Dunia Lingga

Menapaki Hunian Berkonsep Ecoculture nan Murah Meriah di Banten



Kalau saya diberi pertanyaan, pilih beli rumah atau mobil terlebih dahulu? Boleh nggak ya dua-duanya? Emang enak sih punya dua-duanya. Tapi sayang seribu sayang, saya bukan artis yang sekali menyanyi dibayar puluhan juta. Atau bukan juga pemberi motivasi yang bisa menghasilkan uang hanya karena memberi nasihat. Semua pasti butuh proses, ikhtiar dan doa. 

Nah kalau tiba-tiba dapat rezeki berupa duit segepok misal 200 juta Rupiah, lebih baik dibelikan rumah atau mobil? Waduh, saya langsung kalap. Apa saya belikan sofa, alat-alat dapur, perhiasan bertabur intan permata, make-up mahal atau gadget canggih? *gagalfokus

Semua sih tergantung pilihan ya. Enaknya kalau punya mobil, make up saat kondangan nggak acak-acakan. Parfum masih harum semerbak dan make-up masih paripurna bak princess. Beda kalau naik motor, sampai-sampai tempat kondangan make-up perlu di touch-up, harus benerin alis nih cyynn.. Belum lagi kalau hujan kehujanan, panas kepanasan. *Ini sih curhat colongan namanya

Memiliki mobil juga dipandang sebagian orang sebagai status sosial, meski saya tak menganggapnya demikian. Jadi kalau saya punya mobil keren dan mengendarai sendiri, mungkin bisa dipanggil emak-emak sosialita. Tapi, sambil nenteng tas kulit KW buatan China dapat beli di Tanah Abang. Hahaa...Ini namanya budget pas-pasan gaya sosialita.
citra maja raya lebak banten
Bingung nih pilih yang mana..

Oke, kali ini serius. Toh tak ada salahnya investasi mobil karena bisa menjadi sumber penghasilan kan? Misalnya disewakan atau sekaligus saja saya menyambi pekerjaan menjadi supir mobil sewa online ya. Hehe..

Punya mobil terlebih dahulu ya boleh-boleh saja. Tapi, pertimbangkan juga sih biaya-biaya turunannya. Mulai dari pajak, biaya servis, sampai biaya bahan bakar yang semakin melambung. Belum lagi, nilai investasi mobil yang terus turun 5-10 persen setiap tahunnya karena mobil merupakan investasi barang bergerak.

Sebenarnya, saya dan suami belum butuh-butuh amat punya mobil. Anak masih satu, masih bisa nyempil di motor. Tempat kerja suami juga 'jalur neraka' karena macetnya nggak biasa. Mengenderai motor adalah opsi terbaik karena bisa lebih cepat sampai dan juga lebih hemat. 

Maka, opsi punya rumah buat tempat tinggal bahkan nantinya buat investasi jadi prioritas kami. Seperti yang kita tahu, harga properti dan tanah nggak bakal turun, bahkan cenderung naik 10-20 persen per tahun. Membeli properti bisa jadi investasi masa depan kami nantinya. Tahun ini harganya misal hanya Rp 200 juta, tahun depan entah sudah berapa ratus juta. (4)  

Lalu, bagaimana kalau beli rumah dulu kalau dapat rezeki? Ya sekali lagi harus sesuai kebutuhan kita. Tapi masa iya harus selamanya tinggal di kontrakan atau nebeng sama orang tua atau mertua? Sebisa mungkin saya dan suami mandiri walau tinggal di rumah keong, ini lebay, huahaha.

Beli rumah juga perlu pertimbangan. Bagaimana biaya renovasi, perawatan rumah, pajak dan biaya turunan lainnya. Yakin  penghasilan bulanan sanggup menutupi pengeluaran-pengeluaran yang antri tiap bulannya seperti itu? Atau kalau hanya untuk investasi, bagaimana biaya perawatan rumah yang tidak kita tinggali itu? 

Maka dari itu, untuk meminimalisir pengeluaran, tentu saya harus pintar-pintar memilih rumah. Nggak sok-sok idealis milih rumah luas dengan kasta tertinggi di perumahan elit pake banget. Sekali lagi, semua harus sesuai budget dan kebutuhan.  Karena anak cuma satu dan budget ngepas, tentu memilih rumah murah, minimalis namun tetap nyaman jadi skala prioritas.

citra maja raya lebak banten
citra maja raya lebak banten
1. Menyesuaikan budget
Keinginan punya rumah pasti ada dibenak orang berumah tangga. Namun apa jadinya jika budget belum sesuai? Ya tentu rumah yang diincar harus sesuai budget yang kita punya. Rumah minimalis bisa jadi pilihan tepat karena biasanya harganya pun tak terlalu menguras kantong.

