Dunia Lingga

Liburan dan Mudik Hemat Sekeluarga dengan JD Flight


Kalau ditanya apa rencana liburanmu kali ini? Saya dengan cepat menjawab, kemana saja asal sama keluarga dan anak-anak.

Dulu sewaktu belum menikah, saya bebas merencanakan liburan kemana saja. Dalam dan luar negeri pun jadi. Mau itu sendiri atau sama teman-teman. Waktu liburan ke Singapura misalnya, saya pergi bersama sahabat sewaktu SMA, Yuanita Utami.

Waktu belum menikah, liburan bersama sahabat asyik juga loh
Kita liburan ke tempat-tempat ikonik di Singapura, mulai dari Merlion Park, Universal Studio hingga Orchad Road. Yang jelas, liburan memang asik dihabiskan bersama yang tersayang. Kami menikmati waktu liburan tersebut. Ketawa-ketawa nggak jelas waktu tersasar atau beli es krim Singapura di pinggir jalan. Ah, momen liburan bersama sahabat memang sulit kembali terulang.

Ketika sudah bekerja, untuk melepas kepenatan saya juga kembali liburan. Bucket list liburan ke Thailand akhirnya kesampaian juga karena mendapat hadiah dari sebuah tur travel. How lucky i am..

Saya berangkat berdua sama teman kerja saya Achi ke Thailand. Semua akomodasi di Thailand ditanggung pihak tur travel kecuali tiket pesawat. Saat itu belum banyak market place yang menjual tiket pesawat secara online sehingga saya membelinya di agen tiket pesawat yang lumayan mahal. 

Mengabadikan setiap momen saat liburan menjadi hal yang penting

Saya beruntung bisa merasakan hangatnya masyarakat Thailand, kulinernya yang menggugah selera, pariwisatanya yang memanjakan mata dan paling penting adalah harga barang yang cukup murah. Yang paling terkenang adalah bertemu pemandu tur kami yang sangat ramah dan juga sangat lancar berbahasa Indonesia. Nama Thailandnya Waeruding sementara nama muslimnya Chaerudin. Dari dia saya mendapat wawasan tentang Thailand yang belum pernah saya baca dan dengar sebelumnya.  


Liburan di Puncak Wayaq, Raja Ampat
Saya pun beruntung bisa liburan ke surga di Timur Indonesia, Raja Ampat. Merasakan kemolekan pantai dan gunung kapur, juga gugusan pulau-pulau kecil di Raja Ampat. Sungguh, Indonesia pun tak kalah cantik untuk dijelajahi. Di sini, saya bukan hanya dapat melupakan segala kepenatan hidup, tapi juga saya bisa belajar toleransi dan belajar bagaimana seharusnya kita harus mencintai lingkungan.


Dari semua perjalanan liburan yang saya lakukan, ternyata saya belum banyak merencanakan liburan bersama keluarga dan anak-anak.*tears*. Terakhir kali kami liburan ke Pantai Drini, Bantul, Yogyakarta setahun lalu. Alhamdulillah, si sulung senang sekali saat itu, bermain pasir di tepi pantai, berenang bersama menantang buih ombak hingga menikmati sajian kuliner di pantai tersebut.

Si Sulung saat liburan di Pantai Drini Bantul, Yogyakarta

Si sulung sempat mutung ketika melihat foto-foto liburan saya dan suami berdua di Hong Kong. "Arfa kok nggak diajak..!" protesnya. Untuk itu, kali ini saya merencanakan liburan bersama anak-anak. Rencananya kami ingin ke Legoland Malaysia atau Universal Studio di Singapura. Pasti menyenangkan liburan dengan anak-anak. Tapi sebelum liburan ke luar negeri, kami sekeluarga akan mudik dahulu ke kampung kakek dan nenek di Sukabumi.Baca: Tips Liburan Hemat ke Hong Kong

Meski demikian, tentu perlu banyak persiapan jika merencanakan liburan bersama anak-anak, apalagi membawa adiknya si sulung yang masih bayi. Sudah kebayang saja bagaimana keriwehan membawa satu balita dan satu batita. Baca: Tips Liburan Ceria Bersama Si Kecil


Dari pengalaman liburan bersama Arfa sebelumnya, ada hal-hal yang penting untuk saya lakukan. Pertama, usahakan membuat agenda liburan bersama. Dengan membuat agenda selama liburan, saya, suami dan anak-anak bisa kompak.

Saat liburan ke Hong Kong dengan suami tapi lebih sering berantem karena yang menyusun agenda dan menggali informasi hanya saya sedangkan suami ngikut-ngikut saja. Alhasil, karena saya orangnya suka lupa arah, yang ada kita tersasar terus dan berantem deh.

