Dunia Lingga

10 Tempat Liburan Musim Panas Impian di Sydney Australia


Australia. Negara yang satu ini sudah jadi impian sejak lama untuk dikunjungi saat liburan. Semua berawal dari film Finding Nemo. Loh kok? Iya, film animasi tahun 2003 ini sukses buat saya semakin penasaran sama Australia. Pasti semua tahu jalan cerita film yang berlatar di Great Barrier Reef, Australia ini.

Saat terpisah dengan Marlin sang ayah, Nemo 'tersesat' di sebuah akuarium di Sydney Harbour. Marlin harus menempuh segala macam rintangan untuk menyelamatkan sang putra. Jadi nostalgia nih, karena saat film dirilis, saya masih SMP. Yang jelas, film ini banyak menggambarkan kekayaan laut Australia yang indah dan memesona. Dan hingga saat ini, Finding Nemo nggak pernah bosan untuk ditonton.

Bukan hanya film Finding Nemo, banyak hal yang membuat saya tertarik dengan negara ini. Australia memiliki hubungan diplomatis yang baik dengan Indonesia dan banyak pelajar Indonesia meneruskan pendidikan di Australia.

Australia banyak digambarkan di buku gilanya Raditya Dika "Kambing Jantan". Dalam bukunya, Raditya Dika menceritakan kegilaan dia dan teman-temannya saat berkuliah di Adelaide, Australia. Baca buku koplaknya Radit bikin saya penasaran, bagaimana sih Australia sesungguhnya.

Bagaimana lingkungan di sana, makanan khasnya, budaya, hingga wisata alam dan wisata belanjanya. Enak kali ya bisa menghabiskan liburan musim panas dan travel ke Australia. Sayangnya, hingga saat ini, liburan ke Australia masih di angan-angan. Terkadang terbawa mimpi, hehe.

Bak gayung bersambut, sebuah travel agen HIS Travel mengadakan kompetisi blog yang hadiahnya tur gratis ke Australia. Ya ampun, ini sih berkah banget kalau bisa sampai menang di kompetisi ini. Bagaikan mimpi yang jadi kenyataanKompetisi blog ini merupakan kerja sama Kawaii Beauty Japan dengan H.I.S Indonesia. Hadiahnya GRATIS paket musim panas ke Australia untuk 2 pemenang. Mau ikutan juga? klik gambar di bawah ini ya untuk informasi lebih lanjut.  

his travel australia

Sebenarnya apa sih yang menarik dari Australia? Jawabannya: BANYAK. Semua kota di Australia memiliki keunggulan dan kekhasan masing-masing. Yang terpenting, jika ingin liburan ke Australia, perlu pertimbangan matang kapan waktu yang tepat untuk ke sana. Kenapa? Karena Australia memiliki empat musim yang berkebalikan dengan musim-musim di negara Eropa dan Amerika. Hal ini terjadi karena Australia berada di sisi selatan bumi. Sementara negara-negara empat musim lainnya berada di sisi utara bumi.

Secara saya orang Indonesia yang berada di iklim tropis, musim panas di Australia bisa jadi pilihan utama waktu liburan. Musim panas di Australia berada di bulan Desember hingga Februari. Tak heran mengapa Natal di Australia tidak akan ada salju ya, karena sedang musim panas.

Saat musim panas, suhu rata-rata 35-40 derajat Celcius. Ini mengapa, orang Indonesia cocok berlibur di musim panas karena suhunya yang mirip di Indonesia. Ketika musim panas, orang Australia biasanya banyak yang menghabiskan waktu di luar rumah. Entah itu ke pantai, taman hiburan dan objek wisata lainnya. Bisa kita lihat profil Australia di bawah ini.


