Dunia Lingga

Imunisasi Dasar di Bidan Sukabumi Yang Bagus Di mana ya?


Imunisasi bisa dilakukan di fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, praktik dokter dan bidan. Kalau di Klaten, saya biasa imunisasi anak di Posyandu atau dokter anak jika imunisasi non subsidi.

Nah, kalau sedang waktunya imunisasi dan saya sedang ke luar kota, jadi agak bingung mau imunisasi di mana. Terutama selagi lebaran tahun ini saya mudik ke Sukabumi dan adek sedang waktunya imunisasi DPT waktu itu. Karena rumah orang tua di Cikole Sukabumi, saya tanya-tanyalah di mana biasanya ibu-ibu di sini mengimunisasi anaknya.


Dan ternyata, banyak banget yang imunisasi ke bidah Jajah R. Ruchiyat Sukabumi atau biasa dengan sebutan bidan Yayah Ruchiyat. Sebelumnya saya sudah sempat ke RS Hermina Sukabumi tapi waktunya nggak tepat. Waktu bulan Mei kemarin adek harus DPT 3 kalau nggak salah. So, pilihannya ke bidan Jajah R.Ruchiyat Sukabumi yang selemparan batu dari rumah orang tua saya di Cikole, Sukabumi.

Praktik kebidanan Jajah R.Ruchiyat sendiri berlokasi di Jalan RA. Kosasih no.192 Kota Sukabumi telp 022 227446. Lokasinya di samping jalan raya, dekat dengan Bank BJB Sukabumi. Atau patokan praktik Bidan Jajah R.Ruchiyat setelah rumah makan Tik Tok dari arah Sukaraja Sukabumi. Lokasinya menurut saya strategis sih di samping jalan, tapi kurang nyaman untuk parkir sih. Nggak ada buat halaman parkirnya. 

Sampai di sana ruang tunggu untuk imunisasi juga sangat sempit. Kita bisa masuk sih ke dalam tapi nanti nggak keliatan sudah dipanggil atau belum. Jadi kadang banyak yang menunggu di ruang tunggu luar. Nggak bagus juga sih buat bayi karena kan samping jalan raya bisa banyak polusi.

l
Nah, ternyata imunisasi di bidan Jajah R.Ruchiyat Sukabumi ini ada waktu-waktunya. Untuk imunisasi DPT, polio, ipv itu ada setiap hari. Sementara untuk imunisasi campak/MR hanya ada setiap hari Senin dan Kamis.




Saya dapat antrian ketiga waktu itu. Nggak terlalu banyak pasien sih. Dan setiap pasien nggak terlalu lama juga di dalam ruangan bidan. Waktu masuk surprise banget karena bidannya ramaaahhh banget. Meski kekurangan di fasilitas, kalau nakesnya ramah jadi rasanya nyess aja gitu, hehe.

Terus seperti biasa adik ditimbang terlebih dahulu, diukur panjang dan lingkar kepalanya. Juga dilihat apa kondisinya sedang sehat atau sakit.  Bidannya sih menurut saya bukan bidan Jajah karena masih muda banget, mungkin asistennya. 

Meski begitu, bidan di praktik bidan Jajah R.Ruchiyat ini cukup detail menjelaskan tentang imunisasi yang akan di berikan kepada adik. Oiya, kalau sering pergi-pergi begini saya selalu menyimpan buku KIA di tas adik supaya data tetap terekam meski berobat atau imunisasi di tempat berbeda.

Setelah itu, adik disuntik deh di pahanya. Nangis sih, tapi sebentar saja nangisnya si adik mah, Alhamdulillah. Lalu bidan memberikan sirup Paracetamol untuk di bawa ke rumah untuk jaga-jaga saja khawatir adik demam tinggi.

Untuk biaya imunisasi di bidan Jajah R.Ruchiyat Sukabumi menurut saya sangat-sangat terjangkau di banding RS atau dokter anak. Untuk imunisasi DPT dan polio/ipv hanya sebesar Rp 70.000 dengan tambahan satu botol sirup Paracetamol. Sementara untuk imunisasi BCG dan campak/MR biayanya nggak jauh beda hanya Rp 80.000 dengan obat pereda panas.

Kalau imunisasi mau lebih murah lagi di Posyandu sih, biasanya cuma bayar Rp 4.000 buat kas gitu. Nah praktik bidan Jajah R.Ruchiyat juga melayani persalinan normal dengan biaya yang yang cukup terjangkau. Saya bertanya ke ibu-ibu yang mau kontrol paska melahirkan, ia melahirkan normal dengan biaya 1,6 juta Rupiah kelas I satu kalau tidak salah. Pokoknya range biaya persalinan di bidan Jajah R.Ruchiyat nggak lebih dari Rp 4 juta deh. Kalau urusan fasilitas persalinan saya belum tahu karena nggak melahirkan di sini dan belum pernah survei juga.

So, kalau mau imunisasi di bidan Jajah R.Ruchiyat Sukabumi bisa langsung ke tempat praktiknya ya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Imunisasi Dasar di Bidan Sukabumi Yang Bagus Di mana ya? "

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)