Dunia Lingga

Festival Bunda Generasi Maju Hadir di Yogyakarta, Seru!

Yeni Setiyawati, ibu hamil sekaligus Mombassador SGM Eksplor asal Wonogiri merasa senang untuk pertama kalinya hadir di Festival Bunda Generasi Maju di Yogyakarta, Minggu 28 April 2019. Dengan menempuh perjalanan berjam-jam, ia bersemangat untuk mendapatkan ilmu mengenai nutrisi ibu hamil. Tema yang diusung memang sangat menarik, yakni Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju. 

Bukan hanya Yeni, puluhan ibu hamil, blogger dan pengunjung lainnya hadir di Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta yang bertempat di Lapangan Parkir JEC Yogyakarta bersemangat mengikuti jalannya acara.

Berfoto bersama anak-anak sebelum memulai acara
Saya juga kali pertama mengikuti Festival Bunda Generasi Maju. Saya sangat tertarik mengikutinya karena mengangkat tema seputar nutrisi selama kehamilan. Kenapa penting?

Saya sempat menemui seorang teman yang mengalami anemia ketika hamil dan kondisi tersebut membuat perkembangan janinnya terganggu dan harus dikuret T.T. Ternyata, 1 dari 2 ibu hamil di Indonesia mengalami anemia dan kekurangan mikro nutrisi seperti zat besi dan asam folat yang bisa berdampak buruk untuk janin. Saya pun sempat mengalami anemia saat hamil karena kurang menjaga asupan makro dan mikro, namun Alhamdulillah tidak sampai kenapa-napa.

Menjaga nutrisi selama masa kehamilan sangat diperlukan karena merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil (HPK) yang sangat penting untuk kualitas masa depannya. Pada masa ini berlangsung perkembangan optimal untuk menjadi anak generasi maju yang cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel, dan percaya diri. 

Lalu ada apa saja di rangkaian acara Festival Bunda ini?

Festival Bunda Generasi Maju, Bunda Sehat Sebagai Langkah Awal Dukung Generasi Maju

Festival Bunda Generasi Maju ini adalah kegiatan yang diperuntukkan untuk ibu hamil dengan beragam kegiatan edukatif dan menyenangkan yang dipersembahkan oleh SGM Bunda. 

Saya datang sekitar pukul 08.00 bersama suami dan anak-anak. Si kakak mengikuti lomba mewarnai dan juga mengikuti keseruan permainan di Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju. Sementara si adik bermain berkeliling area permainan. Review tentang Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju bisa baca di sini. 

Alhamdulillah suami mau diajak untuk mengasuh anak-anak sementara ibunya me time menambah ilmu di Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta. 

Ketika memasuki tenda Festival Bunda, nampak beberapa booth dengan tema berbeda memanjakan mata saya. Yakni ada Area Bunda Sehat, Area Bunda Cerdaas, Area Bunda Santai dan Area Bunda Jajan. Sebelum mengikuti kegiatan di setiap area, saya harus mendaftarkan diri agar mendapatkan lembaran passport.





Caranya hanya dengan pembelian susu SGM Bunda minimal 300gram, kita sudah bisa mengakses fasilitas di beragam booth tersebut. Oiya, nggak hanya dapat susu, saya juga dapat goodie bag dan produk dari Wardah..yeay..

AREA BUNDA JAJAN
Area inilah yang pertama kali menarik mata saya, hihi. Dengan memperlihatkan passport tersebut, lalu di paraf oleh petugas, kita bisa memilih makanan yang disediakan. 

Jajanan ini saya dinikmati bersama anak-anak yang kebetulan baru selesai lomba mewarnai. Rasanya cukup enak dan jadi ingin tambah lagi haha..



AREA BUNDA SEHAT
Kalau area ini disediakan bilik kecil dan juga ada dokter/perawat yang sudah menunggu pasien. Karena saya sedang tidak hamil, saya nggak mencoba masuk ke dalam. Menurut penuturan Bunda Yeni, di dalam dia memperoleh pemeriksaan kesehatan seperti tensi, gula dan juga USG secara gratis. 

Oiya, dianjurkan untuk ibu hamil untuk melakukan minimal empat kali pemeriksaan dengan tenaga kesehatan ya..

AREA BUNDA CERDAS
Area ini dimaksudkan untuk mematahkan mitos-mitos seputar kehamilan. Ternyata banyak sekali mitos dan pantangan yang berkembang di masyarakat kita pada ibu hamil.


