Dunia Lingga

Happy One Year Filza (Milesone 0-12 Bulan)



Membersamai tumbuh kembang anak sejak kecil rasanya jadi anugerah tersendiri buat saya. Meski ada duka, tapi banyak sukanya juga. Untuk anak kedua ini berasa banget kerempongannya karena sambil ngurusin kakaknya juga.

Mau menulis tumbuh kembang adik pun jadi dirapel seperti ini karena penyakit M -malas- yang susah sembuhnya. Hehe..FYI adik lahir dengan berat 4.2 kilogram. Bisa baca cerita kelahirannya di sini. Baca: Pengalaman Melahirkan Anak Kedua

Alhamdulillah sejak lahir nggak banyak masalah kesehatan dan adik tumbuh sesuai grafik perkembangan usianya. Dan tepat di usianya satu tahun, saya buat postingan tentang milestone Filza. Oiya..happy milad anak perempuan Bubu, semoga jadi penyejul hati semua orang, semoga jadi hafidzah..aamiin ya Allah..


Milestone 0-3 bulan




Saya belum sempat banyak cerita tentang perkembangan adik Filza karena ngeblog jadi barang yang langka untuk saat ini. Sebenernya lebih ke arah malas sih, ngelihat lepi bentar sudah ada yang nangis minta nenen haha. Saya juga lagi disibukkan urusan pengembangan Batur Creative Logam, usaha saya dan suami. Baca: Batur Creative Logam

Selama 0-3 bulan tantangan sebenarnya bukan datang dari adik, tapi dari kakaknya Arfa. Maklum aksi sibling rivalry nya masih memuncak. Adik disusukan, kakaknya marah, terus aja seperti itu. Terkadang saya emosi akhirnya jadi marahin mas Arfa. 

Apalagi kalau lagi capek dengan urusan domestik rumah tangga. Ternyata, memang saya yang salah. Saya baca-baca dari ilmu parenting, memang kakaknya yang harus didahulukan. Ini tuh kayak perumpamaan si adik adalah 'pelakor' dalam sebuah hubungan rumah tangga.


Jadi, kalau lagi nggak ada Bapaknya, tugas saya harus memerhatikan Arfa lebih dahulu, lalu adiknya. Kalau ada Bapaknya, Bapaknya yang punya tugas meladeni semua keinginan Arfa.

Oke balik lagi ke milestone Filza. Untuk perkembangan pertumbuhan adik sampai usia 3 bulan sudah bisa mengangkat kepala, merespons suara, memandang objek bergerak, tersenyum dan tertawa. Dan kebiasaannya saat nenen adalah mengangkat kedua kakinya sampai ke area mulut. Adik sempat terkena jaundice (bayi kuning) seminggu pasca dilahirkan (bisa baca di sini). Baca: Ketika Filza Harus Dirawat Karena Jaundice (Bayi Kuning)

Oiya karena badannya cukup bongsor, adik di usia tiga bulan malas sekali gerak. Haha..keberatan badan agaknya ya deek..dan mungkin banyak yang belum tahu, adik punya tanda lahir berwarna kemerahan di dahi tengahnya, di antara alis mata. Pas lahir saya kira akan hilang, ternyata setelah sebulan berlalu nggak hilang-hilang. Sempat di bawa ke dokter dan bilang itu tanda lahir.

Awalnya saya merasa terganggu karena tanda lahir kemerahan tersebut. Apalagi adik adalah bayi perempuan yang pasti nanti gede mau mukanya mulus, hehehe..eh tapi lama kelamaan saya menerima saja kondisi tersebut. Saya bersyukur adik sehat-sehat saja alhamdulillah..tanda lahir bisa disamarkan dengan bedak, wkwkwk.. Well banyak make up bertebaran di muka bumi, wajah bisa dipoles, tapi hati??

Milestone 3-6 bulan

Karena lupa-lupa ingat juga tumbuh kembangnya bagaimana, saya lihatlah si buku pink Filza. Beratnya 8 kilograman, dan itu berat banget ya..kayak bawa barbel kemana-mana, hahaa. Filza belum bisa merangkak seingat saya. Karena dia baru bisa guling kanan kiri itu usia empat atau lima bulanan.

Di usianya ini, banyak ocehan yang keluar dari mulutnya meski kami nggak mengerti dia ngomong apa. Dia juga sudah bisa mengeluarkan emosinya. Apalagi kalau ibunya lama memberikan ASI, nangislah seantero rumah geger semua. Saya juga ngerasa emosi Filza lebih kelihatan dibanding Arfa. Apa karena dia anak perempuan? Entahlah...

Terus kalau melihat Bapaknya pulang kerja, Filza menyambutnya seperti melihat pacar atau kekasih gitu. Giraaang banget kalau Bapaknya pulang kerja. Akutuw terharu melihatnya, kalau sama Ibunya dia mungkin hanya butuh NENEN...huuh.

Milestone 6-9 bulan

Di milestone Filza ini, Alhamdulillah imunisasi dasar dan tambahan sudah diberikan. Kalau diimuninasi dan disuntik, Filza nangisnya menggemparkan seantero rumah sakit dan puskesmas. Alhamdulillah nggak lama-lama sih dan bisa dialihkan. Apalagi kalau dialihkan naik motor, demen banget anaknya dia mah.

Filza juga sudah bisa merangkak dan rambatan. Perkembangan di usia ini cukup intens. Saya kira dia akan rambatan lebih dari usia satu tahun, tapi di usia sembilan bulan sudah rambatan kemana-mana.

Dia juga sudah bisa mengikuti apa yang orang lain lakukan. Misalnya bertepuk tangan, senyum kalau disuruh senyum, bercanda sama kakaknya. Lagi lucu-lucunya banget. Nah, kalau berbicara, paling hanya kata DADADA, PAPAPA dan mengoceh nggak jelas gitu. Duh, gemesin banget sih kamu..*gemes sendiri hahaa

Milestone 9-12 Bulan

Tepat di usianya 11 bulan, Filza bisa berdiri dan jalan. Alhamdulillah seperti kakaknya juga jalan di usia 11 bulan. Kalau lagi senang-senangnya eksplor, Filza suka lupa sama capek Kadang sampai jam 9 malam masih bercanda sama kakaknya. Entah rebutan mainan atau bercanda ketawa-ketawa berdua sama Arfa.

Bedanya dari kecil itu, Filza doooyaaan banget makan. Kayaknya belum pernah ada fase dia GTM. Jadi misalnya kalau pagi sudah sarapan, sejam atau dua jam kemudian dia kelaparan. Hanya saja di usia satu tahun ini dia belum bisa makan yang berserat seperti daging-dagingan. Bisa sih kalau kecil-kecil banget.




Bubu tahu Bubu belum sempurna merawat Filza dan Mas Arfa. Bubu masih sering menyusui sambil mainan hp, kadang-kadang marahin kalau Filza nenen terus, juga kalau ngeberantakin buku. Ahh..semoga Bubu bisa lebih sabar lagi ya cah wedok😍💘





Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Happy One Year Filza (Milesone 0-12 Bulan)"

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga, semoga bermanfaat. Tabiik :)