TENTANG SYDNEY
Lalu, mau kemana jika saya bisa liburan musim panas di Australia? Tentu jawabannya adalah Sydney. Kembali lagi karena saya suka banget film Finding Nemo yang berlatar di Sydney. Selain itu, musim panas di Sydney pada Desember-Februari, berarti dapat menikmati kegiatan luar ruangan yang menakjubkan. Januari biasanya merupakan bulan terhangat di Sydney, dengan kisaran suhu udara rata-rata 18,6 - 25,8 °C.

Kota terbesar di Australia ini adalah ibu kota negara bagian New South Wales. Sydney juga dijuluki sebagai kota dermaga atau The Harbour City. Karena keberagamannya, Sydney menjadi salah satu kota paling multikultural di dunia.


Sumber: australia.com
Yang kerennya lagi, kota ini menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Mantab ya sahabat, gimana nggak mupeng menjejaki kota ini?

Lalu, mau menikmati apa saja di selama liburan musim panas di Sydney Australia, Ling? Nih, bakal saya jembrengin satu-satu.

1. Menyusup ke belakang panggung Sydney Opera House
Sumber: www.australia.com
Aih, pasti sudah pada tahu ikon Australia ini ya. Sydney Opera House yang mengagumkan dan unik. Bangunan ini terletak di Bennelong Point di Sydney Harbour dekat Sydney Harbour Bridge.

Sydney Opera House yang berbentuk seperti cangkang ini didesain oleh Jorn Utzon dari Denmark di tahun 1955. Karena keunikan serta historisnya, Sydney Opera House masuk ke dalam daftar situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997.

Kita bisa menikmati berbagai pertunjukkan teater, balet, dan berbagai pertunjukkan lainnya di gedung ini. Gedung yang dikelola Opera House Trust ini menjadi markas bagi opera Australia, Sydney Theatre Company, dan Sydney Symphony Orchestra.

Sumber: http://www.sydneyoperahouse.com/
Nah, tak hanya bisa melihat berbagai pertunjukkan, kita bisa melihat lebih jauh persiapan di balik layar setiap pertunjukkan. Kita bisa menyusup ke belakang panggung Sydney Opera House dengan mengikuti Backstage Tour-nya.

Kita bisa mempelajari cara kerja Sydney Opera House dan melihat secara langsung kesibukan di balik layar. Wah seru banget bisa ngelihat behind the scene pertunjukkan besar layaknya Moulin Rouge. Turnya begitu informatif, bahkan disediakan dalam berbagai bahasa seperti bahasa Jepang, Mandarin dan Prancis.Jika waktu tidak memungkinkan, fotostop di depan Sydney Opera House juga bisa jadi pilihan menarik. Ah, pasti seruu..!


2. Memanjat Sydney Harbour Bridge yang unik
Sumber: bridgeclimb.com
Sydney Harbour Bridge ini merupakan keajaiban arsitektur yang mengagumkan. Dibangun pada 1932, kita dapat berjalan-jalan di sini atau bersepeda. Asyiknya menjelajah SYdney Harbour Bridge ini dengan bersepeda, disertai hembusan angin musim panas.

Warga setempat menamai jembatan ini sebagai The Coathanger. Mengapa? Karena bentuknya yang melengkung seperti gantungan baju, hihi. Oiya, berdasarkan Guinness World Records, jembatan ini merupakan jembatan yang terlebar di dunia. Jembatan ini juga sekaligus sebagai jembatan lengkung berkerangka besi tertinggi di dunia. Wow, nggak salah memang karena puncaknya setinggi 134 meter di atas permukaan pelabuhan.

Ternyata, ada ekspedisi BridgeClimb Sydney Harbour Bridge loh. Wah,ini seru banget. Kita bisa memanjat jembatan ini tentu dengan penanganan dan keamanan khusus.  Tapi kalau kamu nggak suka tantangan dan ketinggian, sebaiknya nggak usah ikutan ya, hihii...cukup foto-foto cantik di jembatan atau bermain sepeda juga sudah asyik.


3. Menelusuri keindahan Sydney Harbour
Sumber: www.borongaja.com
Selain ke Sydney Harbour Bridge, jangan lupa untuk menikmati taman air besar untuk penduduk Sydney, Sydney Harbour.