Misalnya, kalau saat hamil suka daging artinya sedang hamil bayi laki-laki sementara jika doyan sayur bayinya perempuan. Saya juga mengalaminya ketika hamil anak pertama orang-orang bilang saya hamil anak perempuan karena perut saya melebar. Kalau perut menonjol ke depan itu hamil anak laki-laki.

Nah, di area ini, ibu hamil dan umum diedukasi agar tidak terjebak mitos dan mengetahui fakta sebenarnya. Saya mencobanya sekali dan ada akan keluar nilai seberapa besar kita mengetahui fakta atau mitos tentang ibu hamil. 

AREA BUNDA SANTAI
Di area ini, ibu hamil dimanjakan dengan massage dan relaksasi yang dilakukan oleh terapis dari MomnJo. Menyenangkan sekali kita bisa bersantai sejenak dipijat kepala dan kakinya setelah mengikuti talkshow dan kegiatan lainnya di Festival Bunda Generasi Maju.

Bunda Yeni yang tengah hamil besar pun tak ketinggalan untuk menikmati pijatan sembari mendengarkan musik. Perjalanan jauh dari Wonogiri ke Yogyakarta seakan tidak jadi masalah karena bisa menikmati pijatan dari terapis berpengalaman.


Bunda Yeni asal Wonigiri menikmati pijatan dari terapis berpengalaman

Dalam kondisi hamil, pijatan dan relaksasi sangat diperlukan untuk memperlancar peredaran darah, menenangkan sistem saraf, menjaga kondisi sendi, stabilisasi hormon, menurunkan tekanan darah dan peningkatan aliran darah ke uterus, plasenta dan jantung. 

Selain itu juga keluhan yang biasa dirasakan ibu hamil adalah kram kaki. Kram kaki terjadi karena bertambahnya beban tubuh ibu hamil dan perubahan kadar mineral dalam tubuh. Dengan dipijat, aliran darah ke kaki bisa menjadi lancar dan kram pun akan berkurang intensitasnya. 

Saya juga ikut mencobanya tapi hanya sebentar karena anak-anak sudah menunggu untuk diantar sebentar ke Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju nggak jauh dari tenda Festival Bunda Generasi Maju.

TALKSHOW 'BUNDA SEHAT SEBAGAI LANGKAH AWAL DUKUNG GENERASI MAJU'
Talkshow Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta diisi oleh dokter Eduardus Raditya K, Spog yang akrab disapa dokter Edo. Selain itu, Senior Brand Manager SGM Bunda, Renta Robasa, juga menjelaskan mengenai manfaat susu untuk ibu hamil.

Dokter Edo mengatakan, masa kehamilan merupakan periode awal dari 1000 hari pertama si kecil yang penting untuk kualitas masa depannya.



Nutrisi selama masa kehamilan ini berlangsung perkembangan optimal agar anak menjadi generasi maju dengan lima potensi prestasi yakni cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel dan percaya diri.

Selama masa kehamilan, menurutnya, kebutuhan nutrisi makro dan mikro meningkat. Jika tidak tercukupi kebutuhan makro dan mikronya, ibu hamil rentan mengalami anemia yang nantinya akan berdampak bayi lahir prematur, berat badan bayi lahir rendah dan juga kematian bayi dalam kandungan. 

Nutrisi makro yang dibutuhkan ibu hamil yakni karbohidrat, protein dan lemak. Sementara zat gizi mikro yang dibutuhkan ibu hamil seperti zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin D. Semua itu bisa kita dapat dari makanan selama hamil.

Sayangnya, nggak semua zat tersebut ada di dalam makanan kita sehari-hari terlebih jika selalu mual atau muntah akibat perubahan hormon. Saya pun mengalami muntah dan mual ketika hamil anak pertama juga anak kedua, sehingga tidak banyak makanan yang masuk selama trisemester pertama.

Untuk itu, menurut Renta, diperlukan tambahan nutrisi selama hamil dengan susu formula. Susu selama hamil dapat membantu mencukupi asupan nutrisi makro atau mikro khususnya formula yang tinggi kandungan zat besi dan tinggi asam folat.

Lanjut Renta, susu formula selama hamil melengkapi konsumsi makanan bergizi dan seimbang agar ibu tetap sehat dan juga agar gizi ibu hamil tetap optimal.

Nah, SGM Bunda dengan formula COMPLINUTRI memantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui karena mengandung.

