Dunia Lingga

Yuk, Piknik Sambil Belajar di DKandang Amazing Farm



Assalamualaikum sahabat,

Sahabat, apa pernah merasa nggak aware terhadap sesuatu, padahal ada di hadapan kita. Kalau saya sering. Mencari kaca mata, taunya saya pasang di atas kepala. Ini nggak aware apa pikun ya..haha..

Nah, selama satu tahun di Depok, saya nggak aware ada wisata edukasi anak yang bagus di sini. D'kandang Amazing Farm. Wisata edukasi ini cuma selemparan batu dari rumah saya di Sawangan, Depok. Agak lebay ya..pokoknya dekat dengan rumah saya di Perumahan Sawangan Regensi, sekitar satu kilometer.

D'kandang Amazing Farm berlokasi di Jalan Penarikan 07/02, Pasir Putih, Sawangan, Jawa Barat.Saya aware setelah banyak sekali bis-bis sering melewati jalan raya Pasir Putih. Agak heran, kok jalan sekecil ini sering dilewati bis dari berbagai kota. Ternyata memang ada area edukasi yang lumayan worthed untuk anak-anak PAUD dan anak sekolah.

Maka, saya dan suami merencakan ke D'Kandang Amazing Farm akhir pekan lalu. Saya membawa perlengkapan perang, seperti makanan, minuman, baju Arfa dan perlengkapan lainnya. Meskipun dekat, kita harus tetap well prepare, ya nggak sih?

Transportasi ke D'Kandang Amazing Farm

Kami bertiga naik motor. Hanya sekitar 10 menit, bahkan kurang, untuk sampai ke D'Kandang Amazing Farm. Sayangnya, jalan masuk menuju D'Kandang Amazing Farm kurang bagus. Mungkin karena sering dilewati rombongan bis anak sekolah.


Untuk transportasi ke D'Kandang Amazing Farm, cukup mudah. Jika dari Jakarta atau Bogor, bisa berhenti di Terminal Depok. Kemudian lanjut naik angkot D.03 jurusan Terminal Depok-Parung. Kemudian, berhenti di Jalan Raya Muchtar tepatnya di Tugu Sawangan. Sampai di sini kemudian turun. Tidak ada angkutan umum lewat sini D'Kandang Amazing Farm. Namun, ada ojek pangkalan di Tugu Sawangan yang bisa dimanfaatkan. Ojek menghargai Rp 15.000-Rp 20.000.

Kalau ingin praktis, pesan ojek atau mobil online. Dari Margonda, lebih kurang hanya Rp 50.000 untuk mobil online. Lebih mudah dan praktis dan juga bisa sokongan ya, hehe.




Tibalah kami di D'Kandang Amazing Farm. Saat itu masih jam 8 pagi, tapi ternyata sudah ramai anak sekolah. Ternyata tiket masuk per orang hanya Rp 10.000 saja. Murah ya, untuk ukuran Depok. Terdapat paket-paket wisata edukasi lainnya. Misalnya paket little farmer, paket bersawah, paket adventure, paket amazing, happy family farmer dan paket terusan. Masing-masing paket harganya bervariasi, mulai dari Rp 70.000- RP 500.000. 

Kami tidak memilih paket, khawatir Arfa tidak suka atau takut. Saran saya sih memang buat anak yang baru ke sini, nggak usah memilih paket karena khawatir tidak terpakai.


Ada apa saja di D'Kandang Amazing Farm?

Masuk ke dalam, kami dimanjakan oleh hijau dedaunan di D'Kandang Amazing Farm. Di muka area, terdapat pula lapangan futsal untuk anak kecil. Kemudian, masuk sedikit ke dalam ada air mancur kecil yang bisa dimanfaatkan buat main air. Kami sih skip area ini karena lagi malas berbasah-basahan.


Area D'Kandang Amazing Farm ini ternyata membelah sungai kecil. Tentu ini menambah keasrian walaupun sungainya nggak bersih-bersih amat seperti di Pondok Halimun.

Read more: Cuci Mata ke Wisata Alam Pondok Halimun Sukabumi




Kemudian, kami menuju ke wahana edukasi D'Kandang Amazing Farm. Area ini memang tidak terlalu luas. Terdapat area kambing etawa, area kelinci, area sapi, area permainan, dan area tempat makan. Di D'Kandang Amazing Farm kita bisa menyusui cempek (anak kambing etawa), memberi pakan kelinci, memberi pakan ayam, memberi pakan bebek, memberi pakan domba, memerah susu sapi, berkuda, delman berkuda, menunggang kerbau, ATV, flying fox dan belajar mengenai ayam di chickenology room.  