2. Mudah dibersihkan
Nah ini alasan yang paling reasonable menurut emak-emak malas seperti saya. Dengan rumah minimalis, saya dengan mudah membersihkan rumah dari debu dan kotoran. Barang-barang dalam rumah bisa ditata rapi dengan mengurangi barang-barang yang tidak dipakai untuk disumbangkan. 

3. Simpel
Rumah minimalis bentuknya simpel dan sederhana. Ruangan pun cukup jelas dan rapi sehingga membuat kita rileks. Selain itu, saya nggak terlalu repot untuk mencari barang yang dibutuhkan.

4. Murah
Alasan rumah minimalis karena bisa muat dikantong. Dan biasanya, rumah murah bisa dibeli dengan mekanisme Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) yang disubsidi pemerintah. Meskipun murah, tapi harus tetap mempertimbangkan berbagai hal. Misalnya fasilitas sosial dan fasilitas umum (fasos fasum) yang memadai.

Karena alasan inilah, rumah murah nan minimalis bisa jadi pertimbangan. Selain buat tempat tinggal, tentu tetap bisa jadi investasi masa depan di tengah harga properti yang semakin melambung tinggi seperti sekarang ini. 

Kebetulan kami sudah tinggal di sebuah perumahan minimalis di pinggiran Depok. Namun, beberapa keluarga besar tinggal di daerah Banten. 

Ya kali ada rezeki, kami ingin mempunyai rumah untuk diinvestasikan di Banten. Tentu dengan harga yang murah meriah. Bak gayung bersambut, PT Ciputra Residence membuat mega proyek perumahan murah di Banten yakni Rumah Maja Citra Maja Raya.

Tentu kita semua tahu, Ciputra Residence kerap hadir dengan propertinya yang wah dan mewah. Lalu, apa dengan budget pas-pasan saya bisa menempati dan berinvestasi di Citra Maja Raya? Sangat bisa. Karena Citra Maja Raya merupakan perumahan murah di Banten yang bersubsidi dengan mekanisme FLPP.    (5) 

Rumah Maja bersubsidi dibangun Ciputra guna memenuhi prinsip keberimbangan sesuai yang diamanatkan UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Prinsip hunian berimbang adalah perbandingan rumah 1:2:3. 

Ini artinya, dalam membangun satu rumah mewah, pengembang mengimbanginya dengan dua rumah menengah dan tiga rumah sederhana dalam satu hamparan atau tidak dalam satu hamparan tetapi pada satu wilayah kabupaten/kota.

citra maja raya lebak banten
Pernah mendengar atau melihat perumahan Citra Raya Tangerang? Nah, Citra Maja Raya di Lebak, Banten, ini diproyeksikan bakal seperti Citra Raya dalam puluhan tahun ke depan. Citra Maja Raya layaknya kota terpadu yang berbasis Transit Oriented Development (TOD) karena menjadikan Stasiun Maja sebagai simpul transportasi utamanya. Bayangkan, jarak Stasiun Maja hanya 750 meter ke gerbang Citra Maja Raya. Sangat dekat, bukan?

Kalau saya punya uang, tentu pilihan berinvestasi di perumahan murah Citra Maja Raya menjadi hal yang sangat mungkin. Nggak heran kalau pada peluncuran perdananya di tahun 2014, 7.000 unit habis terjual (7).  Dan pada Januari 2017 akan segera diserahterimakan. Sekarang juga sedang dikembangkan Citra Maja Raya 2 dengan harga yang murah meriah Rp 152 juta-an saja. Demi apaa..*kalap*

Kita tak perlu khawatir dengan apa yang sering terjadi, seperti pengembang tak bertanggung jawab, ketidakjelasan surat menyurat, hingga tak adanya fasilitas yang memadai di perumahan. Kenapa? Karena PT Ciputra Residence sendiri memandang proyek Citra Maja Raya ini sebagai calon primadona baru rumah maja murah di Banten. Tentunya, pihak pengembang akan memberikan pelayanan terbaik mereka dalam menciptakan kawasan ini.

citra maja raya lebak banten
1. Murah
Yang sudah saya sebutkan tadi, Citra Maja Raya dilempar ke pasaran dengan murah. Bagaimana masyarakat nggak langsung nyerbu ke perumahan ini ya, 7.000 unit terjual hanya dalam 11 hari. Berapa harganya? Hanya dikisaran Rp152 juta untuk Rumah Sederhana (RE) dan Rp 293 juta untuk Rumah Estate (RE).
Sumber:www.citramaja.com

