Dunia Lingga

'Bertemu' Sang Pembebas Konstatinopel Saat Umroh plus Turki Cheria Travel

Halo halo..om dan tante..Assalamualaikum...



Perkenalkan, namaku Fathi Arfa Alghazi. Dipanggil Arfa. Aku baru berusia 2 tahun loh, tapi kata Bubu aku sudah pintar ngupil dan mengeluarkan bau kecut dari badan. Badanku kecut tapi Bubu tetap cium-cium aku, kan aneh banget ya kelakuan si Bubu. Aku juga sudah pintar mengamati percakapan Bubu dan Bapak.

Ini Bubu dan Bapakku yang suka cium-cium aku..
Ada yang tahu nggak arti namaku? Islami banget ya kedengarannya? Haha..maklum, yang memberi nama adalah Bapakku. Bapakku yang cita-citanya jadi ketua RT yang membawa warganya lebih agamis. Duh, Pak, cita-cita kok cuma ketua RT, haha..

Oiya, nama Fathi Arfa Alghazi merupakan hasil pemikiran mendalam dan merenung berhari-hari di pojokan kamar, konon kata Bapak seperti itu. Ternyata nama ini sudah banyak dipakai ya orang ya, mungkin karena nama ini banyak menginspirasi orang. Fathi sendiri berasal dari kata Fatih yang artinya pembuka, pembebas. Arfa artinya yang agung dan alghazi artinya pejuang. Haha, ini artinya aku anak diharapkan bapak menjadi pejuang yang membuka jalur Ghaza untuk pertama kalinya.

Kenapa diawali kata Fathi? Bapakku nge-fans banget sama Muhammad Al Fatih. Itu tuh, sang pembebas Konstatinopel. Setelah dibebaskan, Konstatinopel dijadikan sebuah ibu kota serta pusat pemerintahan Kerajaan Utsmani dan sekarang bernama Istanbul, Turki. 

Kenapa sih Bapak ngefans banget sama Muhammad Al Fatih? Kata Bapak, Al Fatih itu gelar buat sang sultan ke tujuh tersebut karena dia menaklukkan Kerajaan Romawi Timur. Selain itu, Al Fatih juga menaklukkan wilayah-wilayah di Asia, menyatukan kerajaan-kerajaan Anatolia dan wilayah Eropa.

Bisa om dan tante lihat nih langsung penjelasan kisah penaklukan Benteng Konstantinopel oleh Al Fatih. Aku jadi penasaran, sekeren apa sih nama yang disematkan padaku. Ternyata setelah lihat video ini, Al Fatih keren bangeet. Apa Bapak dan Bubu bisa 'bertemu' langsung Al Fatih idolanya itu?


Bapak ingin banget aku jadi seperti Al Fatih yang sejak kecil sudah hafal 30 juz Alquran, dan hadis. Dia juga katanya pintar ilmu-ilmu lainnya. Mulai dari ilmu fikih, matematika, sampai strategi perang. Al Fatih juga berjiwa pemimpin tinggi dan perhatian terhadap warganya. Sampai-sampai, di zamannya, Al Fatih membangun lebih dari 300 masjid, 57 sekolah dan 59 tempat peribadatan.

Saking nge-fansnya, namaku jadi tempat pengharapan agar aku bisa membebaskan warga Palestina dari jajahan Israel. Kalau begini, sepertinya aku harus banyak belajar lagi deh, supaya pintar dan bijak seperti Muhammad AlFatih.

Kesukaannya pada Al Fatih, membuat Bapak juga terkesima dengan negara dimana Al Fatih memimpin selama 30 tahun. Negara Turki jadi impian Bapak jika memang bisa menjelajahi bumi Allah ini, setelah Makkah dan Madinah tentunya. Tak berbeda jauh dari Bapak, Bubu juga terkesima dengan kekayaan sejarah Islam di Turki.

