Dunia Lingga

Liburan Hemat ala Backpacker di Palembang



Liburan dan berwisata bersama teman-teman atau keluarga memang menyenangkan. Namun pernahkah teman-teman mencoba berjalan-jalan sendirian ala backpacker? Rasanya pasti sangat menantang, terlebih buat kita yang sudah berkeluarga. Ber-solo traveling setidaknya bisa menyegarkan kembali hidup dari rutinitas sehari-hari. Liburan backpacker juga bisa jadi cara me time kita loh.


Kalau saya penasaran untuk traveling ke Pulau Sumatera, terutama Palembang. Kepingin sekali mencicipi lansung mpek-mpek kapal selam asli Palembang dan menikmati jembatan Ampera yang tersohor. Setelah mencari informasi, ternyata ada hal-hal yang harus kita pertimbangkan sebelum berpetualang ke Palembang nih, seperti berikut ini.

1. Transportasi
Sumber gambar: Flickr

Jika berdomisili di Pulau Sumatra, kita bisa memilih transportasi darat dengan naik bus atau kereta ke Stasiun Kertapati. Ada beberapa rute kereta ke Palembang, di antaranya dari Tanjungkarang (Lampung), Lubuklinggau, dan Indralaya. 

Tarif kereta ekonomi KA Rajabasa hanya Rp32.000,00. Dari Stasiun Tanjung Karang, kereta berangkat pukul 08.30 dan sampai di Stasiun Kertapati pukul 18.28. Perjalanan KA Rajabasa memakan waktu kurang lebih 9 jam. Sementara tarif kereta bisnis Sriwijaya Rp140.000,00 – Rp170.000,00. Kereta berangkat dari Stasiun Tanjung Karang pukul 21.00 dan sampai di Stasiun Kertapati pukul 06.15 (keesokan harinya).

Jika teman-teman berasal dari luar Sumatra, cara paling mudah mencapai Palembang ada dengan naik pesawat. Cari promo tiket pesawat ke Palembang di website penyedia tiket pesawat dan hotel murah seperti Airy untuk mendapatkan harga terbaik sesuai jadwal yang teman-teman inginkan. 

Transportasi dalam kota di Palembang seperti umumnya transportasi di kota lain di Indonesia, meskipun agak rumit. Kopaja maupun angkot memiliki tarif Rp4.000,00 - Rp6.000,00. Teman-teman bisa menggunakan taksi dari bandara menuju pusat kota dengan tarif berkisar Rp100.000,00. 

2. Hotel Murah di Palembang
Sumber gambar: Airyrooms

 Ada banyak hotel murah dengan kisaran harga mulai dari Rp100.000,00 hingga Rp500.000,00 di Palembang. Selain menyediakan fasilitas lengkap seperti WiFi gratis, air hangat, TV layar datar, AC, juga perlengkapan mandi, lokasi hotel-hotel ini juga sangat dekat dengan pusat kota. Jadi, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga banyak untuk mengunjungi spot-spot wisata di Palembang. 

3. Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi
Ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi di Palembang, di antaranya: 
1. Jembatan Ampera
2. Masjid Agung Palembang
3. Museum Sultan Mahmud Badarudin (SMB) II
4. Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera)
5. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS)
6. Pulau Kemaro
Masjid Agung, Museum Sultan Mahmud Badarudin, dan Monumen Perjuangan Rakyat letaknya berdekatan, yaitu di sekitar kawasan Jembatan Ampera. Anda bisa mengunjungi ketiga tempat sekaligus dalam satu hari. Sementara Jembatan Ampera paling tepat dikunjungi di malam hari karena cahaya lampu yang meneranginya membuat jembatan terlihat sangat cantik. 
Sumber gambar KSM tour

Spot terbaik untuk melihat kecantikan Jembatan Ampera di malam hari adalah dari Plaza Benteng Kuto Besak. Banyak pedagang makanan dan suvenir yang menyemut di lokasi ini untuk menemani Anda menikmati Sungai Musi di malam hari. 

Jika ingin ke Pulau Kemaro, Anda bisa menggunakan perahu boat yang lebih cepat dengan tarif Rp100.000,00 - Rp150.000,00 atau perahu getek dengan tarif Rp80.000,00 - Rp100.000,00. Umumnya satu perahu cepat berisi 5 orang sementara perahu getek bisa diisi maksimal 10 orang.  

4. Berwisata Kuliner
Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi suatu daerah tanpa mencicipi kulinernya. Pempek adalah kuliner yang wajib dicoba di Palembang. Di Jalan Mujahidin, dekat kantor walikota Palembang, terdapat ‘Kampung Pempek‘ di mana pengunjung bisa menemukan deretan warung penjual pempek asli Palembang yang murah dan enak. Sementara jika ingin sejenak nongkrong setelah lelah seharian berkeliling kota, ada banyak kafe yang bisa Anda kunjungi di kawasan Kambang Iwak, dekat Masjid Agung Palembang. 

Sumber gambar: qubicledotcom
Kunjungilah Palembang Icon dengan food court Eat Street berkonsep modernnya. Meskipun modern, menu makanan di sini tak kalah murah dan enak. Berbagai jenis makanan, mulai dari sate, pempek, nasi lemak, dll harganya dimulai dari Rp25.000,00. 


Jadi, sudah menyiapkan backpack Anda? Jika berencana menggunakan pesawat, pesanlah tiket pesawat Anda di Airy Tiket Pesawat dari jauh-jauh hari untuk mendapat harga terbaik, ya! Di Airy kamu bisa mendapatkan tiket pesaawat dari berbagai maskapai penerbangan terbaik seperti Lion Air, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, AirAsia, hingga Kalstar Aviation. Untuk mendapatkan kenyaman terbaik, tiket pesawat Garuda Indonesia bisa menjadi pilihan untuk Anda. Jadi tunggu apalagi, yuk berlibur ke Palembang sekarang!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Liburan Hemat ala Backpacker di Palembang"

  1. Suka banget sama pempek Dan mau nyobain langsung di tkp ��

    ReplyDelete
  2. Wah kalau ke Palembang pastinya wisata makan pempek dan tekwan ya, plus mungkin banyak lagi kuliner lokal lainnya. Kalau saya pastinya harus beli tiket pesawat dan penginapan juga :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)