Untuk harga satuan bervariasi. Memberi susu cempek hanya Rp 20.000, berkuda Rp 25.000. Untuk lebih detailnya bisa lihat daftar harga di bawah ini.


Selain wahana permainan, D'Kandang Amazing Farm juga memiliki wahana kreasi yang sangat edukatif untuk anak-anak. Misalnya, kreasi membuat telur asin, kreasi tanah liat, melukis layang-layang, melukis caping dan sebagainya. Wahana kreasi ini harga satuannya lebih mahal dibanding wahana permainan.


Misalnya membuat kreasi tanah liat Rp 35.000 dan membuat telur asin Rp 50.000. Kalau Arfa sih agaknya belum cocok ikutan wahana kreasi ini. Mungkin nanti kalau umur dia bertambah dan sudah mengerti.

Untuk mengetes apa Arfa takut atau tidak, kami memulai wisata edukasi memberi susu cempek. Kekhawatiran kami jika Arfa nggak berani ternyata tidak terbukti. Arfa justru exited banget memberi susu cempek. Bahkan terkesan tidak puas karena susu dalam botolnya sedikit banget sehingga cepat habis. Si cempek juga kelihatan lapar banget seperti tidak diberi susu berhari-hari.

Kata pemandunya sih, cempek-cempek ini memang 'monster' susu. Melihat botol langsung berkerumun di muka kandang. Wah, apa memang sengaja dibuat lapar ya biar beli tiketnya lagi *devil mode on*


Setelah melihat Arfa yang exited, kami membeli tiket berkuda. Awalnya Arfa menolak, meski tidak sampai nangis. Tapi, ternyata dia mau dan malah jadi orang yang paling senang.Arfa tak berhenti tertawa dan memekikkan suara saat berkuda. Berkuda di D'Kandang Amazing Farm hanya mengitari area D'Kandang. Lumayan memuaskan untuk anak-anak merasakan menunggang kuda. 

Setelah berkuda Arfa bilang. "Enak bu..jus gujeess" katanya. Haha..jus gujes emang kereta api, naak..


Sedikit lelah, kami memutuskan untuk beristirahat sambil mengudap camilan di depan kerbau bule. Kerbau bule ini kalau di daerah Solo, tahinya dijadikan rebutan ya..hahaha. Aduh, milih tempatnya salah sih, tapi banyak yang hijau-hijau di sini. Di sini, area disulap mirip rumah para hobbit. Lucu sekali melihat kelinci menyelinap di bawah lorong-lorong kecil.


Oke, kami putuskan untuk memberi makan kelinci setelah rehat sejenak. Tiket masuknya Rp 20.000, sambil dibekali pakannya. Isi pakannya adalah kangkung dan wortel yang cuma seuprit, haha. Tahu begini, saya bawa dari rumah biar Arfa bisa puas memberi makan kelinci. Haha, maklum emak-emak perhitungan.


Di area ini, kelinci kerap di lepas sehingga anak-anak exited mengejarnya. Namun, ada pula yang tetap di dalam kandang. Salah satunya adalah jenis marmut. Marmut tidak diperkenankan untuk dilepas dari kandang. Jika dilepas, marmut akan membuat sarang sendiri di tanah dan tidak mau keluar. 


Well, setelah lelah berkejaran dengan kelinci, Arfa menyerah. Dia minta istirahat dan kembali mengudap makanan yang kami bawa. Terdapat bangunan besar khusus istirahat dan juga games seru di sini. Kami melihat sekelompok ibu-ibu yang sedang mengisi waktu menunggu anak-anak mereka dengan permainan. Seruu ya kelihatannya. Karena Arfa belum sekolah, saya belum bisa merasakan kumpul-kumpul bersama ibu-ibu seperti itu, hehe.



Setelah mengisi tenaga, kami kembali berkeliling. Kami mengelilingi kandang sapi dan melihat beberapa anak sekolah sedang memeras susu sapi. Ada terlihat takut, ada yang exited. Kami menuju kandang anak sapi. Di sini, Arfa dilatih berani untuk memberi pakan anak sapi. Untuk masuk ke sini tidak perlu bayar ternyata.

