Dunia Lingga

Mudahnya Membuka Toko Online Untuk Ibu Rumah Tangga


Selepas mengundurkan diri dari pekerjaan dan fokus menjadi full time mom, terkadang saya bingung mengisi waktu. Jika pekerjaan rumah tangga selesai dan anak sekolah, di rumah kalau nggak menulis, apdet blog, baca buku dan leyeh-leyeh aja gitu.

Dulu sempat membuka toko online perlengkapan bayi, jadi reseller dan dropshipper begitu deh. Selain mengisi waktu, juga buat menambah pundi-pundi keuangan rumah tangga. Pembeli lumayan banyak karena saya promosi setiap hari lewat Instagram. Sayangnya, toko online saya terkadang terkendala produk yang sudah habis di supplier sementara customer bertanya terus. Belum lagi saya ada kerjaan freelance yang deadline saat itu.

Alhasil, toko online shop yang followernya sudah lumayan itu saya telantarkan begitu saja. Dan sekarang, saya pengen bikin online shop lagi karena saya produksi produk sendiri. Kali ini bukan online shop perlengkapan bayi, tapi peralatan makan seperti hotplate yang keluarga kami produksi sendiri, nama online shopnya Batur Creative Logam.


Untuk memulainya, saya nggak mau keluar banyak uang dulu sih. Ceritanya mau lihat pasarnya dulu. Satu cara yang saya lakukan adalah berjualan di marketplace Tokopedia. Kenapa? Karena gratis, mudah dan marketplace online lokal yang populer di Indonesia.

Tokopedia juga aman karena ada fitur rekening bersama untuk pembeli, sementara saya sebagai penjual akan sangat terbantu karena inventori dan promosinya lengkap. Fitur-fitur yang ditawarkan Tokopedia juga sangat mudah saya sebagai penjual dalam mengorganisir produk, menjadwalkan pengiriman sampai mempromosikan produknya.


Karena keunggulan tersebut, apa salahnya kalau saya nggak mencobanya dan ternyata berjualan di Tokopedia itu mudah banget.

Cara berjualan di Tokopedia
Teman-teman bisa ikuti Langkah-Langkah Membuka Toko Online di Tokopedia di bawah ini ya:

Registrasi
Untuk memiliki toko online di Tokopedia, kita harus mempunyai akun di Tokopedia terlebih dahulu. Teman-teman tinggal buka situs Tokopedia.com untuk membuka formulir registrasi. Selain itu, kita  juga bisa daftar melalui google atau facebook.

Pastikan data yang diisikan benar, lalu klik tombol Register Account atau Daftar Akun. Selanjutnya, kita akan mendapatkan email konfirmasi dari Tokopedia, lalu buka email dan aktifkan akun kita dengan mengetik Aktifkan Akun Anda atau mengetik link yang tertera.











































Verifikasi Nomor Ponsel
Nah, kita kemudian akan diminta untuk melengkapi profil untuk menjadikan verified account dengan mendaftarkan nomor telepon yang benar. Kemudian, sistem akan mengirimmkan kode verifikasi ke nomer telepon, lalu isi kode verifikasinya. 

Kemudian klik Submit, lalu akan ada notifikasi dari Tokopedia bahwa nomor ponsel kita sudah berhasil diverifikasi. Setelah itu, kita langsung dapat membuka toko online di Tokopedia.


Membuka Toko Online di Tokopedia
Nah, selanjutnya gampang saja teman-teman. Kita bisa klik simbol toko di kanan atas layar, lalu klik tombol Buka Toko yang berwarna hijau.



Setelah itu akan masuk ke halaman baru dengan mengisi informasi toko seperti Nama Toko, Slogan, dan Deskripsi. Jangan lupa untuk memilih nama yang unik dan belum dipakai penjual lain. Teman-teman bisa mengeceknya dengan klik tombol Cek Nama Toko sampai tulisan berwarna hijau yang artinya tersedia.

Selanjutnya dengan mengisi nama domain yang juga unik. Nama domain ini akan menjadi alamat web kita, jadi jangan bikin yang ribet-ribet, kalau bisa sederhana saja. Jika tulisan berwarna hijau, artinya nama domain tersedia. Oiya, teman-teman harus memastikan nama domain dengan benar karena nama domain yang telah disimpan tidak dapat diganti lagi.

Setelah semua terisi, cari foto yang merepresentasikan produk teman-teman. Kemudian isi pula informasi seperti slogan dan deskripsi toko. Jangan lupa juga mengisi dukungan pengiriman mulai dari mengisi Asal Pengiriman, Kode Pos, Alamat Pickup dan Lokasi Tujuan dalam Peta.

Dukungan Pengiriman
Setelah terisi, halaman berikutnya akan menampilkan jasa pengiriman yang tersedia. Centang semua jasa pengiriman yang kita punya akses ke lokasi cabang ekspedesi tersebut. Paling tidak pakai ekspedisi yang sering dipakai seperti JNE, TIKI dan Pos Indonesia. 

Jika kota teman-teman menyediakan jasa Go Send atau GRab, aktifkan juga ekspedisi tersebut. Kalau di tempat saya belum menyediakannya nih T.T. Kemudian, jasa pengiriman yang sudah dicentang klik simpan. 

Setelah itu, toko online saya sudah aktif dan siap digunakan. Lalu, kita tinggal menambahkan produk yang akan dijual. Mudah banget bukan?


Menambahkan Produk

Sebelum menambahkan produk, pastikan produk tersebut sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan dari Tokopedia ya. Karena semua produk yang melanggar syarat dan ketentuan akan dinon-aktifkan oleh tim Tokopedia loh.

Lalu isilah semua detail produk dan foto produk yang akan dijual. Kemudian simpan. Kita tinggal menunggu pesanan datang dari pelanggan nih. Tokopedia bakal mengirimkan email jika ada pesanan dari pelanggan yang datang. Kita harus cepat merespons apakan menerima atau menolak pesanan tersebut.


 Setelah itu, kirim pesanan pelanggan dan masukkan nomor resi pengiriman. Pembeli akan melakukan konfirmasi jika barang sudah sampai dan hasil penjualan akan ada di saldo Tokopedia kita. Enak dan mudah sekali ya..siapa yang mau buka toko online juga? Tips membuka toko online lewat Tokopedia di atas semoga bisa membantu teman-teman dalam berjualan dengan gratis dan mudah.








Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Mudahnya Membuka Toko Online Untuk Ibu Rumah Tangga "

  1. wah emang ya makin canggih , makin mudah.. tinggal niat, dan konsisten aja buat ngejalaninnya :D

    ReplyDelete
  2. sekarang jadi lebih mudah menjual produk secara online, gak perlu repot-repot membuat situs sendiri

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)