Diam-diam aku menguping pembicaraan Bubu dan Bapak nih yang pengen banget beribadah ke tanah suci, sekaligus ke Turki.
"Aa, kapan yah kita bisa lihat Ka'bah secara langsung?"tanya Bubu sambil pijit-pijit pundak Bapakku. Sepertinya ini teknik merayu Bapak paling mujarab ya Bu?
"Insya Allah, kalau Allah memanggil kita kesana,ya kita kesana. Sekarang ikhtiar dulu, apalagi daftar tunggu haji puluhan tahun sekarang"kata Bapakku datar. Ikhtiar itu apalagi sih artinya, tanyaku dalam hati.
"Ya, nggak usah nunggu haji pak, gimana kalau kita umrah saja, terus melipir deh ke Turki,"kata Bubu sambil menguatkan pijatannya. Duh,aku juga mau dipijat Bu..gantian dong.
"Iya, nabung dulu ya, semoga ada rezekinya. Oiya, temen Aa ada yang umrah plus Turki murah banget loh, tapi.."
"Tapi kenapa Aa?"
"Berangkatnya 2-3 tahun lagi, bahkan 5 tahun lagi. Meski murah meriah, Aa belum yakin konsep Umrah seperti ini,"kata Bapak sambil mengelus-elus kepalaku. Aku sekalian nguping ya pak..Aku mau dong diajak Umrah..
"Oh,kalau begitu kita nabung dulu aja, biar Allah yang memudahkan,"kata Bubu yang ingin sekali melihat Kabah.

Kenapa sih Bubu dan Bapak pengen banget Umroh Plus Turki? Sepertinya Bubu memendam keinginannya untuk melipir ngeliat pemeran Elif, atau itu tuh yang jadi Ayyaz di Cinta di Musim Cherry. Tapi kayaknya ini alasan kenapa Turki mesti dikunjungi sehabis umroh.

Kata Bapak, Turki itu memiliki daya tarik yang luar biasa. Sebagai negara yang mayoritas muslim, Turki menyimpan sejarah Islam yang sangat keren untuk ditilik lebih dalam. Mulai dari Blue Mosque peninggalan Al Fatih, dan masjid Hagia Sophia yang kini menjadi museum, juga masih banyak wisata sejarah lainnya.

Selain itu, kata Bapak, banyak makanan halal Turki yang benar-benar ingin langsung dicoba dari negara tersebut. Mulai dari kebab Turki, Turkish Delight, sampai es krim Turki yang fenomenal itu. Semua ingin langsung dirasakan di negara aslinya, dengan atmosfer Turki yang konon katanya tidak akan membuat kita jenuh. 

Selain visa yang mudah diperoleh, kata Bapak, di Turki juga banyak kakak-kakak cantik berhidung bangir. Ihh Bapak genit banget sih, awas disambit Bubu Pak! 

Dan obrolan Bubu dan Bapak pun berlalu tanpa ada kesimpulannya..

Beberapa hari berselang, aku mendengar Bubu menyetel lagu Raihan yang pergi haji. Ah, mulai lagi deh Bubu..

Labbaikallahumma Labbaika
Labbaika Laa Syarikalaka Labbaika
Innalhamda Wal Ni'mata
Laka Wal Mulk Laa Syarikalaka

Pergi haji
Artinya menuju Allah yang esa
Membawa hati dan diri yang hina
Memberi hadiah kepada Allah
Berhati-hatilah menghadapNya 

Lagu ini sering banget diputar di rumah kalau Bubu lagi kangen banget sama Ka'bah. Aku lihat Bubu juga sibuk mencari-cari agen travel di laptopnya. 

Entah mengapa, mendengar cerita dari Kakek Nenekku yang berhaji 3 tahun lalu, Bubu kelihatan pengen banget Umroh, karena berhaji pasti membutuhkan antrean yang panjang, bisa 10 tahun atau 20 tahun. Menjejaki Masjidil Haram dan Masjid Nabawi yang megah, juga berziarah ke makam Rosulullah seperti mimpi yang amat nyata bagi Bubu.

"Agi apa Bu,"tanyaku sambil langsung duduk di pangkuannya.

