Dunia Lingga

Galang Dana Online, Cara Mudah untuk Berderma



Indonesia ini bangsa dermawan. Kedermawanan kita sebagai bangsa, semakin nampak di era disrupsi. Saat kini semua sendi kehidupan serba daring, salah satu platform yang mendapat sambutan paling hangat adalah galang dana online. 

Galang dana online sedianya hanya mengubah cara kita untuk berderma. Tetapi tidak dengan semangat berderma yang memang sudah jadi kultur kita. Bahkan galang dana atau donasi online semakin membuat bangsa ini memperlihatkan satu nilai khasnya, semangat gotong royong. 

Dulu, saat seseorang harus melakukan galang dana, yang dilakukan adalah membuat proposal, dengan Microsoft Word, font Times New Roman, dijilid, lakban hitam kemudian diedarkan ke warga sekitar dan instansi-instansi. Hasilnya? tidak bisa diprediksi. 

Kini hadirnya kemudahan galang dana online membuat semuanya serba mudah. Platform galang dana online mempertemukan dua hal sekaligus. Pertama memfasilitasi semangat orang-orang yang ingin berderma tapi tak tahu harus kemana mendonasikan materi. Kedua, memudahkan penggalang dana untuk mengumpulkan donasi dalam jangkauan yang jauh lebih luas. Ya lebih, luas dari sisi teritori maupun orang-orangnya. 

Mungkin lima tahun silam kita tidak pernah terpikir, ada sebuah platform yang memungkinkan orang-orang yang tidak kita kenal secara personal mendonasikan materinya kepada penggalang dana. Tapi, hari ini dengan galang dana online, hal itu menjadi mungkin dan tentu saja mudah. 

Salah satu platform galang dana online yang terus bertumbuh adalah www.pedulisehat.id. Sesuai dengan namanya Peduli Sehat, platform ini mengkhususkan pada donasi kesehatan

visi misi peduli sehat sebagai galang dana online
Sumber: Peduli Sehat



Baru berdiri pada 2019, pedulisehat.id adalah platform galang dana online yang khusus membantu mengumpulkan dana untuk penderita penyakit serius, kritis tapi tidak memiliki cukup dana. Tidak hanya untuk perawatan tapi juga bisa untuk pengobatan dan bertahan hidup. Peduli Sehat berfokus pada layanan penggalangan dana secara online, real time dan transparan. 

Selain dari website, teman-teman juga bisa mengikuti kegiatan atau kampanye terbaru di Line @pedulisehat.id, Facebook Fans Page Pedulisehat.id dan Instagram @pedulisehatindonesia

Visi Peduli Sehat pun sangat bagus, yakni dapat dapat melengkapi setiap keluarga dengan keberanian dan kekuatan dalam menghadapi berbagai penyakit. Sementara visi Peduli Sehat yakni menjadi perusahaan berbasis teknologi dengan kesadaran tinggi perihal tanggung jawab sosial.

Ada adigium, kesehatan mahal harganya. Itu sangat amat benar. Siapapun tentu tidak ingin menderita sakit, apalagi sakit yang pengobatannya memerlukan biaya besar. 

Kita tentu berempati kepada mereka yang sedang mendapat ujian sakit. Bukan hanya empati, kini kita bisa melakukan aksi secara nyata. Membantu melakukan galang dana online lewat platform pedulisehat.id 

donasi kesehatan dan galang dana online bisa dilakukan melalui web peduli sehat atau aplikasi di playstore


Saat orang sakit, bukan hanya soal biaya pengobatannya yang harus mengeluarkan orang. Keluarga yang menunggu juga memperluang biaya. Belum lagi kalau mereka datang dari jauh harus menunggu pasien ke RS rujukan yang berada di luar kota. Belum menghitung biaya makan, transportasi dan biaya lainnya. Seperti yang keluarga kami alami ketika nenek terkena diabetes, bukan hanya biaya pengobatannya yang besar, biaya transportasi pun sangat besar.

Platform donasi kesehatan pedulisehat.id bukan hanya bisa melakukan galang dana online untuk biaya pengobatan. Tetapi juga biaya untuk perawatan sampai biaya untuk bertahan hidup selepas menjalani pengobatan di fasilitas medis. 

Seperti platform online pada umumnya, pedulisehat.id sangat mudah digunakan. Platform ini bisa diakses lewat website pedulisehat.id atau unduh di Google Play. Tidak lama lagi, platform ini juga akan hadir di App Store untuk iOs. Peduli Sehat bisa digunakan untuk dua hal sekaligus, galang dana online maupun donasi online. 

Cara Donasi Online di Peduli Sehat
Di Webnya, anda bisa dengan mudah masuk dengan pilihan login memakai akun Facebook, akun Google atau dengan nomor telepon. 

galang dana online di Peduli Sehat dengan mengisi berapa target Rupiah yang diinginkan, masukkan judul kampanye, isi lokasi, dan tulis cerita Anda. Setelah itu, tambahkan foto hinga 8 gambar penyintas/penderita.
Cara Donasi Online di pedulisehat.id

Langkah kedua dengan melakukan verifikasi nomor telepon. Setelah berhasil masuk, kita sudah bisa langsung melakukan donasi di kampanye yang tersedia. Misalkan saya saat ini mencoba donasi untuk kampanye Desta Maulana yang sedang berjuang melawan penyempitan saluran empedu

Disitu, kita bisa membaca cerita Desta bagaimana dia harus berangkat dari Bengkulu menuju RSCM Jakarta demi penyembuhan yang dia jalani. Dokter-dokter di daerahnya menyerah tentang penyakitnya. 

