Dunia Lingga

Merawat Rambut Wanita Berhijab


Kalau mengingat-ingat pertama kali mengenakan hijab, saya jadi mesem-mesem sendiri. Saat SMP sudah pakai hijab, tapi sebatas kewajiban sekolah. Lepas sekolah, saat maen di luar rumah ya jadi trondol *apa ya trondol itu, wkwkw. Pokoknya nggak kuat pake hijab karena Cilegon itu panaas. Belum lagi teman-teman cewek di SMP juga begitu, buka tutup hijab. 

Saat SMA, kelakuan buka tutup hijab sudah tak pernah terjadi lagi. Maklum, punya teman-teman yang luar biasa agamis. Jadi malu kan kalau nggak berhijab. Bukan karena malu saja sih.  Saat itu saya mulai paham bahwa berhijab itu kewajiban bagi muslimah. Kan kita gak perlu menunggu sampai pintar ilmu agama untuk mulai berhijab. Tapi berhijab karena kita belajar menaati perintah Allah. Waduuh keren gak bahasa gue. Haha.. 

Mengenakan hijab membuat saya merasa lebih terjaga dan lebih bisa mengontrol diri. Eh, gue kan pakai hijab ya..jangan berbuat yang aneh-aneh. Hijab is the veil that has to be drawn over our body. our behavior and our speech. Selain itu, dengan berjilbab jarang ada yang suit-suitin cewek! cewek!, adanya suitan akhwat! akhwaat! Hahaa..Tetep yah cewek cantik mah digodain *eh. 

Alhasil, kuliah sampai kerja tetap pakai hijab meski ya kadang nggak konsisten cara berhijabnya. Kadang jadi hijaber kadang jadi jilbaber, suka-suka gitu. Sekarang sih mulai konsisten berhijab syar'i meski memang belum sempurna.

Selama berhijab, bukan tanpa kendala ya. Apalagi masalah rambut yang tertutup selama berjam-jam. Selama berhijab, rambut memang terlindung dari sinar matahari.Sayangnya jika rambut tertutup bahan hijab yang nggak cocok, alhasil rambut jadi lepek dan bau. 


Nah, ternyata ada beberapa tips agar rambut kita tetap segar dan terawat meski menggunakan hijab loh.

Pilih bahan hijab yang nyaman dan berwarna lembut
Sebagian besar hijab yang saya gunakan itu berbahan dasar katun atau kaos. Kenapa? Karena bahannya gampang menyerap panas dengan sirkulasi udara yang lumayan. Kalau bahan seperti satin atau sutera sesekali saja kalau ada pesta. 

Oiya, saya juga kerap pilih hijab yang berwarna lembut. Konon katanya, warna yang lembut bisa memberi efek sejuk ke kulit kepala sehingga folikel pada rambut tidak terhambat pertumbuhannya.

Pilih hijab yang tak bertumpuk-tumpuk
Saya juga lebih suka hijab yang praktis, langsung masuk. Kalau hijab yang bertumpuk-tumpuk selain karena nggak bisa pakainya, model hijab seperti itu bisa membuat kulit kepala berkeringat dan ketombean.

Pastikan rambut kering saat pakai hijab.
Nah, hal ini yang sangat sering saya lakukan kalau lagi terburu-buru. Habis mandi, mau pergi,rambut masih basah langsung pakai hijab. Alhasil, rambut ketombean dan baunya apek kayak jemuran nggak kering karena keujanan. 

Menyisir rambut sebelum dan sesudah berhijab
Yang ini penting banget dilakukan. Menyisir rambut membuat rambut kita tidak acak-acakan dan dapat mengurangi kerontokan. Pastikan juga menghindari menyisir dari garis belahan rambut.

Memerhatikan cara mengikat rambut
Sejak dulu saya memang tak pernah suka memelihara rambut panjang. Ribeet boo,secara saya tomboy *ngook*. Jadi palingan pakai bando kaos dan pakai daleman kerudung tanpa mengikat rambut. Kalau rambut panjang, usahakan mengikat dalam kondisi renggang agar tidak pusing.

Menjaga kebersihan rambut
Menjaga kebersihan rambut dan kulit dengan teratur minimal 2-3 kali seminggu. Terkadang, kalau kegiatan banyak setiap harinya, saya bisa keramas setiap hari *eh. Pilih produk rambut seperti sampo, conditioner, masker, serum, hairmist dan lain-lain. 

Ngomong-ngomong soal produk rambut, saya berkesempatan hadir di acara Azalea Hijab Dating belum lama ini. Azalea ini sendiri merupakan produk haircare terbaru dari Natur untuk wanita berhijab. 

Acara yang berlangsung di Harlow Bessarie Kuningan ini dihadiri sekitar 20 blogger. Di sana ketemu banyak beauty blogger, kalau saya mah yang apalah-apalah ini jadi kebanting jadinya. Ada mba Yona Kauripan juga yang sangat menginspirasi. Ahh...suka-sukaa..

Sebelum mulai, kita dimanjakan oleh makanan pembuka yang lumayan mengurangi dinginnya suasana Jakarta saat itu. Pembawa acara yang saya lupa namanya, tampil cukup menghibur, kadang menggoda kita para emak-emak. 