"Ini Bubu liat-liat Travel Tour Wisata Turki yang bagus buat Bubu dan Bapak pergi Umrah sekalian ke Turki, ya masih lihat-lihat sih Nak,"katanya kepadaku. Apa aku ngerti? Ya anggap aja aku ngerti ya Bu, la wong Bubu kalau ngomongin umrah sama Bapak ya semangat banget nget. 

Wah, Bubu konsentrasi banget mencari agen travel yang bagus dan muat di kantong. Aku mah lanjut main saja deh. Bubu lalu memanggil Bapak dan menunjukkan web yang menyediakan paket tur wisata halal baik dalam dan luar negeri yang juga menyediakan travel haji plus umroh.



Pilihan Bubu jatuh pada Cheria Travel. Lihat saja pencarian paket umrah murah dan lengkap di Google, Cheria Travel ada diurutan pertama. Ini artinya, Cheria Travel dipercaya oleh masyarakat Indonesia yang ingin pergi umroh. Bahkan, kakak cantik Pevita Pearce saja mempercayakan umroh-nya bersama Cheria Travel. Lihat deh keseruan kak Pevita, bikin Bubu sama Bapakku ngiri aja deh.

Kak Pevita Pearce senyumnya gak nahan. Sumber: cheria travel
Kata Bubu, Cheria Travel menyediakan beragam paket umroh plus Turki 10 hari, 12 hari dan 16 hari. Selain program umroh plus Turki, paket Travel Tour  Wisata Turki saja bisa dipilih kalau tidak ingin umroh. Cheria Travel memberangkatkan umrah setiap bulannya dengan menggunakan pesawat maskapai Turkish Airline dan Saudi Arabia Airline dengan biaya murah.

Terus Bubu dan Bapak bakal kemana saja jika ikut paket umrah plus Turki Cheria Travel? Aku diajak gak nih?

Istanbul
Kata seorang teman Bubu yang sekarang kuliah di Turki, Istanbul kota yang tak akan membuat jenuh. Seluruh sudut kota sangat seru untuk dikunjungi, berdua ataupun sendiri. Tanah yang berbukit naik turun. Kadang langitnya cerah, terkadang mendung. Namun, setiap pagi, siang, sore hingga malam, kecantikannya tak bersyarat tak bertepi. Langit kelam Istanbul tetap memikat hati. 

Kota yang membelah benua Asia dan Eropa ini memiliki sejarah panjang peradaban Islam dan Kristen. Ada Blue Mosque, Haghia Sofia, Istana Sultan Kopi dan kekayaan sejarah lainnya. Jika pergi ke Turki di musim semi sekitar Maret-April, kita bisa merasakan keindahan bunga tulip pada festival tulip Turki. Jamaah juga bakal diajak menikmati Selat Bosporus dengan kapal cruise private. Ini asyiknya nggak ketulungan banget ya Bu, Pak?

Eksotisnya Hagia Sophia. Sumber: Huffington Post

Bursa
Di Turki pun Bubu dan Bapak bisa bermain salju. Kalau aku diajak, mungkin aku tinggal bawa pewarna makanan dan susu, terus si salju jadi hamparan es krim, nyam-nyam.. Duh, aku berkhayal berlebihan nih. Di Kota Bursa ini, Bubu dan Bapak bisa bermain salju di Ski Resort. Romantisme Bubu dan Bapak bisa kembali membara gak yah, kan dingin nih di sana. Apa aku bisa dapat adek baru?



Izmir
Turki juga memiliki arsitektur yang unik. Di Kota Izmir, Bubu dan Bapak menyaksikan keeksotisan Agora Smirna yang dibangun oleh Alexander yang agung. Meski tinggal reruntuhannya saja, tempat ini benar-benar eksotis untuk mendalami keunikan arsitektur Turki.

Meski tinggal reruntuhan, Agora Smirna begitu eksotis dan memanjakan mata. Sumber:Thomson

Kusadasi
Berwisata ke Turki jangan melupakan Kusadasi, sebuah kota resor di pesisir Provinsi Aydin Aegean Turki. Di tempat ini, banyak wisatawan Eropa Utara dan Barat berlibur dan bersantai dan bermanja ala Princess Syahrini. Kusadasi berasal dari bahasa Turki yang berarti “Pulau Burung”, dan memiliki Pigeon Island yang terhubung ke pulau utama.