Saat memaksakan diri ke RSCM, Desta kekurangan biaya. Setelah berhasil ke RSCM, barulah dia mendapatkan kejelasan sakitnya yakni varises esofagus tenggorokan dan penyempitan saluran empedu.

Melakukan gala dana online cukup mudah hanya dengan verifikasi nomor telepon
Salah satu kampanye donasi kesehatan di Peduli Sej

Selain Desta, ada Reyvando Eza yang pada bulan November tahun lalu didiagnosa mengidap penyakit kanker darah atau leukimia. 

Reyvando harus menahan sakit, muntah-muntah dan ketika dirujuk ke rumah sakit ia didiagnosa anemia akut. Kemudian, setelah proses panjang tes darah hingga pengambian darah di tulang belakang, ia didiagnosa kanker darah. Reyvando harus menjalani kemoterapi yang harganya tidak murah.

Desta dan Reyvando mungkin hanya dua diantara ribuan pasien lain yang tengah membutuhkan pertolongan. Bukan hanya cerita saja yang bisa kita lihat, tetapi update dari galang donasi dari Desta dan Reyvando selalu ditampilkan. Sehingga kita yang ingin melakukan donasi, mendapatkan laporan secara berkala. Selain itu, kita juga bisa melihat siapa saja dermawan yang sudah membantu Desta beserta nominalnya. 

Mudahnya tahap akhir melakukan donasi adalah

1. Klik tombol “DONASI"
2. Masukan nominal donasi (mulai dari Rp 10.000 dan kelipatan ribuan)
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, OVO atau transfer Bank (Virtual Account BCA, Sinar Mas dan BNI) 
4. Isi komentar (opsional)
5. Bisa memilih berdonasi sebagai anonim

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa melakukan galang dana online ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu. Hingga saat ini, ada sekitar lebih kurang 500 campaign galang dana dan lebih dari 500 donasi per harinya. 

Cara Galang Dana Online di Peduli Sehat
Sama halnya dengan donasi online di Peduli Sehat, anda bisa dengan mudah masuk dengan pilihan login memakai akun Facebook, akun Google atau dengan nomor telepon. 

Langkah kedua dengan melakukan verifikasi nomor telepon. Kita harus mengisi kode verifikasi yang hanya valid untuk 10 menit, lalu masuk. 

galang dana online peduli sehat sangat mudah, tinggal masuk mealui google lalu verifikasi telepon
Sumber: Peduli Sehat

Kemudian, mulai galang dana online di Peduli Sehat dengan mengisi berapa target Rupiah yang diinginkan, masukkan judul kampanye, isi lokasi, dan tulis cerita Anda. Setelah itu, tambahkan foto hinga 8 gambar penyintas/penderita. 

Jangan lupa pula untuk menentukan tautan untuk kampanye tersebut sehingga dengan mudah dibagikan. Jika sudah, kita tinggal mengajukan galang dana online tersebut.

Keunggulan Galang Dana dan Donasi Online Melalui Peduli Sehat

Platform galang dana online seperti pedulisehat.id yang fokus pada donasi kesehatan juga memiliki satu keunggulan tersendiri yakni realtime dan transparan. Kita bisa memantau pergerakan donasi dari galang dana online yang kita lakukan. Termasuk memantau perkembangan dari donasi yang sudah kita berikan secara realtime. 

Dengan platform online juga memudahkan akuntabilitas pelaporan. Karena setiap penggunaan dana dari dermawan bisa dilaporkan secara realtime dengan bukti-bukti yang disertakan. Dua fitur galang dana online ini bisa memungkinkan setiap orang yang tidak mengenal penggalang dana untuk melakukan donasi. 

Selain itu keunggulan lain yakni  adanya kolaborasi antara Peduli Sehat dengan platform fintech yang selama ini sudah jamak digunakan semisal GO PAY dan OVO. Semakin mudah galang dana online, semakin mudah donasi online

Metode Berdonasi di pedulisehat.id
Selain dengan menggunakan platform fintech sepeti E Wallet OVO dan GO PAY, donasi online ini juga bisa kita lakukan di minimarket seperti Alfamart.

metode galang dana online bisa dilakukan di minimarket, perbankan atau e-wallet
Sumber: Peduli Sehat

Adapun untuk perbankan, donasi online bisa melalui Bank Sinarmas, BCA, virtual account seperti BNI, Danamon, Mandiri, Maybank dan Permata. Wah, banyak sekali ya pilihan donasinya..!

Jadi bagaimana? ayo mulai lakukan sesuatu untuk mereka lewat galang dana online dan lakukan kebaikan lewat donasi online. Karena kita, adalah bangsa besar yang tak pernah kehabisan aksi nyata untuk sesama.

