Dunia Lingga

Keseruan Blogger Gathering Tjokro Hotel Klaten


Pindah dari Depok ke kota kecil Klaten tentu tak mudah bagi saya. Jika di Depok dengan mudah mendapatkan apa pun, di kota dengan julukan Klaten Bersinar ini tentu jauh berbeda. Terlebih saya pindah ke daerah pinggiran Klaten. Jauh dari kota. Jauh dari kemudahan.

Tentu ada kelebihannya tinggal di desa. Hidup serasa slow motion. Tak ada kegaduhan, kemacetan dan polusi. Kalau masalah jauh dari kemudahan, tentu itu masih bisa diatasi. Jelas yang saya merasa kehilangan adalah teman-teman selama di Depok. Tetangga, teman pengajian, teman gosip dan teman dari komunitas blogger. 

Sejak pindah ke Klaten, untuk mengisi kebosanan tentu bertemu dengan teman-teman satu passion menjadi keasyikan tersendiri. Saya jadi ingin kembali belajar dan juga berbagi. Di tengah persoalan politik kota yang dihimpit Yogyakarta dan Solo ini, ternyata banyak komunitas-komunitas yang gencar mempromosikan kotanya.

Salah satunya teman-teman komunitas Blogger Klaten. Meskipun jarang berkumpul, anggota komunitas kerap kali mempromosikan hal-hal anyar yang ada di kota ini. Semoga, dari komunitas seperti ini, tak hanya Umbul Ponggok saja yang dikenal dari Klaten. Tapi juga wisatanya, kulinernya, budayanya dan juga keramahtamahannya.


Bersyukur saya dipertemukan dengan komunitas Blogger Klaten. Dan beruntung pula bisa bertemu dengan mereka di tempat yang baik pula, di tempat keramahtamahan ini berasal. Di Grand Tjokro Klaten atau yang kini menjadi Tjokro Hotel Klaten. Sekitar sepuluh blogger mengikuti Blogger Gathering bersama Tjokro Hotel Klaten yang berlokasi di Jalan Pemuda Selatan 42 Klaten.

Meskipun rumah saya di daerah pedesaan, namun mudah mengakses hotel ini. Dari rumah saya di Ceper, hanya sekitar 20 menit dengan kendaraan mobil. Sementara dari lokasi Bandara Adi Sucipto Yogyakarta hanya 30 menit, Bandara Adi Soemarmo pun 30 menit saja. Lebih-lebih dari Stasiun Klaten hanya 5 menitan saja.

Pagi itu, saya datang awal. Belum banyak blogger yang datang. Alhasil, sekalian mencoba nge-vlog singkat tentang keseruan blogger gathering ini. Teman-teman bisa lihat videonya di akhir tulisan ya.

Saat masuk ke hotel berbintang tiga ini, saya merasakan nuansa tradisional dengan beberapa sentuhan modern. Di kanan pintu masuk, terdapat pajangan-pajangan dengan berbalut kain berwarna hijau dan batik, semakin menambah nuansa ramah kota Klaten. Juga terdapat personal computer dan flyer-flyer berisi informasi  hotel dan wisata Klaten. 

Di sebelah kiri pintu masuk, terdapat lounge yang diberi nama Batik Lounge. Terdapat mini bar di pojok kiri tersebut. Jika berjalan lurus dari pintu masuk, kita akan menemukan Tjokro Restaurant. Tidak terlalu luas namun terkesan apik dan rapi. 

Sebelum memulai hotel tour, kami dijamu oleh pihak Tjokro Hotel Klaten. Ada mba Ayu sebagai Public Relations  yang senantiasa menemani kami. Oiya, saat itu saya sengaja belum mengisi perut dengan sarapan, karena ingin mencoba berbagai menu yang disediakan Tjokro Hotel Klaten. 

Menu pertama adalah bubur ayam. Makanan ini jadi favorit saya karena akan selalu teringat bubur ayam di kampung halaman orang tua. Saya ambil sedikit saja khawatir sudah kenyang duluan. Rasanya cukup enak meski sudah tidak terlalu panas.


Patut dicoba pula nasi goreng fresh dari koki yang langsung memasak di resto ini. Wah melihat kepiawaian chef saya jadi minder karena gak pinter masak *malah curhat. Omelet dan scrumble egg nya juga enak banget. Tak lupa saya mencoba jenang sumsum atau bubur sumsum. Bubur sumsum yang kenyal padat kemudian dibubuhi santan dan air gula aren semakin jadi favorit saya. Mau nambah lagi tapi malu HaHa..terakhir adalah potongan buah yang menyegarkan. Alhamdulillah kenyaaang...
Masih banyak pilihan sarapan yang disediakan oleh pihak Tjokro Hotel Klaten. Sayang saya sudah nggak kuat menampunya di perut, hehe. Menu-menu yang saya cicipi kemarin  memang lebih bertema javaness ya..tapi katanya selalu ada pembaruan menu setiap minggunya. Wah jadi penasaran nyicipin menu lainnya.