Pamukkale
Sumber : Pamukkale Tour
Kota lainnya yang bakal dikunjungi adalah Pamukkale, yakni sebuah kota yang memiliki resor air panas yang berada di provinsi Denizli. Pamukkale sendiri artinya Benteng Kapas yang ditetapkan sama UNESCO sebagai situs peradaban dunia.

Konon katanya, sumber pemandian air panas ini memiliki sifat penyembuhan. Turis yang datang ke tempat ini untuk sekadar merendam kaki atau mandi air bisa sembuh dari beragam penyakit. Kalau aku, bisa sembuh nggak ya dari penyakit cengeng dan suka menangis kalau nggak dibeliin permen sama Bubu? Kalau bisa sembuh aku mau diajak kesini ya...

Konya
Tarian Whirling Dervishes.  Sumber: The Star
Pasti sudah sering lihat kakak-kakak ganteng muter-muter pakai jubah panjang menari-nari tanpa merasa pusing? Nah, tarian ini disebut tarian sufi atau Whirling Dervishes. Kata Bubu, tarian ini sebagai simbol spiritualitas para sufi di zaman tersebut kepada Tuhan.

Selain budaya tariannya, Konya juga memiliki Museum Mevlana juga menjadi tujuan wisata di Turki. Di museum ini terdapat makam Jalaludin Rumi. Beliau tak hanya pencipta tarian Whirling Dercishes, ia juga memiliki banyak sekali karya sastra yang sangat populer. Di sini, kita bisa melihat berbagai peninggalan barang pribadi Jallaludin Rumi. Berbagai artifak yang sarat akan nilai seni tinggi pun ada disana, bahkan sudah berusia lebih dari 700 tahun.

Cappadocia
Wah, ini dia nih kota yang bikin Bubu dan Bapakku mupeng. Naik balon udara di Cappadocia sambil dadah-dadah cantik. Selain naik balon udara, kita juga bisa merasakan kota bawah tanah, menikmati lembah merpati dan menikmati mandi ala raja dan ratu di Turkish Hamam.



Ankara dan Bolu
Selama perjalanan menuju Istanbul, Bubu dan Bapak bakal mampir ke Ankara, ibukota Turki. Di sini, Bubu bakal mengunjungi  Anitkabir Mausoleum Bukan hanya museum, namun di dalamnya adalah tempat bersemayamnya salah satu pemimpin Turki, Mister Kemal Ataturk.

Kalau boleh berandai-andai, Bubu dan Bapak digariskan Allah umroh plus ke Turki, aku bakal senang banget ngelihat impian mereka. Meskipun nantinya aku bakal ditinggal sampai maksimal 16 hari. Apa aku ikut saja ya. Lagi-lagi kalau Allah menghendaki. Doakan yaa om dan tante, Bubu dan Bapak bisa segera umroh. Nah, di bawah ini paket umroh plus Turki 16 hari yang bakal dijalani Bubu dan Bapak.




Akhirnya, Bubu mencoba mengontak teman-temannya yang juga berkeinginan umroh plus Turki. Bubu ingin menunjukkan kelebihan dari Cheria Travel dibandingkan agen travel lainnya. Emang apa sih kelebihannya Cheria Travel yang bikin Bubu senyum-senyum sendiri depan laptop.



1. Legalitasnya jelas
Ini nih sepertinya yang Bubu perhatikan saat mencari agen travel, yakni legalitas. Kalau nggak legal kan bahaya, Bubu bisa diturunin sendiri di Selat Bosporus terus pulangnya berenang ke Indonesia. Ini banyak kejadian agen travel yang semena-mena terhadap jamaahnya karena nggak punya legalitas resmi. Bisa-bisa Bubu sudah bayar, eh, nggak jadi terbang umroh. Kan sakitnya di sini..