Kedua, pilih tempat liburan yang ramah anak. Kayaknya rencana liburan ke Universal Studio Singapura atau Legoland Malaysia pas banget buat si sulung yang lagi suka berbagai macam permainan dan juga lego. 

Ketiga, membawa barang yang dibutuhkan seperlunya.  Kalau bisa buat daftar barang apa saja yang harus dibawa.Barang-barang yang wajib ada di backpack saya adalah popok, susu, camilan, air mineral, baju ganti, minyak telon, tissue, obat-obatan dan mainan. Membawa mainan kesukaan dia sangat penting agar si sulung tidak bosan selama di perjalanan.

Keempat, sediakan alat untuk mengabadikan momen. Selama liburan, momen indah ada baiknya diabadikan dengan kamera ponsel ataupun kamera digital. Dengan mengabadikan momen, anak akan bersemangat menceritakan liburannya kepada teman atau keluarga.

Kelima, menjaga kesehatan selama liburan. Saat liburan pasti banyak aktivitas yang menguras energi kita. Saya biasakan untuk membawa bekal atau memilih makanan yang mengandung karbohidrat untuk sumber tenaga.  Selipkan protein dan serat agar anak mendapat gizi seimbang. Saya juga biasanya membawa botol berisi air putih untuk memenuhi kebutuhan cairannya dalam perjalanan dan saat liburan. 

Keenam, tentu yang menjadi bahan pertimbangan penting adalah menentukan budget liburan. Jangan sampai liburan menguras isi kantong dan menyesal di kemudian hari. Kalau bisa membuat anggaran yang jelas mulai dari tiket pesawat, akomodasi, transportasi dan juga hal lainnya. Saya biasanya akan menyusun anggaran setiap harinya meski nanti tidak akan sama dengan kondisi real saat liburan. 

Biar anggaran nggak bengkak, saya juga biasanya mencari tiket pesawat murah jauh-jauh hari sebelum liburan. Karena biasanya harga tiket akan lebih murah kalau dipesan jauh sebelum hari keberangkatan. Saya juga mencari situs yang menyediakan pemesanan pesawat dengan harga bersaing dan tentu yang banyak promonya.

Saya baru tahu ternyata e-commerce JD.id menyediakan pemesanan tiket pesawat dan hotel dengan meluncurkan layanan JD Flight dan JD Hotel baru-baru ini. Karena saya sudah sering berbelanja online di JD.id dan merasa puas, saya akhirnya mencoba memesan tiket di marketplace ini. Ternyata sangat mudah pesan tiket pesawat di JD.id, bisa lewat website di www.jd.id atau langsung lewat aplikasi JD.ID di playstore.

Cara Pesan Tiket Pesawat di JD.ID

Kalau saya lebih nyaman lewat aplikasi di handphone, juga biasanya banyak promonya. Sebenarnya pasti sudah pada paham nggak usah dijelaskan ya, hehe. Tapi ini based on pengalaman saya memakai JD Flight.

Setelah masuk ke aplikasi, kita harus daftar akun JD.id. Seteah daftar, masuk ke Home kemudian pilih tombol Flight. Ternyata ada tulisan JD Flight powered by Traveloka..jadi terpercaya banget. Isilah Kota Asal, Kota Tujuan, Tanggal Berangkat, Penumpang, dan Kelas Penerbangan. Saya berangkat dari Solo dengan kota tujuan Jakarta. Rencananya mau liburan di neneknya dahulu selama bulan Ramadhan dan Insya Allah akan dilanjut ke Legoland Malaysia atau Universal Studio Singapura.

Saya memilih kursi dua penumpang dewasa, 1 anak dan 1 bayi untuk perjalanan kali ini. Saya juga memilih terbang di weekdays dengan kelas ekonomi supaya tiket lebih murah. Selanjutnya tinggal tekan tombol Cari. Kemudian akan masuk ke halaman daftar tiket yang tersedia dan pilih maskapai yang diinginkan dengan jam yang sudah tersedia.

Kemudian saya memilih maskapai yang harganya terjangkau di kantong keungan keluarga kami. Lalu akan muncul Penerbangan Anda, Info Refund, Data Penumpang, Data Pemesan, Potongan Harga dan Harga Total. Isilah data penumpang dan pemesan dengan lengkap dan benar. Kemudian jika punya kupon, bisa menggunakannya dengan mengisi kode kupon.


Kemudian akan muncul detil harga yang harus kita bayar. Jika punya kartu kredit yang bekerja sama dengan JD.ID dengan minimum transaksi tertentu, kita bisa dapat potongan hingga Rp 500.000. JD.ID menjalin kerja sama dengan Bank BTN, Digibank, BNI, Mandiri dan Bank Danamon. Sayangnya saya nggak punya kartu kredit dan transaksinya nggak sampai batas minimun.

