Dunia Lingga

[Review Film/Movie] Hello Ghost (2010)


Bagi para pecinta film Korea, nama Cha Tae Hyun mungkin tidak asing ditelinga. Salah satu filmnya menjadi box office di Korea adalah My Sassy Girl (2001), bahkan di remake ulang oleh sineas Hollywood (walau menurut gue remake film tersebut kurang mengena untuk masyarakat Amerika sono dan malah dibuat ancur). My Sassy Girl bercerita tentang seorang cowok lugu yang ditakdirkan bertemu dengan seorang cewek aneh dan kasar. Beberapa film lainnya yang bagus menurut gue adalah My Girl and I (2005) dan Speed Scandal (2009). Untuk film My Girl and I, Cha Tae Hyun dipasangkan dengan lead actrees Song Hye Kyo sang ratu kecantikannya Korea. Di film ini Cha Tae Hyun berperan jadi lelaki keterbelakangan mental yang menyukai Song Hye Kyo.

Adapun dalam film Speed Scandal (yang menurut gue ini film kocak sampe Rolling On The Floor deh loh). Film ini menceritakan seorang lelaki matang yang sukses, terkenal, pembawa acara radio di Korea yang kemudian hidupnya berubah setelah mengetahui bahwa ia mempunyai seorang anak gadis umur 17-an dari hasil cinta terlarang ketika ia masih remaja. Yang membuat hidupnya semakin menyedihkan bahwa di usia matang tersebut ia sudah mempunyai cucu. Bagaimana kelanjutan Speed Scandal? Mending cari tahu sendiri saja dengan menonton filmnya (dijamin anda puas).

Cha tae Hyun lagi-lagi membuktikan kegaekan aktingnya di film Hello Ghost (2010) yang baru saja gue tonton. Berperan sebagai Kang Sang Man, seorang orphan (yatim piatu) yang selalu ingin mengakhiri hidupnya karena ia tidak mempunyai siapa-siapa yang dapat diperhatikan dan memperhatikannya. Nasib sial, ia selalu gagal untuk commit suicide-nya itu. Mulai dari makan pil tidur sampai menceburkan diri ke sungai. Di tengah usahanya bunuh diri, hal ini memberi Sang Man kemampuan magis untuk melihat hantu. Tidak tanggung-tanggung, ada empat hantu unik yang selalu mengganggu hidupnya, ada hantu lelaki gendut yang suka merokok, hantu seorang kakek cabul, hantu seorang anak kecil yang nakal dan doyan makan, dan terakhir hantu wanita yang selalu menangis (terutama menangis di dalam lemari).

Semenjak hantu-hantu tersebut mengganggunya, Sang Man semakin desperado karena tidak bisa bunuh diri (konon nih katanya orang yang bisa liat hantu gak bisa bunuh diri gitu). Nah, maka dari itu dia membuat perjanjian dengan keempat hantu tersebut. Ia akan mengizinkan tubuhnya di share dan dikendalikan para hantu untuk memenuhi permintaan mereka yang belum terwujud. Sebagai reward, Sang Man akan terbebas dari keempat hantu tersebut. Tetapi, seiring dengan berjalannya waktu, keempat hantu tersebut memberikannya sebuah keinginan yang selalu diidamkannya: sebuah keluarga yang dapat bersamanya (kasian banget sih kamu). Nah, bagaimana kelanjutan cerita Sang Man dengan para hantu??

Film ini digawangi oleh sutradata Kim Young Tak yang menurut gue membawa cerita film yang segar, lucu, mengharukan dan DAEBAK (note: keren). Karena briliannya ide cerita ini, sampai-sampai si Chris Collombus mau me-remake film ini (awas aja malah jadi ancur, hehehe). Tentu lagi-lagi gak habis gue bilang acting si Cha Tae Hyun ini performa luar biasa. Dengan wajah ‘biasa saja’ bagi seorang aktor (yeh kalo gue bandingin sama Won Bin, Hyun Bin or si Gu Jun Pyo itu loh emang jauh). Tetapi Cha memiliki bakat yang gak semua aktor Korea punya, bakan komediannya itu. Coba aja dicek di film Hello Ghost ini, mimiknya berubah ketika ia men-share tubuhnya untuk para hantu. Perhatikan mimik Cha yang centil memandang maaf ‘pantat’ wanita, juga ketika merokok, memerankan anak kecil yang suka makan dan menjadi seorang yang suka menangis.

Di satu jam pertama, kita akan lihat kehumoran Kang Sang Man berinteraksi dengan para hantu dengan segala permintaannya tersebut. Nah, ini dia di 15 menit terakhir yang menjadi ide brilian dan membuat gue sesegukan meler ingus dari hidung gue. Sungguh brilian. Benar-benar keren.OH.MY.GOD. Bagi gue ending terbaik film adalah yang mampu membuat kita melihat film itu lagi dengan pola pandang yang berbeda dan mengangkat nilai film itu secara keseluruhan. Itulah yang dilakukan oleh ending film ini. Film yang tadinya lucu dan bagus diubah endingnya menjadi lucu, mengharukan dan luar biasa. Tidak berlebihan kalau gue mengatakan hati kalian sudah mati bila tak menangis oleh endingnya.

So, my conclusion is…film ini diawal menyajikan kehumoran yang pas dan tidak berlebihan. Akting para pemerannya yang keren dan natural, jalan ceritanya mengalir dan kejutan di akhir cerita yang menohok hati. So, tonton deh, recommended banget menurut gue.


Movie Details
Director: Kim Young Tak
Cast: Cha Tae Hyun, Kang Hye Won, Jang Yeong Nam
Running Time: 111 Minutes

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "[Review Film/Movie] Hello Ghost (2010)"

  1. film cha tae hyun yang hello ghost emang asli keren banget,perubahan mimik saat menggambarkan ekspresi para hantu keren,,,,,,,
    yang paling aq suka kalo dirasuki sama hantu perokok n hantu kakekcabul lucu asli,,,,,,
    tpi endingnya sedih banget dan makna film ini jdi bikin motivasi qta kalo keluarga adalah hal yang penting,,,,,,,

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)