Nah, jangan khawatir akan kelegalan Cheria Travel. Cheria Travel mengantongi lisensi Konsorsium dengan legalitas SK Departemen Agama RI No. D/577/2011 Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW/SIUP: 2365/2012 serta dikategorikan sebagai biro resmi perjalanan haji dan umrah di Indonesia. Jadi jangan khawatir akan kelegalan Cheria Travel.


2. Terjaga kehalalannya
Sebagai seorang muslim, Bubu dan Bapak pasti ingin tur yang halal, mulai dari makanan dan minuman, hingga tempat yang akan dikunjungi. Tentunya umroh kali ini ingin penuh dengan keberkahan ya, nggak asal umroh saja. Dan Cheria Travel menjawab kebutuhan tersebut dengan menyediakan paket tour muslim halal. Paket tour halal Cheria diantaranya:
Tour halal Dubai
Tour halal Korea
Tour halal Malaysia-SIngapura
Tour halal Jepang
Tour halal Hongkong
Tour halal Australia
Tour halal Beijing
Tour Halal Spanyol
Tour halal Eropa
Tour halal Alaska
Tour halal Turki
Tour hahal Uzbekistan

Selain tour halal, Cheria juga menyediakan paket umroh plus Mesir, paket umroh ramadhan, umroh plus Madain Saleh, Umroh plus Turki, umroh plus Maroko, Umroh plus Eropa, Umroh plus Dubai  dan umroh plus Aqsa.

3. Pelayanan dan itenerary yang memuaskan jamaah
Kepuasan adalah hal yang relatif. Namun, sebagian besar jamaah mengatakan hal yang memuaskan setelah menggunakan jasa Cheria Travel. Bubu terkesima nih dengan beberapa testimoni yang diberikan para jamaah Cheria, semua menyatakan kepuasannya. Yuk, kata Bubu, kita simak testimoni dari para jamaah terhadap Cheria Travel.


Bapak Syaiful dari Bintaro Tangerang Selatan menyatakan kepuasannya karena mendapat kemudahan dalam mengurus paspor dan visa dalam waktu cepat. Ia juga mendapat bimbingan sebelum berangkat. "Fasilitas hotel di mekkah dan madinah juga cukup bagus”

Sementara Bapak Sharil dari Manado mengaku sudah empat kali umroh dan kali pertama bergabung dengan Cheria. Ia merasa puas karena dibimbing dengan baik mulai keberangkatan hingga kepulangan.


4. Program lengkap
Bubu bingung nih memilih program di Cheria Travel, karena sangat lengkap dan banyak pilihan. Mau haji, bisa memilih paket haji plus baik kuota maupun non kuota. Mau umroh? Bisa pilih paket umroh reguler atau umroh plus. Perbedaannya hanya di waktu pelaksanaan. Umroh plus lebih banyak memakan waktu karena sekaligus berwisata muslim.

Tak hanya program tersebut, ada juga beberapa program layanan umroh yang menyasar Om dan Tante yang sibuk bekerja dan bisa mengambil cuti dengan umroh express. Nah, umroh lainnya seperti umroh backpaker dengan biaya murah, umroh private yang menyasar keluarga dan umroh express two can go yang bisa bepergian berdua saja. Terdapat pula paket umroh pernikahan untuk pasangan pengantin baru.

Cheria Travel juga menyediakan paket tour domestik dan internasional. Paket tour ini memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk menjelajahi berbagai objek wisata domestik dan menikmati keindahan pemandangan yang tersebar di Indonesia dan luar negeri.

5.  Harga Bersaing

Semua pilihan paket kembali kepada referensi para jamaah. Wah, asyik banget ya Bu, bisa pilih mana yang muat di kantong. Ngomong-ngomong muat di kantong, Cheria Travel menawarkan paket wisata yang cukup murah. Berikut ini harga paket umroh plus Turki hingga Desember mendatang. Kalau Bubu dan Bapak sepertinya harus menabung dulu ya biar bisa 'bertemu' Sultan Muhammad Al Fatih.


Harga paket tersebut sudah termasuk akomodasi, tiket pesawat internasional kelas ekonomi, makan 3x sehari, hotel, Ziarah di Arab Saudi menggunakan bus AC,  air Zam-zam, visa Umroh dan bagasi.
Bagasi sesuai ketentuan pihak penerbangan.