2. Dekat dengan transportasi umum
Buat yang bekerja di Jabodetabek, transportasi umum jadi pertimbangan saat memilih rumah. Nah, yang saya lihat, Citra Maja Raya sangat dekat dengan Stasiun Maja. Stasiun Maja-Serpong-Tanah Abang bisa ditempuh hanya dalam 90 menit perjalanan. 

citra maja raya lebak bantenBukan tak mungkin, kawasan Citra Maja Raya jadi sebuah kota pertumbuhan ekonomi baru berbasis ekonomi jasa dengan mengusung Transit Oriented Development. Pembangunan Citra Maja Raya sendiri tentu sangat bersentuhan dengan program pemerintah dalam upaya pemanfaatan transportasi massal. Pemerintah sendiri terus memperbaiki KRL dengan membangun rel double track untuk jalur Tanah Abang-Maja.

3. Lokasi strategis
Citra Maja Raya digadang-gadang bakal menjelma menjadi CitraRaya sebagai Regional Business Center di Barat Jakarta. Tak salah jika Citra Maja Raya berlokasi strategis karena berada di area Kota Baru Publik Maja. Area ini adalah salah satu dari 10 kota yang diprioritaskan pemerintah di bagian barat kawasan Jabodetabek. 

4. Akses mudah
Selain dekat dengan transportasi umum, infrastruktur jalan menuju Citra Maja Raya sudah terbangun dengan kualitas cor beton. Hal inilah yang memungkinkan dan menjadikan proyek Citra Maja Raya sangat mendukung upaya pemerintah dalam pemanfaatan transportasi masal untuk proyek pembangunannya.

Sementara itu, banyak juga pilihan akses dapat ditempuh untuk menuju kota baru berintegrasi Citra Maja Raya, seperti Tol Jakarta – Merak exit Balaraja Barat km 37 – Maja ( tahun 2017), Tol Citra Raya – Tigaraksa – Maja dan Tol Cikande – Maja.

citra maja raya lebak banten
Sumber: www.citramaja.com

5. Mengusung ecoculture
Kalau saya disuruh memilih perumahan, saya memilih yang banyak lahan terbuka hijaunya. Kenapa? Karena selain menyehatkan, juga baik buat anak-anak saya. Mereka bisa bermain di taman dan lahan terbuka hijau di sekitar rumah, nggak perlu jauh-jauh ke tempat lain.

Dan Citra Maja Raya digadang-gadang dapat menjawab kebutuhan tersebut dengan mengusung tema ecoculture. Ecoculture sendiri sudah dijalankan CitraRaya sejak 2011. Ecoculture adalah program revitalisasi yang bertujuan untuk membangun budaya cinta lingkungan.

Konsep ini tentu sangat bagus ya kalau ada di perumahan yang kita tinggali. Misalnya dengan adanya jalur sepeda di sepanjang jalan perumahan lengkap dengan marka dan rambu-rambu sepeda. Selain itu, hadirnya fasilitas penerangan LED, hingga penyediaan pemilahan sampah organik dan anorganik. 

6. Fasilitas ke depan bakalan lengkap
Citra Maja Raya adalah proyek jangka panjang yang terus melengkapi diri dengan pelbagai fasilitas yang dibutuhkan. Berbagai fasilitas skala kota mandiri seperti pasar modern, sekolah dari jenjang tingkat bawah hingga tingkat atas, rumah ibadah, sport club, family club, wahana rekreasi dan pendidikan keluarga, rumah sakit, hotel, perkantoran dan pusat kuliner hingga feeder busway akan tersedia di Citra Maja Raya di masa mendatang.  

7. Didukung pemerintah
Belum lama ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berkomitmen mempercepat pengembangan infrastrukturdi seluruh Indonesia, salah satunya di Maja, Lebak, Banten. Maja menjadi salah satu dari 10 Kota Baru Publik yang diprioritaskan di bagian barat kawasan Jabodetabek.
citra maja raya lebak banten
Sumber: www.citramaja.com
Kesepakatan bersama diantara PUPR, Gubernur Banten, Gubernur Jawa Barat, Bupati Bogor, Bupati Lebak, Bupati Tangerang, dan Walikota Tangerang Selatan akan mengawal koordinasi dan penetapan lokasi ruas jalan akses Maja, pembebasan lahan, perizinan, pengendalian dan pengawasan penyediaan rumah bagi MBR bersubsidi dengan pola hunian berimbang. 