  • Minyak ikan: mendukung perkembangan saraf dan otak janin
  • Zat besi: mendukung pencegahan anemia pada ibu hamil
  • Asam folat: mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin
  • Kalsium dan Vitamin D: memabntu pembentukan tulang dan janin. 
SGM Bunda Mendukung kesehatan ibu hamil 
Untuk mendukung ibu hamil dan menyusui yang belum banyak mengerti mengenai menjaga nutrisi selama masa kehamilan, SGM Bunda

  1. Menghadirkan produk susu berkualitas untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di masa hamil dan menyusui
  2. Memberikan edukasi melalui aktifasi offline/on ground
  3. Memberikan edukasi melalui aktifasi secara online/digital
Selain acara Festival Bunda Generasi Maju, kita bisa juga loh mengakses SGM Bunda melalui platform digital Facebook SGM Bunda, yang berfungsi sebagai pusat informasi dan edukasi seputar kehamilan dengan berbagai fitur seperti artikel, live chat dengan dokter dan ahli nutrisi, tips kehamilan, serta aktifitas digital lainnya.

PRENATAL YOGA
Setelah talkshow berakhir, kegiatan selanjutnya yaitu prenatal yoga couple (berpasangan). Para peserta terlihat antusias mengikuti sesi ini. Prenatal yoga memiliki banyak manfaat di antaranya dapat membantu meregangkan otot selama persalinan. 

Ibu hamil yang berlatih prenatal yoga tingkat stresnya dapat berkurang jika dilakukan secara teratur. Selain itu, prenatal yoga juga dapat membantu mengurangi tekanan darah, memperbaiki kualitas tidur dan juga sistem pencernaan. Wah, banyak sekali ya manfaatnya.


Menurut praktisi yoga, pranatal yoga bisa mendekatkan calon ibu dengan si kecil dan membantu mengurangi keluhan kehamilan. Sementara prenatal yoga couple yang dilakukan saat Festival Bunda Generasi Maju Yogyakarta ini juga dapat meningkatkan hubungan suami istri.

Seperti yang diakui oleh Bunda Ayu yang tengah mengandung, merasa senang sekaligus terharu saat melakukan prenatal yoga couple ini. Sang suami pun mendukung dan senang mengikuti jalannya yoga.

COOKING DEMO
Setelah dimanjakan dengan prenatal yoga couple, peserta juga mengikuti cooking demo yang dimotori oleh Chef Anton. Chef Anton mengkreasikan menu sehat dan lezat dari susu formula SGM Bunda.

Kami yang menonton antusias mencicipi hasil kreasi Chef Anton dari susu formula SGM Bunda. Ada tiga menu yang dibuat dan lebih mengarah ke hidangan penutup atau dessert yakni es jeruk pelangi, es sirsak dan es coklat alpukat.

Untuk menu es jeruk pelangi membuatnya cukup mudah. Sediakan susu SGM Bunda rasa jeruk, jeli dan agar-agar. Campur susu SGM Bunda rasa jeruk dengan es kemudian diblender. Lalu isianya berupa jeli dan agar-agar diparut, kemudian campurkan. Waah, jadi deh minuman yang menyegarkan namun kaya akan gizi. 

Menurut Marketing Manager SGM Bunda, Bunda Riri, susu SGM Bunda bisa dinikmati tak hanya diminum hangat atau dingin saja, tapi bisa dikreasikan menjadi minuman yang menyegarkan. Menurutnya, biasanya ibu hamil mual-mual selama masa kehamilan. Dengan kreasi susu SGM Bunda, ibu hamil tetap mendapatkan nutrisi makro dan mikro.

BEAUTY CLASS
Selain itu, terdapat juga kelas kecantikan agar bunda-bunda tetap tampil segar selama kehamilan. Wuaah..semakin banyak deh ilmu yang didapat ya..

Tunggu Festival Bunda Generasi Maju di Kotamu
Seru banget ya kegiatan Festival Bunda Generasi Maju di Yogyakarta, saya dan teman-teman yang hadir di sini bertambah ilmu mengenai kehamilan dan menyusui.

Teman-teman yang belum berkesempatan hadir di Yogyakarta, Festival Bunda Generasi Maju akan hadir di kota lainnya yakni di tanggal 21 Juli Park &vRide Thamrin Lot 10 Jakarta dan Taman GOR Saparua Bandung  pada tanggal 28 Juli. 

Untuk bunda-bunda yang berkesempatan hadir di dua kota tersebut, jangan lewatkan keseruan Festival Bunda Generasi Maju di kota terdekatmu. Semoga bisa berjumpa kembali dengan Festival Bunda Generasi Maju di Yogyakarta..





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Festival Bunda Generasi Maju Hadir di Yogyakarta, Seru!"

  1. jajanannya yang pertama menarik mata saya nih, apalagi kue pai pasti anak juga suka.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga, semoga bermanfaat. Tabiik :)