Untuk tour, disediakan visa Eropa, tipping tour guide, tiket masuk objek wisata yang dikunjungi + Ruangan Mumi, transportasi bus AC dan hotel.  Harga paket ini tidak termasuk asuransi perjalanan, airport tax, handling dan perlengkapan ibadah, biaya pengurusan surat mahram bagi wanita dibawah 45 th yang berangkat sendiri, biaya suntik vaksin Maningitis (Buku Kuning), pengeluaran Pribadi, laundry, telepon dan kelebihan bagasi.

Harga di atas bisa berubah-ubah ya, sebaiknya om dan tante langsung meluncur ke web Cheria Travel di http://www.cheria-travel.com/. Oiya, untuk biaya paket umroh lainnya bisa langsung ke webnya juga ya. Atau jika penasaran kunjungi saja kantornya di:

Kantor Pusat
Alamat: Gedung Twink Lt. 3,Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790

Telepon : 021 - 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
Fax : 021-7918 2408
Email : info@cheria-travel.com
Web: www.cheria-travel.com\

Sekarang juga lagi ada promo loh dari Cheria Travel



Oke deh om dan tante, aku mau terbang dulu ke Turki nih, siapa tahu ketemu dengan Al Fatih asli sang pembebas Konstatinopel. Dadahh Bubu dan Bapak..aku duluaan....Bubu dan Bapak lama sih masa aku harus nunggu tabungan Bubu dan Bapak penuh dulu..Aku mah terbang ajaa....Byeee....
Tentang Cheria Travel

Cheria Travel sendiri sudah berdiri sejak 2012 dan melayani ribuan wisatawan. Dengan pelayanan yang keren dan harga yang bersaing, Cheria Wisata berkomitmen memberikan kepuasan kepada jamaahnya. Layanan Cheria mencakup kebutuhan paket tour muslim untuk dalam dan luar negeri juga menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate atau grup.


Untuk Tiket Cheria adalah Agen IATA baik Domestik maupun Internasional dan Untuk Layanan Haji Plus dan Umroh Cheria adalah Agen Resmi Madinah Iman Wisata Cabang Jakarta dengan Izin Resmi Depag No. 118/2015 dan D/70/2015.

Sebenarnya siapa sih di balik Cheria Wisata? Adalah Cheriatna dan Farida Ningsih selaku pendiri dari Cheria Wisata Tour Travel. Keduanya telah malang melintang dalam dunia marketing online dan offline. Usaha Pak Cheriatna dan Bu Farida diawali dengan menjadi marketing pada sebuah travel di Jakarta Selatan dalam memasarkan paket umroh yang laris manis bersama Almh. Ustadz Jeffry Al Buchory.

Setelah itu akhirnya memutuskan untuk mendirikan Cheria Wisata Tour Travel pada tahun 2011. Pada awalnya, Cheria Wisata hanya memiliki sekitar 10 orang karyawan namun seiring berjalannya waktu, kini travel yang bergerak di bidang Haji Plus, Umroh dan Tour Wisata ini telah memiliki sekitar 30 orang karyawan dan bererapa anak usaha seperti Jazira Wisata.

Subscribe to receive free email updates:

46 Responses to "'Bertemu' Sang Pembebas Konstatinopel Saat Umroh plus Turki Cheria Travel"

  1. Mdh2an bubu bs brgkt umroh yaa arfaa.... amiinn

    BalasHapus
  2. Wah, Fathi. Semoga lekas hafal 30 juz yaa..