Kami tidak mencoba wahana menangkap ikan dan wahanan basah-basahan lainnya karena si anak belum mau. oiya flying fox dan ATV juga ada, tapi belum berani melepas Arfa ah, nanti saja ya nak..



Mengapa penting mengenalkan binatang kepada anak?

1. Mengenalkan binatang artinya mengenalkan kepedulian. Binatang pun makhluk hidup, dengan demikian, empati anak akan muncul sejalan dengan empatinya kepada manusia. Berperilaku baik terhadap binatang tentu akan sejalan bagaimana ia berperilaku baik terhadap sesana.

2. Mengenal emosi dan kemampuan sosial melalui interaksinya dengan binatang. Makanya kenapa banyak binatang digunakan untuk terapi anak berkebutuhan khusus.

3. Mengenalkan binatang ternak membuat Arfa semakin aktif dan banyak bertanya. Kemampuan bicaranya seakan dilatih ketika bermain ke tempat ini.

D'Kandang Amazing Farm ini juga memiliki dairy sendiri loh. Mereka memproduksi yogurt, susu fermentasi dan susu segar. Satu liter susu segar dihargai Rp 13.000. Kami membeli satu liter saja, khawatir rasanya tidak enak. Ternyata sampai di rumah, enak juga susu segarnya. Saya sedikit menambahkan gula agar semakin nikmat.



Untuk yoghurt stick harganya  pun murah meriah. Yoghur isi 8 dihargai Rp 6000, sementara yang isi 30 hanya Rp 20.000. Untuk susu pasteurisasi yang ini hanya Rp 8000 saja. Jika ingin memperoleh susu segar, bisa beli langsung melalui pintu belakang, karena dairy-nya ada paling belakang. Jika ingin yang masih segar, datang pada pagi atau sore hari. Pemerasan susu sapi dimulai pada pukul 8.00 pagi dan 17.00.

Tadinya setelah membeli susu segar, kami berencana makan di sini. Ada foodcourt di D'kandang Amazing Farm, di muka area dan di dalam area. Namun, setelah dilihat, harganya cukup mahal untuk ukuran tempat wisata. So, kami memutuskan untuk pulang saja dan makan di sekitar Sawangan, Depok.




Buat sahabat yang ingin ke D'Kandang Amazing Farm, ada beberapa tips dari saya nih. Kalau bisa datang jangan di saat weekend, karena akan sangat ramai. Selain itu, bawa makanan dari rumah saja untuk meminimalisir biaya. Oiya, jangan lupa untuk bawa salin baju anak karena khawatir bermain basah-basahan dan kotor.Selamat liburan...:)


Teach your children to be kind to ANIMALS. When they grow up, they will be kind to people as well..
-Anonymous-

Bubu,

12 November 2016





Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Yuk, Piknik Sambil Belajar di DKandang Amazing Farm"

  1. asyik..tempatnya mba... bisa naik kuda pula...

    emang pas buat anak2.. tempat beemain dan.ada nilai...edukasinya.


    tapi jauh nih..aku di seberang pulau nih..

    BalasHapus
  2. Aku pernah ke sini Mbaaaaa^^
    Pas anak masih satu dan lagi hamil anak kedua. Anak kedua ini yang kasian, belum pernah menjelajah Jakarta dan sekitarnya karena pindah ke Palopo sejak umur 4bulan, hihi.
    Mudah2an suatu saat bisa ke sini lagi rame2 :D

    BalasHapus
  3. Aah...serruu bangeett..

    Tapi memang gitu deeh, mba Lingga.
    *devil mode on.

    Di Bandung jg pas ngasi makan gituu..makanannya dikasih yg mungil mungil.
    Jadi sekali lep, langsung ludes.

    Aakk....
    Dan gak boleh bawa makanan dari rumah.
    Huuhhu...

    BalasHapus
  4. Waaah anak2 pasti suka.. Memang enaknya liburan nyambi edukasi ya mba

    BalasHapus
  5. Wah, ada area berkuda nya..seru ya mba. Itu kandang kelincinya seru banget..bisa masuk sana kayaknya ya..lengkap banget review-nya mba sampai ke harga makanannya juga.

    BalasHapus
  6. Serunya liburan seperti ini. Nggak sekedar liburan tapi anak bisa belajar juga. Pasti seneng anak-anak bisa memberi makan hewan ya.

    BalasHapus
  7. Asik dapat rekomendasi tempat liburan buat anak. Bisa sambil belajar menyayangi binatang. Kalau sapi udah pernah sih waktu mudik di desa

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)