"Siapa yang mau ikutan games?" kata masnya

Sontak saya mengacungkan jempol, eh jari, kali-kali menang games terus dapat voucher hihii.Ternyata shoockk...gamesnya adalah hijab tutorial dan bergaya bak model. Alamaak..sumpah nggak pede dengan bantalan lemak di perut ini. 

Tapi apalah daya, nasi sudah menjadi bubur. Hijab di remake sedemikian hingga dan berlenggak lenggok bak model. Syukurnya yang nonton kaum wanita juga, kalau kaum pria mungkin bilang,"Waduuh ada Pretty Asmara lewat.." *Ngoook. Meski nggak dapat juara, tapi kita semua dapat voucher juga loh, hahaa..lumayan dah. 



Setelah ini, mba Dita selaku brand eksekutif Azalea menerangkan mengenai produk Azalea The Real Hijab Care ini. Azalea sendiri merupakan produk baru yang diluncurkan lima bulan lalu. Variannya ada shampoo dan hair mist. Menuruf dia, masalah rambut yang dialami wanita berhijab cukup kompleks. Masalah utama adalah rambut yang lepek. 

"Rambut yang lepek menyebabkan ketombe sehingga rambut jadi rontok,"kata dia.

Untuk mengatasi hal itu, Azalea hadir untuk mengatasi masalah rambut lepek, ketombe dan rontok. Shampoo Azalea mengandung minyak zaitun dan ekstrak ginseng yang dapat menutrisi rambut sehingga rambut selalu segar, bebas lepek dan tampak berkilau.  Ginseng yang terdapat di Azalea The Real Hijab Hair Care terjamin kualitasnya karena proses ekstrasi dilakukan sendiri oleh PT. Gondowangi, perusahaan yang memproduksi Natur.


Sementara hair mist ini yang saya suka, semacam pengharum buat rambut yang mengandung minyak zaitun, aloe vera dan mentol. Pengaplikasian hair mist dilakukan setelah rambut kering dan disemprotkan lebih kurang 30 cm dari rambut. Boleh juga dipakai saat memakai hijab biar nggak bau apek. Kedua produk ini sudah mendapatkan sertifikat BPOM dan halal MUI loh, jadi nggak ragu saya memakainya.

Well, setelah sampai rumah, saya penasaran buat mencoba produk ini. Azalea memberi souvenir berupa shampoo, hair mist dan hijab. Pas dipakai, rambut memang terasa sangat segar, mungkin karena kandungan mentol-nya ya. Harumnya juga tidak terlalu berlebihan seperti shampoo pada umumnya.Mungkin karena mengandung ekstrak ginseng ya. 

Yang paling saya suka adalah hair mist-nya yang simpel dan bisa dipakai dimana saja. Mau mendapatkan produk ini? Sudah tersedia di toko-toko besar di Indonesia ya, meski belum masuk ke minimarket. 


#therealhijabhaircare #AzaleaHijabdating #Hijabhaircare
  

Subscribe to receive free email updates:

18 Responses to "Merawat Rambut Wanita Berhijab"

  1. Wah produk baru ya? Penasaran pengen coba. Makasih Mak review nya^^

    ReplyDelete
  2. hamil anak ke 4 aku, bilang ke suami pengen manjangin rambut, bosen pendek melulu. saya mulai manjangin rambut pas hamil karena selama hamil, rambut jarang rontok dan bagus, entah karena apa.

    Kini pengen rambutku kayak di iklan tivi2 itu loh...apalagi sudah ada sampo yng kece, jd gak takutlah

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah kebalikan mba milda..pas hamil rambut rontok menggila

      Delete
  3. Wah aku ga pernah sisiran nih anaknya, jgn2 rontok karena itu yaaa T_T haha.. Jadi pengen cobain hairmistnya juga nihhh..

    ReplyDelete
  4. Rambut berhijab itu teryata perawatannya ga bisa asal-asalan juga ya

    ReplyDelete
  5. Hai mba Lingga, aku sering tuh rambut masih basah tapi udah pakai jilbab. Jadinya lepek deh :(. Makasih tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  6. aku masih agak teledor nih mba soal rambut, kadang masih basah udah aku jilbabin gegara ngejar waktu kerja hahahaha ... tapi makasih tipsnya ya mba Lingga, aku akan lebih nggak ceroboh.

    ReplyDelete
  7. wah mau coba ah.aku suka asal2an sebelum pake hijab. sering masih basah rambutnya

    ReplyDelete
  8. Perlu perawatan ekstra ya jika pakai hijab. Hair mist nya bisa dicoba nih :)

    ReplyDelete
  9. Menyisir rambut sebelum dan sesudah ngiahaa... sering lupa XD pantesan gampang rontok

    ReplyDelete
  10. Eh apa sih bedanya hijab dan jilbab?

    ReplyDelete
  11. Aku banget.
    Dan menurun ke anak-anak.

    Rambut basah, langsung iket dan pake jilbab.
    Harapannya, nanti bisa kering sendiri...kan nyerep di jilbabnya.

    Heuu...salah ternyata.

    ReplyDelete
  12. Tengkyu infonya,sejak pake hijab 5th lalu,memsng masalah rambut jadi serius ngerawatnya,klo ga mudah lembab,rontok

    ReplyDelete
  13. Emang kalo berhijab, uruasan kesehatan rambut dan kenyamanan kulit kepala jadi prioritas ya, Mbak^^

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)