Sydney Harbour sendiri merupakan salah satu dari pelabuhan alam terindah di dunia. Aduh, jadi mupeng jalan-jalan di Sydney Harbour naik ferry atau naik yacht. Kalau mau berlayar, sejumlah perusahaan bisa menawarkan carter yacht kepada turis. Kalau ada rezeki sih bisa saja berlayar dengan yacht. Namun kalau nggak ada, cukup gigit jari lihat yacht dari pinggiran pelabuhan, hihii.

Oiya,Sydney Harbour bisa terlihat berwarna biru cemerlang jika hari sedang cerah. Kita bisa melihat ratusan perahu berlayar, kapal pesiar dan juga ferry. Ada banyak cara untuk menikmati Sydney Harbour. Kita bisa menemukan taman-taman nasional, warisan budaya Aborigin, sejarah masa kolonial, hingga situ-situ warisan budaya lainnya.

Selain itu, banyak acara istimewa di Sydney Harbour sepanjang tahun. Mulai dari Sydney Festival, Vivid Festival, kembang api malam tahun baru Sydney, kembang api Hari jadi Australia 26 Januari dan lainnya. Pastikan kita merencanakan hari liburan dan datang lebih awal untuk mencari lokasi yang bagus di Sydney Harbour.


4. Bermain dengan fauna di Kebun Binatang Taronga Sydney
Sumber: https://www.australiancruisegroup.com.au
Belum lengkap rasanya jika kita tidak berkunjung ke kebun binatang Taronga Sydney. Di kebun binatang ini menjadi rumah buat 2.900 spesies lokal eksotis seperti kanguru, koala, simpanse, gorila, harimau, dan binatang lainnya.

Untuk menuju kebun binatang ini, dapat dilakukan dengan perjalanan singkat naik ferry dari Circular Quay. Kita juga bisa loh menginap dan berkemah di kebun binatang ini. Kayaknya saya bakal pesan paket Roar and Snore di kebun binatang ini.Saya bisa menyesapi bunyi-bunyi fauna langka di malam hari. Wah, epiicc bangeet ini pasti. 


5. Menjelajahi pantai-pantai cantik Sydney
Sumber: www.australia.com
Warga Australia biasanya menghabiskan liburan musim panas ke pantai. Banyak pantai terkenal di Sydney, seperti Bondi Beach. Di sana kita bisa mendaftar kursus selancar atau hanya menikmati pemandangan dari perbukitan yang hijau.

Selain itu, kita bisa menjelajahi butik-butik di jalanan kecil dan nikmati bersantap brunch berdampingan dengan para turis beransel dan pencinta fesyen di salah satu kafe unik.  

Tak hanya bermain air dan berenang, kita dapat menyusuri jalur pantai Bondi to Coogee yang menawan. Musim panas memang paling enak berjalan-jalan bersama yang tersayang. Nah, buat kamu yang suka jalan-jalan dan olah raga, jalur ini jawabannya.

Jalur Bondi to Cooge merupakan garus pantai yang menghubungkan semua pantai. Mulai dari Bondi, Tamarama, Bronte hingga Coogee. Semua pantai menampilkan samudra Sydney yang mempesona. Di jalur ini juga banyak terdapat cafe dan landmark yang menarik. Jalur ini panjangnya 6 kilometer di tepi pinggiran timur Sydney. Dibutuhkan sekitar 1-2 jam untuk sampai di ujung jalur.


6. Kembali ke masa lalu di The Rocks Sydney
Sumber: www.australia.com
Setelah menikmati keindahan alam di jalur pantai Bondi, saya mau belajar sejarah Australia di The Rocks. The Rocks sendiri merupakan pengingat sejarah zaman kolonial di Sydney Australia. Selain dapat menyusuri gang-gang kecil berbatu, juga terdapat Fort Denison, sebuah pulau dengan benteng mini dan meriamnya sendiri.