Setelah puas sarapan, kami berkeliling hotel dan melihat fasilitas hotel ini seperti kids corner, meeting room, The Spa, Rheneo Karaoke, kamar, ballroom dan fasilitas lainnya. Fasilitas pertama yang kami temukan adalah kids corner. Meskipun tak terlalu besar, kids corner di sini punya alat bermain yang cukup komplit. Wah jadi menyesal nggak bawa Arfa ke sini, dia bisa main-main dengan puas di kids corner ini. 



Ruang selanjutnya adalah small meeting room. Terdapat tiga small meeting room dengan dimensi 4x10x3 m. Terdapat pula Prambanan Hall dengan dimensi 20x10x3m yang bisa digunakan untuk theater style, classroom, U-shape, Double U-Shape atau pun round table. 

Sementara dengan ukuran lebih besar yakni ballroom 20,5x19,5×8 meter yang sering kali jadi tempat pernikahan, rapat atau wisuda. Oiya banyak paket promo untuk fasilitas ballroom ini loh. Misalnya kalau mau meeting atau seminar dengan ruangan sebesar ini, harga speaial mulai dari Rp35.000 nett dengan gratis fasilitas seperti sound system, lcd, amenetis, wifi dan lainnya.

Ada paket pernikahan yang juga cukup Qramah kantong mulai dari Rp 6.500.000 ++ dengan berbagai variasi menu, ruang make up, karauke hingga tarif kamar khusus. Jika mau menggelar wisuda di Tjokro Hotel Klaten juga bisa loh. Hanya dengan Rp 20 juta sekitar 200 pax mahasiswa bisa diwisuda. 

Berlanjut kami naik lift untuk room tour. Ruangan pertama yang kami lihat adalah suite room dengan luas 61m2. Terdapat dua suite room dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Kamar mandi dengan bathtub, meja makan, meja keluarga dengan televisi, meja kerja, sofa dan kasur king. 

Asiknya lagi banyak fasilitas yang disediakan nih teman..mulai dari wifi gratis, mini bar, coffe and tea making, safe deposit box dan lain-lain. Sementara tipe kamar lainnya adalah deluxe dengan luas 26m2 dan jumlah 28 kamar, sementara superior room dengan luas 15m2 sejumlah 24 kamar. Jumlah total keseluruhan kamar di Tjokro Hotel Klaten ini sendiri adalah 54 kamar.

Untuk harga sangat kompetitif ya menurut saya. Untuk tipe suite room sekitar Rp 1,2 juta, deluxe room Rp 650 ribu dan superior room seharga Rp 550 ribu. 

Suite room

Deluxe room
Superior room

Menurut Mba Ayu, okupansi Tjokro Hotel Klaten memang lebih didominasi oleh kalangan bisnis dan goverment. Namun, jika musim liburan, kamar banyak dibooking oleh keluarga yang ingin berlibur. Tak salah memang memilih Tjokro Hotel Klaten sebagai tempat menginap, karena tidak jauh juga dari tempat wisata seperti Candi Prambanan, Rowo Jombor, Umbul Ponggok dan Gondang Winangoen.

Menurut Mba Ayu, pihak Tjokro Hotel Klaten sendiri sangat mengapreaiasi acara dengan para blogger ini. Ke depan, mungkin akan lebih banyak kerja sama yang bisa dilakukan dengan komunitas seperti blogger Klaten ini.

Mengapa harus di Tjokro Hotel Klaten?

1. Harga Kompetitif
Harganya jelas sangat kompetitif nih teman. Untuk tipe suite room sekitar Rp 1,2 juta, deluxe room Rp 650 ribu dan superior room seharga Rp 550 ribu. Dan untuk fasilitas lain yang sudah saya jabarkan di atas juga sangat reasonable jika Tjokro Hotel Klaten jadi pilihan.

2. Lokasi strategis
Dengan lokasinya di pusat kota Klaten, jelas menambah keunggulan tersendiri buat teman-teman yang ingin mengadakan acara atau sekadar liburan. 

3. Fasilitas Lengkap 
Fasilitas hotel juga cukup lengkap untuk segala macam keperluan bisnis dan juga wisata. Tjokro Hotel Klaten juga terpercaya karena dioperatori oleh SAS Hospitality yang mengelola 7 hotel yang tersebar di beberapa kota seperti Klaten, Yogyakarta, Jakarta, Pekanbaru, Bandung dan Balikpapan.

4. Banyak promo
Seperti yang sudah saya tulis di atas, Tjokro Hotel Klaten juga banyak memberikan promo dan paket untuk pernikahan, wisuda dan meeting. 





Setelah puas berkeliling, kami dijamu kembali dengan dessert sebelum pulang. Oiya, Tjokro Hotel Klaten juga membagi-bagikan beragam voucher hotel buat blogger yang bisa menjawab pertanyaan. Ada yang dapat voucher spa, voucher karaoke, hingga voucher diskon menginap. Saya dapat voucher apa hayooo? Hahaha..

Penasaran menginap di hotel ini? Langsung saja cek websitenya di www.grandtjokro.com/klaten atau email ke klaten@grandtjokro.com dengan telepon +62.272.333388 dengan alamat Jalan Pemuda Selatan No.42 Klaten. Atau teman-teman bisa cek keseruan blogger gathering di Tjokro Hotel Klaten dari vlog di bawah ini yaa..












Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keseruan Blogger Gathering Tjokro Hotel Klaten"

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)