Dunia Lingga

Review Pasta Gigi Sasha Siwak, Pencegah Gigi Berlubang

pasta gigi sasha siwak


Anak-anak pada umumnya menyukai makanan yang manis-manis. Tak terkecuali kedua anak saya Arfa dan Filza. Makanan seperti cokelat, es krim dan susu adalah favorit mereka. Alhasil, gigi keduanya banyak yang berlubang bahkan ompong. Bukan hanya gigi geraham bagian bawah, gigi geraham bagian atas pun berlubang.

Arfa sering mengeluh gigi geraham bagian kanannya ngilu ketika makan dan minum sehingga terkadang jadi malas makan. Kalau sudah sakit seperti itu saya jadi nggak tega namun belum berani ke dokter gigi di masa pandemi Covid-19 seperti ini.

Saya dan suami pun punya permasalahan gigi yang cukup serupa. Bahkan satu gigi geraham saya sudah dicabut karena berlubang cukup besar, gigi goyang dan ngilu. Sehingga saat itu mau tidak mau harus dicabut ke dokter gigi. Suami bahkan ketika perjalanan dinas harus menahan sakit gigi dengan mengonsumsi obat pereda nyeri. Agaknya lebih baik sakit hati ketimbang sakit gigi, uring-uringannya nggak bisa tertahan, sakitnya ke kepala, telinga hingga suasana hati, hehe..

sakit gigi pada anak

Sepertinya permasalahan keluarga kami juga hampir dialami semua orang, merasakan sakit gigi karena gigi berlubang. Ternyata, sekitar 92 persen gigi berlubang dialami anak-anak sementara 88 persen dialami orang dewasa.

Gigi berlubang disebabkan oleh plak, zat lengket di mulut akibat adanya tumpukan kuman atau bakteri yang mengubah makanan menjadi asam. Nah, selanjutnya, asam pada plak bisa merusak enamel pelindung gigi.  Enamel adalah lapisan pelindung keras pada gigi yang melindungi terhadap kerusakan gigi. Ketika enamel gigi melemah, lubang dapat terbentuk sehingga gigi dan gusi terasa nyeri.

Menurut Riset Kesehatan Dasar yang diselenggarakan Kementerian Kesehatan pada 2018, tingkat keparahan DMF (Decay, Missing, Filling) gigi dan mulut di Indonesia, rata-rata orang Indonesia punya tujuh gigi yang bermasalah, diantaranya gigi berlubang. Padahal, WHO sudah mencanangkan usia 18 tahun bebas gigi berlubang. Kemenkes juga menargetkan tahun 2030 bebas gigi berlubang.

Saya jadi semakin khawatir terhadap anak-anak karena ada korelasi gigi berlubang dengan stunting. Menurut data tersebut, kalau sudah ada 5-9 gigi rusak, potensi stunting pada anak bisa terjadi. Pasalnya, bagaimana anak bisa makan dengan nyaman kalau dia malas makan karena sakit gigi.

Penyebab sakit gigi berlubang di keluarga kami bukan hanya soal kegemaran makan yang manis-manis, tapi juga kebiasaan menyikat gigi yang belum benar. Terkadang, saya menyikat gigi terlalu kencang padahal hal ini bisa membuat gigi semakin berisiko berlubang. Terlalu banyak tekanan saat menyikat gigi dapat merusak gusi.

Kalau suami dan anak-anak, penyebab gigi berlubang karena malas menyikat gigi. Malas menyikat gigi akan membuat sisa makanan menumpuk dan menempel di gigi. Apalagi kalau mau tidur, pe-er sekali mengingatkan mereka untuk menyikat gigi terlebih dahulu.

Selain itu, anak-anak juga doyan sekali 'ngemil' es batu, bahkan gara-gara itu Arfa sempat di bawa ke dokter THT karena infeksi. Mengunyah es batu dapat merusak email gigi dan menyebabkan retakan atau gigi rapuh. Penyebab gigi berlubang lainnya seperti sering minum minuman bersoda, mulut kering, makan makanan manis dan asam, masalah lambung dan kekurangan fluoride.