Jadi, saya nggak akan khawatir akan infrastruktur ke Maja, karena pemerintah pun menetapkan Maja jadi program nasional Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

citra maja raya lebak bantenSaya bisa memilih tipe Rumah Sederhana (RS) atau Rumah Estate (RE). Sekali lagi, semua tergantung kebutuhan dan juga budget ya. So, berikut ini beberapa pilihan rumah di Citra Maja Raya yang bisa dibidik oleh kita.
citra maja raya lebak banten
Sumber: www.citramaja.com

citra maja raya lebak banten

citra maja raya lebak banten












Pembangunan Citra Maja Raya terus digeber oleh pihak pengembang. Mulai dari infrastruktur hingga fasilitas lainnya.
citra maja raya lebak banten
Untuk lebih lengkapnya bisa langsung cek website Citra Maja Raya di www.citramaja.com atau langsung ke  Marketing Office, Ruko Tol Boulevard BSD Blok C.29-30, Jalan Pahlawan Seribu, Serpong, Tangerang 15310 dengan nomor telepon +6221 5315 8888 info@citramaja.com. Yuk ah, ngapain pikir-pikir lagi, meluncur bersama saya hunting rumah murah, buat tempat tinggal mau pun investasi...

Sumber tulisan:
(1) http://citramaja.com/
(2) http://citraraya.com/ecoculture/
(3) http://www.desaindenahrumah.com/manfaat-dan-kelebihan-dari-desain-rumah-minimalis/
(4) http://properti.bisnis.com/read/20150703/107/449887/harga-properti-kenaikan-20-per-tahun-
(5) 
http://properti.kompas.com/read/2016/05/01/142432621/Siap-siap.Ciputra.Bakal.Lepas.Rumah.Murah.Rp.115.Jutaan
(6) http://www.radarbanten.co.id/ciputra-group-optimistis-2016-bisnis-properti-menuju-titik-balik/
(7) http://properti.kompas.com/read/2016/10/11/165349621/januari.2017.7.000.rumah.citra.maja.raya.diserahterimakan



Subscribe to receive free email updates:

19 Responses to "Menapaki Hunian Berkonsep Ecoculture nan Murah Meriah di Banten "

  1. Aduh, menarik banget ini. jadi pengen cepet- cepet milih rumah, eh beli rumah maksudnya hahaha.
    Milih doang mah gampang yah? LOL

    ReplyDelete
  2. Di Cianjur belum ada nih.Kayanya bakal banyak peminta kalau ada pilihan bagus kek gini...

    ReplyDelete
  3. Harganya terjangkau ya...dan fasilitasnya bener-bener mendukung. Pantas aja, cepat terjualnya. Hanya 11 hari...wow

    ReplyDelete
  4. Sekarang hunian mulai menuju ke arah Banten ya mbak, bagus buat inves, moga didukung dgn prasarana KRL yg memadai klo mau ke Jkt hehe

    ReplyDelete
  5. kalau saya dapet duit 200juta mau langsung beli tanah mbak hahha,saya sama mba beda prinsipnya,saya kebtulan masih ngontrak tapi mobil sudah ada karena kebtulan dana buat dp mobil udah ada dan ada anak juga ya ddrp kemana mana anaknya kasian naik motor jadilah beli mobil dlu baru rumah :)

    ReplyDelete
  6. Aku pengen punya rumah sendiri, dari penghasilan sendiri hehehe ... tapi suka dilema, kalau KPR-nya murah, ringan, daerahnya jauuuh banget dari pusat kota.

    ReplyDelete
  7. keren kelihatannya nih.... nama kompleks lainnya sih udah terkenal ya
    sepertinya ini bakal naik daun juga

    ReplyDelete
  8. Bakal sama kayak citraraya cikupa nih, yang bukan hanya jadi perumahan tapi sekarang udah jadi surganya tempat belanja terutama bagi warga Tangerang

    ReplyDelete
  9. walaupun jauh tapi deket dengan stasiun kereta sih jadi ngga masalah ya hehe

    Buat kalian yang butuh Rumah Siap Huni bisa langsung cek di sini tuh.

    ReplyDelete
  10. Bagus nih buat investasi. Harga masih murah. Konsep perumahan nya sama seperti Citra Raya yang di cikupa tangerang ya...? masih punya ciputra juga, mantap

    ReplyDelete
  11. kalau aku sich pilih beli rumah dulu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)