Kawasan The Rocks ini seperti kota tua Jakarta ya. Kawasan ini sangat ramai dan menarik wisatawan karena dekat dengan Circular Quay. Selain mempelajari sejarah, terdapat pula museum, galeri, pasar akhir pekan, hotel dan pemandangan pelabuhan. The Rocks seperti perpaduan masa lalu dan masa kini.


7. Menapaki Royal Botanic Garden Sydney
Sumber: Royal Botanic Garden Sydney
Habis ke pantai melihat yang biru-biru, waktunya sekarang melihat yang hijau-hijau dan bunga berwarna warni. Saya takjub sekali dengan keindahan Royal Botanic Gardens Sydney. Taman ini selain untuk penelitian ilmiah, juga dilengkapi dengan jalur pejalan kaki dan wahana wisata kereta anak-anak.

Kita dapat menelusuri taman seluas 30 hektar ini dengan ditemani pemandu. GRATIS pula boo. Selain itu, terdapat pula paket-paket yang disediakan untuk para turis seperti Aboriginal Heritage Tours. Tur ini mengajak pengunjung untuk menyesapi makanan dari alam seperti halnya suku Aborigin. Ada yang mau?


8.  Menikmati langit cantik di Blue Mountains
Sumber: www.australia.com
Blue Mountains dikenal dengan lereng kebiruan dan formasi batuan Three Sisters . Taman Nasional Blue Mountains hanya beberapa jam saja dari Sydney. Sudah 100 tahun pegunungan ini menjadi tempat populer untuk para penggemar lintas alam, pendaki dan penggemar aktivitas luar ruang. Seru rasanya bersepeda gunung atau abseiling di tempat ini.


9. Makan bersama hiu di Sydney Sea Life

Mau melihat berbagai jenis ikan? Tak perlu bingung, karena ada Sydney Sea Life, akuarium terbaik di Australia. Akuarium ini terdapat 13.000 hewan dari 700 spesies yang berbeda. Terdapat 14 zona bertema termasuk display Bay of Rays, Discovery Rockpool, Sydney Harbour dan Great Barrier Reef tempatnya para Nemo hehee.

Oiya, mau menyelam bersama para hiu juga bisa loh. Ini buat yang berani saja ya. Kalau saya sudah ngacir duluan. Saya lebih memilih makan malam romantis sambil melihat hiu lalu lalang dengan taringnya yang mengerikan.

10. Foto bareng artis di Madam Tussaud Sydney
Sumber:mirror.co.uk
Madame Tussauds Sydney adalah museum lilin yang terletak di Darling Harbour, Sydney. Mau berfoto dengan artis mancanegara bisa loh, asalkan ada tiket masuk hehe. Madame Tussauds Sydney merupakan rumah bagi patung lilin sekitar 70 selebritis, legenda olah raga, politisi hingga penyanyi rock. Ada Chris Hemsworth gak yaah disini? Mau foto bareeeng. 


MAKANAN KHAS SYDNEY

Mencicipi makanan khas dari tempat yang dikunjungi bagaikan agenda wajib saat jalan-jalan atau liburan. Sydney juga banyak memiliki makanan khas yang bisa kita nikmati loh. Wah, dari berbagai review yang ada, sepertinya makanan khas Sydney dapat membuat ngiler. Nah, makanan apa saja yang wajib kita cicipi di Sydney?

1. Vegemite
Sumber: http://www.14gauge.com.au/
Makanan ini sepertinya makanan wajib orang Australia. Hampir 22 juta botol Vegemite terjual setiap tahunnya di Australia. Vegemite sendiri merupakan selai yang berwarna kehitaman. Makanan ini terbuat dari ragi, garam dan mineral. Rasanya perpaduan antara asin dan pahit. Meski rasanya asin dan pahit, warga Sydney khususnya sangat menyukai makanan ini.

Biasanya penyajian dengan dioles di atas roti seperti selai. Kadang-kadang digunakan buat menambah rasa pada sup.Sepertinya makanan ini menjadi daya tarik sendiri untuk segera dicicipi ya.

