Dunia Lingga

Asyiknya Bermain Sambil Belajar di Habibie Festival


Assalamualaikum,
Bagaimana kabarnya hari ini? Mudah-mudahan selalu sehat ya. Nah, di hari Jumat menjelang weekend seperti ini enaknya merencanakan liburan dengan anak-anak.

Bingung mau menghabiskan libur kemana? Ada acara seru di Museum Nasional loh. Mulai tanggal 11-14 Agustus ada penyelenggaraan Habibie Festival. Habibie Festival diselenggarakan untuk merayakan 80 tahun usia pak Habibie. Selama hidupnya, Habibie terus berdedikasi untuk masa depan Indonesia.



Alhamdulillah, saya, suami dan Arfa ngebolang naik angkutan umum dari Depok ke Jakarta untuk melihat keseruan festival ini.  Liburan ini juga murah meriah loh. Tiket dewasa hanya Rp 5000. Sementara untuk anak-anak hanya Rp 2000.

Berapa ongkos kesana?
- Naik krl dari stasiun depok berhenti di stasiun gondangdia Rp 3000 x 2 = Rp 6000.
- kemudian saya order grabcar Rp 15.000
- tiket masuk Rp 5000x 2 + Rp 2000 = Rp 12.000


Jadi total ongkos menuju Museum Nasional hanya Rp 32.000. Pulangnya saya lakukan dengan cara yang sama, pesen grabcar dan naik krl. Total keseluruhan ongkos hanya Rp 53.000. Untuk meminimalkan pengeluaran, saya membawa air mineral tupperware besar dan makanan pengganjal lapar a.k.a mie goreng wkwkw.

So, ada apa disana?

1. Pameran iptek dan inovasi



Pameran ini berlokasi di exhibition hall ruang pameran temporer gedung b Museum Nasional. Di sini kita bisa melihat pameran pesawat-pesawat yang telah diproduksi pada masa pak Habibie dan juga pesawat yang akan diproduksi oleh Rego Aviasi Industri ( RAI). RAI ini sendiri digawangi oleh Ilham Habibie, sang anak.


Selain RAI, terdapat pula stand dari Pindad. Di sini banyak anak berfoto-foto menggenggam senjata loh, hehe lumayan jadi hiburan dan aksi narsis anak-anak. Masih ada juga stand PAL Indonesia yang memproduksi kapal-kapal besar di Indonesia. Wah seru abis nih buat khasanah anak-anak dalam dunia transportasi.


Selain itu, terdapat pameran pendidikan dari Universitas Al Azhar Indonesia dan IUI University. Di hall ini juga kita bisa melihat pameran robotik, water treatment aqua culture dan masih banyak yang lainnya.


2. Pameran teknologi digital

Pameran yang terletak di lobby museum ini lebih ke produk-produk sponsor acara Habibie Festival. Misalnya stand Matahari Mall, Telkom Indonesia, Samsung, Telkomsel, Mandiri, hingga Batik Keris dan Sritex. Menurut saya memang sponsor dibutuhkan dalam sebuah pameran. Namun, pameran kali ini kurang gregetnya karena tidak mengekspor perjalanan Habibie secara detail. Kita hanya dibekali beberapa standing foto perjalanan karir eyang Habibie.


3. Pemutaran film-film mengenai Habibie

Jika ingin mengetahui lebih dalam mengenai Habibie, screening room di ruang pameran Temporer Gedung A bisa kita sambangi loh. Di sini, selain pemutaran film, terdapat juga talkshow mengenai kiprah pak Habibie. Beberapa tema talkshow yakni Habibie dan Demokrasi, Habibie dan Perkembangan Teknologi, Habibi dan Perfilm-an, Habibie dan Batik dan masih banyak tema talkshow lainnya hingga 14 Agustus ke depan.


4. Pelatihan-pelatihan menarik


Lokasi pelatihan ini di amphiteather. Nah, pelatihan-pelatihan ini sangat menarik loh untuk anak-anak dan dewasa. Ada science show dan science challenges dari DaVinci Learning,hands-on science workshops, aktivitas seni anak-anak, maker kid workshop oleh makedonia, coding workshop, wahana planetarium dan banyak workshop lainnya.

wahana planetarium

Di Da Vinci Learning, anak-anak bisa menciptakan sendiri kreasi science mereka, seperti membangunn roket, listrik statis hingga membuat planetarium sendiri. Kalau Arfa sih ikut meramaikan saja karena dia belum mengerti hehe. Masih ada kesempatan daftar beberapa pelatihan loh. Silakan klik disini untuk informasi selanjutnya.