Subscribe to receive free email updates:

30 Responses to "Galang Dana Online, Cara Mudah untuk Berderma"

  1. Sekarang makin mudah ya kita mau berderma, ada aplikasi online kayak gini membuat semuanya mudah. Apalagi yang dibantu ini di bidang kesehatan. Transparasi pun ada. Salut. Semoga makin banyak yang berderma dengan kemudahan ini.

    ReplyDelete
  2. Makin mudah ya sekarang berdonasi. Dan ada transparansi juga dari peduli sehat. Jadi donatur bisa tahu uangnya dipakai untuk apa aja kan. Keren lah

    ReplyDelete
  3. Sekarang makin mudah ya Mbak Ling kalau mau infak atau sadaqah. Apalagi dengan ini bisa sekalian donasi buat orang yang saaangat membutuhkan. Tujuannya malah lebih spesifik buat membantu apa dan siapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya say, jadi gampang dan kita yg donasi jg tau realtimenya

      Delete
  4. Sekarang mau berdonasi mudah ya. Bisa milih sendiri pula siapa yang mau dibantu. Semoga peduli sehat makij luas jangkauannya.

    ReplyDelete
  5. Aku langsung cus ke situs Peduli Sehat.

    Ternyata...

    ... hanya dengan mulai dari Rp 10.000 kita bisa membuat perubahan hidup seseorang ya, mba.

    Masya Allah...


    ReplyDelete
  6. Kemudahan sekarang ada di mana pun, gak cuma belanja online... Donasi juga bisa online sekarang.. Ide keren dan bermanfaat peduli sehat ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah zaman era digital ini semua dimudahkan

      Delete
  7. Banyak sekali pilihan transfernya ya mbak. Bisa dari bank, gopay juga OVO. Berinovasi sekali mengikuti perkembangan fintech. Jadi orang yg mau membantu pun sangat dimudahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enaknya itu mereka ngikutin perkembangan fintech bgt

      Delete
  8. alhamdulillah
    sekarang gampang banget untuk membantu orang lain yang membutuhkan bantuan
    ga perlu repot lagi ngecek kebenarannya karena pedulisehat.id sudah memverifikasi
    kita membantu juga makin ikhlas

    ReplyDelete
  9. Udah gampang, minimal berdonasinya pun ringan. Jadi buat kita makin tercengang aja sama peduli sehat.

    ReplyDelete
  10. Iya, bener, dulu kalau mau menggalang dana harus bikin proposal, minta tanda tangan ke sana, ke sini.. itu pun kalau disetujui, kalau enggak? :( kan sedih. Namun sekarang untuk membantu meringankan beban mereka yang sakit, kita bisa melalui peduli sehat. Sudah ada aplikasinya pula.. simple banget deh jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ada yg mengalami hal sama nih, sekarang lebih mudah ya

      Delete
  11. Sekarang tuh jadi lebih gampang banget ya kalau mau membantu sesama yang sedang sakit. Apalagi banyak diluar sana yangbsakit adalah mereka yang ekonominya kurang.

    ReplyDelete
  12. Adanya platform ini mengajarkan kita untuk menggunakan teknologi digital untuk kebaikan yah kak, salah satunya berdonasi.

    ReplyDelete
  13. Semakin mudah untuk membantu, jadi siapapun bisa berbuat baik y mbak. Semoga yang sakit segera bisa diobati dengan adanya galang dana online peduli sehat

    ReplyDelete
  14. Tiap orang berhak untuk sehat, apalagi sekarang dengan peduli sehat proses penggalangan dana jadi lebih mudah, transparan dan fleksibel

    ReplyDelete
  15. wuiihhh Alhamdulillah senang ada kemudahan dalam mendapatkan donasi..juga bagi yang ingin berdonasi. Tinggal klik aja ya...

    ReplyDelete
  16. Nah bersyukur sekali dengan keberadaan dana online kian memudahkan siapa pun berbagi kebaikan

    ReplyDelete
  17. Galangan dana online mantap..
    Semoga dengan kita membantu orang lain,kita pun dibantu oleh sang pencipta..

    ReplyDelete
  18. "Donasi online semakin membuat bangsa ini memperlihatkan satu nilai khasnya, semangat gotong royong" . Wah setuju banget kak lingga, ciri khas kita ini semakin memudar. Apalagi ditengah isu politik yang semakin membuat kehidupan bermasyarakat jadi semakin terpecah belah. Semoga bisa menjadi pembelajaran untuk kita semua ya kak terimakasih

    ReplyDelete
  19. Keren ya sekarang, ada banyak sekali platform bagus dan bermanfaat untuk memudahkan hidup banyak orang, salah satunya seperti platform peduli sehat ini. Semoga semakin banyak orang yang terbantu ya.

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah ada peduli sehat yang aman dan transparant jadi galang dana online bisa tenang. Aku pernah baca ada galang dana online yang kurang transparant hingga akhirnya dana donasi disalah gunakan miris banget.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga, semoga bermanfaat. Tabiik :)