2.  Pahlova
Sumber:http://nordicfoodliving.com/
Makanan yang satu ini penampakan sungguh membuat air liur menetes. Pahlova merupakan kombinasi tepung jagung, vanila dan cuka. Konon teksturnya seperti Marshmallow yang lembut di dalam, namun renyah di luar.

Karena rasanya yang manis, Pahlova biasanya disajikan dengan toping buah yang agak asam seperti jeruk, mangga, kiwi dan buah lainnya. Lapisan whipe cream, cream cheese dan selai rasa lainnya menjadikan Pavlova salah satu makanan wajib yang perlu dicoba saat liburan ke Sydney.

3. Lamington

Makanan yang satu ini wajib saya cicipi nih. Kenapa? Karena kue ini adalah kue nasional Australia yang terbuat dari sponge cake yang dilapisi cokelat. Selain dilapisi coklat juga ditaburi kelapa parut kering. Wah, terlihat sangat yummy nih. Untuk menambah rasa, Lamington disajikan dengan Whipped cream atau selai. Biasanya, makanan ini jadi makanan disajikan di sore hari dengan teh hangat. Maknyuuss...

4. Meat pie
Sumber: http://www.dailytelegraph.com.au/
Wah, pernah mencoba menu yang satu ini? Pie tapi berisi daging dengan kuah tomat dan bawang. Mungkin agak aneh awalnya yah karena biasanya pie berisi buah. Tapi makanan ini nggak akan saya lewatkan jika berlibur ke Australia khususnya Sydney. 

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi seperti Harry's Cafe de Wheels. Pie original dari Harry’s adalah ‘Pie Peas Mash’ yang terbuat dari kacang hijau. Terdapat berbagai jenis pie mulai dari Pie Chicken and Mushroom hingga Pie Cheese. Wah, keliatannya semuanya menarik. 

5. Chiko Roll
Sumber: https://billsroadfood.com/
Makanan Australia ini merupakan camilan yang terbuat dari daging sapi, seledri, wortel, kacang hijau, bawang dan rempah lainnya. Bahan-bahan tersebut digulung menjadi satu dan kemudian digoreng. Pada umumna, makanan ini dijajakan di toko fish and chip lokal atau tempat penjual makanan di dekat stasiun. Sepertinya Chiko roll ini sukses bikin saya ngeces ileran, huaahaa mauuu...

6. Steak kanguru
Sumber:www.faterna.com
Kanguru dimakan? Mungkin bagi sebagian orang nggak akan tega ya, saya juga T.T. Tapi, bagi masyarakat Australia, hewan ini biasa dikonsumsi di negara ini. Biasanya, daging kanguru dijadikan steak yang dibakar setengah matang. Bahan pelengkapnya adalah salad, kentang goreng,  dan disertai taburan saus manis. Konon tekstur dagingnya lembut, bahkan lebih lembut dari daging sapi.
  
7. Potato cake
Sumber: http://www.epicurious.com/
Mau mencoba makanan berbahan dasar kentang? Saatnya mencoba potato cake asal Australia ini. Kue ini terbuat dari kentang, terigu, telur, gula pasir,keju parut dan almond. Biasanya, potato cakes goreng dijajakan di toko fish and chip. 

Makanan ini punya sebutan berbeda-beda di tiap negara bagian. Di New South Wales dan Queensland biasa menyebutnya dengan nama potato scallops. Sementara Australia Selatan dan Australia Barat yang menyebutnya dengan nama potato fritter.

8. Damper
Sumber: http://gggiraffe.blogspot.co.id/
Mau merasakan roti dengan cara berbeda? Kayaknya saya wajib mencoba damper, roti soda tradisional Australia yang terbuat dari tepung gandum dan gula. Uniknya, damper dibuat dengan menguburkan adonan roti pada abu pembakaran arang dari api unggun. 