    BalasHapus
  3. Ya Allah.. Maknanya besar sekali namamu, Nak. Semoga benar-benar mencontoh Al-Fatih yang asli. Aamiin

    BalasHapus
  4. Wah jadi pengen umroh..insyaAllah aman ya cheria travel

    BalasHapus
  5. Artikelnya lengkap banget. Bagus. Jadi pengen ke Turki juga. Ngebayangin piknik rame-rame sambil menikmati makanan khas Turki, pasti asik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pengen banget ke turki..sama2mendoakan yuk mba hehe

      Hapus
  6. Ternyata kantor pusatnya Cheria Travel dekat rumahku, hehe, semoga bisa umroh bareng Cheria Travel *Aamiin yaa rabbal Alamiin* Soalnya aku belum pernah umroh yg plus Turki dan pengen banget ke Turki karena pengen lihat bangunan-bangunan yg arsitekturnya bagus-bagus dan pengen cobain langsung makanan khas Turki, hehehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..kantor cheria deket tinggal daftar ya mba..hee

      Hapus
  7. Fathi smoga jadi anak soleh yaa. Aamin
    Mba,ingin juga aku ke Turki. Perjalanan religius yang ingin sekali aku datangi :)

    BalasHapus
  8. Luar biasa arti namanya..keren mba..

    BalasHapus
  9. seru banget ya mbak perjalanannya..semoga aku bisa mengunjungi Turki nanti

    BalasHapus
  10. Aku juga mau kalo ketemu Ayaz di Cinta di Musim Cherry, bukan Musim Semi, Mbak, hehe. Pengen banget ke Turki nih gegara serial Cinta di Musim Cherry itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. oiya astagaa hahaa..ingetnya musim semi haha

      Hapus
  11. Akkk, kereen nih artikelnya, detail dan lengkaaapp.. Semoga bisa disegerakan buat ikut umroh plus Turki sama Cheria travelnya ya mba :))

    BalasHapus
  12. tante ikut diajak terbang ke turki doongg

    BalasHapus
  13. Lengkappppp. Jadi gampang sodorin ini ke suami. Mau juga dong ibadah lanjut liburan ke Turki.

    BalasHapus
  14. Nama anaknya bagus mbak.
    Iya kalau di Turki gampang cari makanan alal ya :D
    Aamiin moga kesampaian pergi ke Turki mbak :D

    BalasHapus
  15. Beberapa waktu lalu pengen bikin novel soal Turki, masih mandeg di tengah jalan, eh ini kayak kesulut lagi pengen beneran bisa ke sana.

    Inspirasai nama Arfa keren ya Mba. Sehat selalu ya Dek, selalu jadi kebanggan orangtua. Aamiin.

    BalasHapus
  16. Hai Fathiiii...salam kenal juga, anak shalih :)
    Bilangin sama Bubu, Tante juga ngidam banget pengen jalan-jalan ke TURKI. Dan iya, sekarang banyak paket umroh plus Turki, salah satunya yang udah terpercaya banget yaitu Cheria Travel.
    Bisa rikues barengan sama Tante Pevita nggak sih ke sananya? :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama keenan pearce nya sekalian *modus haha

      Hapus
  17. wihii asyikk arfa bisa terbang. semoga bisa terbang bersama bubu dan bapak ke ankara ya Nak... jangan lupa di sana doian Bintang dan Zizi juga biar bisa menyusul.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tante smoga kita bisa segera ksana yaa

      Hapus
  18. lucu banget mba dede'nya

    saya juga pengen umroh, moga bisa beberapa tahun lagi :D

    BalasHapus
  19. keceeee, ayo kita ke Turki, hiksss aku pingin, lingga anak mu ganteng dan lucu, mau diunyeng-unyeng ih :D

    BalasHapus
  20. Selamat ya, Teh, kepilih jadi salah satu pemenang. Yeay, ke Raja Ampat nih!
    Nitip koteka boleh? :)

    BalasHapus
  21. Smoga segera berangkat umroh.
    Btw itu Pamukkale keren bangeettt ya, suka!

    BalasHapus
  22. Artikelnya lengkap banget Mbak, sekarang percaya deh sama cheria tour & travel, kalau mau umroh plus haji, kecheria tour & travel ajah

    BalasHapus
  23. Pembebas kota konstantinopel .
    Muhammad Al Fatih

    BalasHapus
  24. Cerita yang menyentuh, pantas jadi juara :)

    BalasHapus
  25. Namamu terselip do'a dan harapan besar, Nak.
    Semoga terjaga selalu yaaa. :*
    Sing lancar rencan umrahnya bubu dan bapak :*

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)