurang kalau nggak pakai lipen. Kayak cantiknya berkurang drastis gitu. Sampai-sampai adik dan mamah saya di Sukabumi juga yakin saya hamil anak perempuan karena kalau video call, lipen masih terus on point banget..haha

Pas hamil anak perempuan juga pengennya ngacaa melulu..sisiran melulu. Kayak mau ketemu  Lee Min Ho aja gitu.😅

✔ Kulit lebih halus
Sewaktu hamil anak laki-laki, saya cuek minta ampun. Alhasil, tubuh nggak terawat dan kulit kasar juga kering. Rambut juga sering rontok, dan semakin parah rontoknya ketika menyusui si anak laki-laki ini. 

Sementara sewaktu hamil anak perempuan, entah kenapa kulit terasa lebih halus dan glowing. Bahkan suami sering bilang kok saya cantikan. Jadi selama ini saya nggak cantik ya? Emaang..*jawab sendiri

Banyak sekali mitos dan pengamatan mengetahui jenis kelamin bayi pada masa kehamilan. Apa yang saya alami tentu bakalan berbeda dari yang lainnya.  Menurut medis pun nggak ada perbedaan signifikan yang dihasilkan oleh janin perempuan dan laki-laki.

Meski ada penelitian menyebut, saat mengandung anak laki-laki, hormon androgen meningkat sehingga warna kulit  beberapa ibu menjadi gelap. Pantas saja waktu hamil Arfa rasanya kulit saya buluk banget. 

Tapi secara umum, nggak ada perbedaan fisik yang dapat dilihat secara jelas dan secara kasat mata. Misalnya pas hamil Arfa perut saya melebar dan bos sempat bilang kalau perut melebar tandanya hamil anak perempuan. Sementara kalau perut mancung ke depan berarti hamil anak laki-laki. Ternyata semua tanda-tanda tersebut nggak bisa jadi patokan hamil anak perempuan atau laki-laki. 

Lah wong setiap kehamilan punya keistimewaannya masing-masing. Kalau kalian, punya pengalaman berbeda setiap kehamilan? Apa pernah ngalamin perbedaan signifikan saat hamil anak perempuan dan laki-laki? Share dong..😘

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Hamil Anak Perempuan dan Laki-laki, Apa Ada Perbedaannya?"

  1. wah aku hamil pertama perempuan emang doyan luluran mba wkwkwk sekarang insyaAlloh anakku lelaki yang akan lahir awal buldep *doakan y mb* membuatku boro2 luluran, mandi tuh malesnyaaaa ga mufakat sampe kata suami ya ampun kok jorok sih sekarang terus bawaannya tidur mba mau di kantor, dirumah dikit2 tidur wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Baru ngerasain hamil sekali mba, jadi ga ada pembandingnya hehe. Tapi sama sih hamil anak cowok itu bawaannya males banget dandan, sebelnya sampe skrg keterusan, enaknya pake alasan apa ya :D

    ReplyDelete
  3. Aku hamil dua kali dg jenis kelamin sama, tapi kecenderungan ciri2 hamilnya beda banget mba. Heran deh waktu itu

    ReplyDelete
  4. Rambutku rontok juga setelah lahiran anak ketiga, banyak lagi rontoknya hiks.
    Tapi emang pas hamil anak cewek, wajah lebih bersih dan halus *entah ini kebetulan apa gimana :D

    ReplyDelete
  5. Waktu hamil Hamid emang gak suka bau wangi..dan jorok banget badan item2..

    Gak tau kapan hamil anak cewe bisa bandingin ntar.

    Sekarang ya baru cuma satu..

    ReplyDelete
  6. Gak perlu bingung lagi pilih pink atau biru mommy sudah tahu kok.

    ReplyDelete
  7. Wah baru tahu perbedaannya hehe nice info banget nih. Makasih mbak

    ReplyDelete
  8. Aku ketawa-ketawa bacanya. Jadi, suka hamil anak cowok apa cewek? Salam kenal ya Filza dan salam kangen buat Arfa.

    ReplyDelete
  9. Aku baru sekali hamilny, cewe pula, hihii,
    Pastinya beda ya hamil anak ce or co, ahh yang penting happy

    ReplyDelete
  10. Wahhh,, ternyata mitos anak cwe suka dandan dan anak cowok lebih cuek itu bener ya?

    ReplyDelete
  11. Jadi lucu ngebayangin nya. Hhihii..
    Pengalaman yang ngangenin y mbak.. hehee

    ReplyDelete
  12. Aku lupa ih rasanya hamil, pengen hamil lagi #eh

    ReplyDelete
  13. Wah baru tau info ini hehe :) pengalaman sekali hamil anak laki, wajah jerawatan dan makin item haha

    ReplyDelete
  14. Sama mba, pas hamil dulu jadi malas dandan. Tapi pas lahiran kulit malah bagus, hormon juga kali ya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)