Damper dipanggang selama 30 menit. Meski dimasak di dalam arang, damper tidak akan kotor karena abu karena adonan roti akan mengeras di bagian luarnya. Damper biasanya disajikan dengan tambahan saus atau sirup. 

9. Hamburger Australia
Sumber:www.abc.net.au
Lagi-lagi kangguru jadi bahan utama buat makanan ini. Hamburger Australia biasanya terdiri dari telur goreng, daging kangguru, keju, bit, nanas, tomant, selada, bawang, saus tomat dan bahan tambahan lainnya. Tertarik mencicipi makanan ini Guys? Saya sih yeesss...

10. Fried mozzarella
Sumber: buzzfeed.com
Duh, ngebayangin mozzarella-nya saja sudah bikin mupeng. Nah, makanan ini adalah camilan yang dibuat dari mozzarella yang kemudian disajikan dengan saus khusus serta salad pilihan. Hampir di setiap tempat terdapat jajanan masyarakat Australia ini.

11. Fish and Chips di Katoomba dan Bondi
Sumber: magazine.foodpanda.hk
Makanan wajib masyarakat Australia nih, Fish and Chips. Kita bisa mencicipi Fish and Chip di berbagai tempat jajanan di Sydney. Namun begitu, rekomendasitempat jajanan Fish and Chip berada di Katoomba dan Bondi. Seafood Fish and CHip dan Calamari Fish and Chip jadi menu andalan Sydney. Membayangkan crispy-nya cumi-cumi goreng tepung disertai ikan yang renyah, rasanya surga dunia ya..

12.Chocolate Chip Cookies dan Coklat di Max Branner
Sumber: http://www.iatemywaythrough.com/
Mau yang manis-manis? Chocolate Chip cookies di Max Branner jawabannya. Tak lengkap rasanya jika tak singgah ke Max Banner yang memproduksi makanan lokal Australia. Banyak menu yang dihidangkan dan sebagian besarnya adalah coklat. Max Branner ini berada di sekitar Bondi Junction. Coba cicipi minuman coklat hangat khas Sydney yang memanjakan lidah, aihh, mupeeng sangaat.

AKSES DAN TRANSPORTASI 

Ketika di Sydney, sepertinya saya dan pelancong lainnya nggak perlu ribet masalah transportasi. Pasalnya, transportasi umum di Sydney aman dan nyaman. Mulai dari bus, ferry, kereta, tram, taxi dan jasa penyewaan mobil ada di sini.

Kerennya, pemerintah Sydney memperhitungkan alat transportasi dengan mengutamakan kenyamanan anak-anak, orang tua, orang cacat dan yang berkebutuhan khusus. Selalu ada tempat khusus stroller dan juga wheelchair.  

Sistem penentuan harga transportasi juga nggak seenaknya kayak di Indonesia. Di Sydney, transportasi menggunakan sistem Opal. Sistem ini adalah sistem pay as you go. Sehingga, kita membayar apabila menggunakan kereta, bus, ferry atau light rail. Jadi jangan lupa harus tap on dan tap off agar harganya sesuai.  Harga tiket Opal bervariasi, mulai dari kategori dewasa, orang tua, penyandang cacat dan lainnya.  

Kereta api
Sumber: http://www.railpage.com.au/
Biasanya sering digunakan wisatawan untuk berkeliling kota dan mengunjungi objek wisata. Misalnya destinasi saya Blue Mountain yang bisa diakses dengan kereta api. Kereta api selain nyaman dan cepat, bisa jauh lebih murah dari alat transportasi lainnya. Informasi tentang rute, jadwal, dan tiket dapat dilihat di sini.

Menyewa mobil
Sumber: http://airportcarhire.com.au/
Meskipun alat transportasi umumnya sangat bagus, banyak juga pengguna mobil pribadi. Nah, kita bisa menyewa mobil asalkan sudah memiliki SIM internasional. Jadi, kita bisa dengan mudah jalan-jalan di kota keren yang satu ini. 