5. Pameran pesawat N-250 dan kendaraan tempur



Pameran jenis ini nih yang disukai Arfa. Karena Arfa lagi suka alat transportasi, makanya saya bawa ke Habibie Festival. Karena saya datang di saat pembukaan, baru ada satu kendaraan tempur di halaman Museum Nasional. Sayang banget Arfa nggak bisa lihat pesawat N-250 buatan eyang Habibie. Saran saya sih, agar panitia menyiapkan semuanya meskipun itu baru pembukaan. Mungkin agak kesulitan ya mendatangkan pesawat segede gaban ke Museum Nasional hehee.


5. Aktivitas seni untuk anak-anak

Buat anak-anak yang senang menggambar, ini jadi tempat yang cocok buat kalian. Lagi-lagi Arfa nggak ikutan karena dia belum bisa menggambar, hehe. Lokasinya paling pojok di Kids COrner Museum Nasional.


6.Bazaar produk inovasi

Buat pengunjung yang kelaparan, ayok merapat ke bazaar. Lokasinya di Taman Sanken Museum Nasional. Banyak makanan-makanan enak hasil inovasi pengusaha-pengusaha Indonesia. Mulai dari sosis bakar, es krim kuburan, empek-empek karbonara dan produk inovasi lainnya. Terdapat juga bazaarproduk inovasi, bazaar fashion inovasi, dan Inovasi kopi dari Rudy's Kaffe. 

Puas berkeliling di Habibie Festival, kami sekalian melihat-lihat barang-barang peninggalan sejarah di dalam museum. Banyak yang bisa kita pelajari dari barang-barang peninggalan tersebut. Selain tahu mengenai sejarah, jiwa nasionalisme kita juga bisa dipupuk disini. Betapa orang-orang zaman dahulu susah payah mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 



Namun begitu, pihak Museum Nasional agaknya perlu lebih memerhatikan setiap detail barang-barang kuno yang banyak diantaranya tidak diberi nametag dan penjelasan mengenai apa fungsi barang tersebut. Malah lebih banyak imbauan larangan jangan memegang barang dibandingkan penjelasan barang itu sendiri. 

Subscribe to receive free email updates:

16 Responses to "Asyiknya Bermain Sambil Belajar di Habibie Festival"

  1. Replies
    1. iya mba..cuma sayang saya datang pas pembukaan jadi belum banyak stand dan pameran yg terisi

      Delete
  2. Wah..sayang sekali Event Habibie Festival hanya ada di Jakarta. Bagus buat anak-anak ya...ada kreativitasnya. Apalagi ada pameran senjata, pesawat dan kendaraan tempur, anak saya pasti senang sekali, deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah-mudahan ada di kota mba nanti, hehe

      Delete
  3. Sayang pas ada event ini saya lagi di luar kota. Cuma menikmati nonton di TV aja. Seru ya mbak :D

    TFS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan seru mba, mudah2an ada lagi tahun depan jadi mba dan anak bisa ikut:)

      Delete
  4. Iya ya, kenapa kalo pas awal-awal pembukaan kadang kurang maksimal gitu. Kan sayang ya, jadi nggak bisa melihat N-250 hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, agak sebel sih karena pameran belum lengkap isinya, kurang persiapan agaknya, hehe

      Delete
  5. Iya ya, kenapa kalo pas awal-awal pembukaan kadang kurang maksimal gitu. Kan sayang ya, jadi nggak bisa melihat N-250 hihihi

    ReplyDelete
  6. Aku pengen datang tapi malah nggak ada waktu yang pas, mba. Padahal anakku suka sama sains :)
    Makasih infonya ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba lumayan seru buat anak2 yg tertarik dengan sains. Apalagi bisa bikin percobaan sendiri, tambah seruu :)

      Delete
  7. Keren ini acaranya, tadi liat liputannya di tv. Cuma kayaknya penuh banget ya disini? Soalnya banyak juga orang yang penasaran sama acaranya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba sabtu minggu pasti penuh. Aku sih pas hari kamis datangnya, jadi masih sepi, hehe

      Delete
  8. Wah, sekali2 diadain di Jawa timur dong Festival nya, biar keluarga dan anak-anak bisa ikutan juga,huhuhu.
    Tapi makasih infonya ^-^

    ReplyDelete
  9. serunya... asyik sekali bermain dan belajar di museum :)

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)