Fluoride merupakan mineral yang tercipta secara alami yang membantu mencegah gigi berlubang bahkan mengatasinya. Fluoride membantu remineralisasi email gigi yang dapat mencegah gigi berlubang.Saat bakteri di mulut memecah gula dan karbohidrat, mereka menghasilkan asam yang menggerogoti mineral email gigi. Enamel gigi yang lemah menyebabkan gigi rentan bakteri sehingga mudah berlubang.

Untuk itu, karena banyak manfaat, fluoride kerap ditambahkan ke banyak produk perawatan mulut terutama pasta gigi. Namun terkadang, zat yang ditambahkan itu tidak alami sehingga dikhawatirkan penggunaannya. Ternyata, Rasulullah sudah mencontohkan membersihkan gigi dengan siwak yang ternyata memiliki fluoride alami di dalamnya.

manfaat dan kegunaan siwak

Batang kayu jenis salvadora persica ini dapat mencegah gigi berlubang karna selain fluoride, juga terdapat kandungan lainnya. Penelitian dari US National Library of Medice, siwak mengandung sulfur alami dan antiseptik yang dapat membunuh bakteri jahat. Selain itu, siwak juga mengandung asam anti bakteri yang mencegah bakteri hidup di area gusi.

Siwak juga memiliki segudang manfaat lainnya seperti vitamin C, klorida, pottasium, sodium bicarbonate yang mencegah mulut kering dan peradangan. Senyawa di atas mencegah pengikisan gigi. Terdapat pula kalsium oksida untuk memperkuat enamel gigi dan enzim antioksidan seperti enzim peroksidase, katalase, serta polifenoloksidase yang memiliki sifat antikarsinogenik, atau mencegah kanker. Enzim-enzim tersebut juga mampu meminimalisir rasa nyeri pada gigi dan gusi yang meradang.

Dengan khasiatnya ini, siwak menjadi alternatif mencegah gigi berlubang karena bisa dipakai segala usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Siwak juga jadi salah satu produk syariah yang bersih dan suci.

Sekarang juga kita nggak perlu susah payah menggunakan kayu siwak secara alami seperti zaman dulu. Kita bisa menemukan formulasi baru dari Sasha Pencegah Gigi Berlubang yang mengandung siwak asli fluoride dan kalsium alami.

pasta gigi sasha siwak mencegah gigi berlubang

Sasha Pencegah Gigi Berlubang, Pilihan Keluarga Muslim

Sasha Pencegah Gigi Berlubang dengan formulasi siwak ini memiliki sertifikat halal, tidak mengandung alkohol dan bahan yang berasal dari hewani sehingga sangat aman digunakan oleh keluarga muslim. Dengan jaminan halal ini membuat kami lebih lega memakai produk ini.

sasha siwak pencegah gigi berlubang review

Kandungan Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini adalah siwak yang mengandung fluoride alami yang efektif mencegah perkembangan bakteri penyebab plak dan gigi berlubang.

Selain itu, terdapat kandungan resin, kalsium dan klorida yang dapat menjaga enamel gigi, akar gigi dan mencegah gigi berlubang. Gigi juga tampak lebih putih alami.

Saya membeli Sasha ini karena melihat di minimarket ada kandungan siwaknya. Wah, ini sesuai sunah rosul menggunakan produk-produk syariah.

Ketika menggunakan Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini aromanya tidak terlalu menyengat sehingga nyaman ketika dipakai.

kandungan sasha siwak pencegah gigi berlubang

Harganya juga sangat terjangkau dan bersahabat. Untuk tube 150 gram Rp 10.500 sementara tube 65 garam hanya Rp 4.500, bisa sangat hemat di kantong.

Packaging Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini didominasi warna merah dan putih. Bentuknya sendiri sama seperti pasta gigi lainnya.

Sekian sharing dari saya, apakah teman-teman memiliki permasalahan kesehatan gigi seperti keluarga kami? Sharing yuk..

Instagram @sashaindonesia

Link pembelian : https://bit.ly/SashaHalalPencegahGigiBerlubang

Facebook https://www.facebook.com/Sasha-Pancaran-Aura-Islami-1413446215427311/

 

 



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Review Pasta Gigi Sasha Siwak, Pencegah Gigi Berlubang"

Post a Comment

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga, semoga bermanfaat. Tabiik :)