Setelah data diisi, kita bisa memilih apakah ingin menggunakan Asuransi Perjalanan atau tidak. Setiap kursi bisa mendapatkan asuransi perjalanan dengan nilai Rp 20.000. Jika tidak ingin mengisi asuransi perjalanan, kita nggak usah mengaktifkannya. Kemudian klik Lanjutkan.




Dan surprisee...ada perubahan harga yang lumayan, entah diskon atau bagaimana yang jelas saya senang sekaaliii...:)

Setelah itu, langsung masuk ke metode pembayaran yang beragam mulai dari kartu kredit, cicilan, clickpay, virtual account atau toko ritel. Saya memilih metode Virtual Account, kalau ingin tahu lebih jelas cara menggunakan virtual account bisa klik di sini.


Kemudian, masuk ke konfirmasi pesanan dengan nomor Virtual Account yang harus saya masukkan.


Kemudian, akan ada email dari JD.id agar kita melakukan pembayaran. Jika sudah melakukan pembayaran, email konfirmasi pembayaran telah diterima dan e-tiket pesawat akan dikirimkan melalui email dan sms.




Saya merasakan kemudahan memesan tiket melalui JD.id dengan harga dan jadwal terbaik yang dihadirkan. Kelebihan JD.idjuga lebih hemat karena banyak promo menarik untuk penumpang. Buktinya saya mendapat potongan harga yang lumayan untuk penerbangan Solo-Jakarta.

Saya juga merasa aman dan nyaman melakukan pembelian tiket karena didukung oleh Traveloka, startup Unicorn tanah air yang memang baru saja mendapat pendanaan dari JD. Saya juga dapat memilih berbagai metode pembayaran yang aman.

Dan ternyata, tiket di JD.id juga bisa dicicil selama tiga bulan kemanapun dan kapanpun. Selain itu bisa melakukan pengembalian tiket (refund) atau juga pembatalan pesanan JD Hotel.Harapan saya sih pemesanan tiket pesawat melalui JD.id semakin banyak promo menarik yang dihadirkan. 

Teman-teman sudah merencanakan liburan dan mudik kemana tahun ini? Bisa loh pesan di JD Flight :)


*Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.



Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Liburan dan Mudik Hemat Sekeluarga dengan JD Flight"

  1. benar sekali. liburan membuat kita lebih bahagia ya mbaa. apalgi klu ada promo tiket pesawat hehe

    ReplyDelete
  2. Asik nih di JDID ternyata bias juga buat pesen tiket. Hmmm...kapan ya aku liburan? Hehehe

    ReplyDelete
  3. Belum pernah nyobain JD Flight. Kapan2 mau coba ah. Seringnya cuma beli barang2 di JD ID aja *yang lagi promo hehehe

    ReplyDelete
  4. Kalau ada perubahan harga jadi berkurang harganya serasa menang banyak ya Mbak secara kita emak-emak emang suka banget kalau dapat potongan harga meskipun nilainya gak seberapa.

    ReplyDelete
  5. Aku tahunya JD ID untuk belanja dan bebas ongkir, bisa pesan tiket penerbangan semakin asyik lagi ya, lengkap.

    ReplyDelete
  6. Tiket pesawat mudah dan murah sekarang makim dicari. Yuk, liburan. :)

    ReplyDelete
  7. Langsung ah ke JD Id dan meluncur biar bisa mudik juga naik pesawat ;)

    ReplyDelete
  8. Wah kalau bisa dicicil enak, pas lagi nemu tiket murah pas duit kurang bisa booking dulu hehehehee

    ReplyDelete
  9. Ternyata powered by Traveloka yaa...?
    Aku pakai apps gak banyak di HP. Dengan alasan memaksimalkan yang ada.
    Beda dengan suami yang memiliki banyak marketplace.

    Kalau sudah ada semua di JD.id...gak perlu instal apps lain yaa...

    ReplyDelete
  10. Liburan sm anak emg punya tantangan sendiri ya mba. Tp asik pastinya krn liat muka si kecil jadi senang liat dunia baru. He. Keren ya jd id sekarang bs pesan tiket pesawat plus hotel jg. :)

    ReplyDelete
  11. Waaah sudah pernah menginjakkan kaki ke Raja Ampat, kereeeen mbak :D

    ReplyDelete
  12. Kangen baca artikel lomba Mbak Lingga yang komplit dan dihiasi infografis. Good luck ya mbak. Hadiahnya nanti buat jalan-jalan berempat.

    ReplyDelete
  13. Mbak, aku pun juga mau ke Raja Ampat. Nanti mau oba cek harga tiket ke Papua ah lewat JD flight. Kalau lebih murah kan siapa tau bisa segera berangkat ke sana hehe.

    ReplyDelete
  14. Opsi baru untuk nyari tiket murah. Boleh nih nanti ceki-ceki JD Flight.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)