Bus
Sumber: http://eng.bigbustours.com/
Kalau nggak pergi jauh-jauh, bisa memilih bus kota karena melayani rute jarak dekat. Jika menginap di Sydney, kita bisa melihat bus berwarna biru putih yang dioperasikan oleh Sydney Buses. Bus kota ini melewati Sydney Opera House, The Rocks dan Darling Harbour. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui nih kalau naik bus.  

Terdapat pula bus khusus wisatawan yakni Sydney Explorer dan Bondi Explorer. Bus Sydney Explorer yang berwarna merah melayani rute dari pusat kota ke banyak objek wisata. Sementara bus Bondi Explorer melayani rute dari Sydney ke Bondi. Informasi mengenai bus dalam kota Sydney bisa dilihat disini.

Kapal atau feri
Sumber: http://sydney-city.blogspot.co.id/
Moda transportasi ini sangat layak digunakan jika ingin mencicipi kemegahan Harbour Bridge dan keindahan Sydney Opera House. Ferry ini dapat ditemukan di Circular Quay dan menyeberang menuju Manly. Dengan menggunakan ferry, kita juga bisa mengunjungi Kebun Binatang Taronga yang merupakan salah satu destinasi wajib saya ketika wisata di Australia.  

Trem
Sumber: http://www.infobreakingnews.com/
Meskipun kini sudah tak terlalu banyak yang menggunakan moda transportasi ini, apa salahnya saya coba. Dengan trem, saya bisa mengunjungi Pasar ikan Sydney, Chinatown atau Darling Harbour.  

Monorel
Sumber: http://www.dailytelegraph.com.au/
Monorel di Sydney lebih banyak difungsikan sebagai alat transportasi wisatawan dibanding transportasi umum. Mengapa? Karena monorel Sydney ini hanya berkeliling di pusat kota saja.

Dengan menggunakan monorel, kita hanya membayar satu kali saja dan bisa mengitari kota sesuka hati asal tidak keluar dari halte. Kita bisa melihat pemandangan kota Sydney dari atas, Darling Harbour, Queen Victoria Building dan Paddy's. 


Lalu bagaimana memulainya perjalanan ke Sydney?
Karena sudah punya passport, saya tinggal mengajukan visa ke Sydney. Caranya sebenarnya gampang-gampang susah. Visa yang akan saya ajukan adalah visa turis Australia. Bisa lewat Pusat Aplikasi Visa Australia (Australian Visa Application Centre/AVAC), atau dengan lewat agen perjalanan. Semua informasi yang kita butuhkan untuk mengajukan visa ada di website ini 

Beberapa dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk mengajukan visa turis Australia:

1. Biaya, bisa langsung cek ke web ya.
2. Mengisi formulir aplikasi (Form 48R or Form 48R-Indonesian)
3. Menyerahkan paspor yang masih berlaku, berikut paspor lama yang dimiliki.
4. Satu pasfoto terbaru
5. Satu fotokopi Kartu Keluarga dan KTP
6. Surat keterangan dari atasan (bagi karyawan), atau bukti kepemilikan perusahaan (bagi pebisnis).
7. Jika memiliki kerabat di Australi, harus menunjukkan surat bukti hubungan kekerabatan (Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Surat Nikah, dll)
8. Jika ada yang mensponsori ke Australia, sertakan surat sponsor dari orang tersebut yang menyatakan bahwa dia menyanggupi menanggung akomodasi, transport dan makan kita selama di Australia. Juga sertakan fotokopi paspor dan visanya.
9. Bank Statement atau fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir
10. Dokumen-dokumen lain yang mendukung aplikasi ini.

Sebenarnya nggak susah ya persyaratan di atas, tapi yang menjadi problem itu fotokopi buku tabungan terakhir. Aih, uang ditabungan bisa diitung pake jari nominalnya, apa bisa lolos visa?Hahaha..Pengalaman banyak orang sih bisa pinjam sana-sini untuk mengisi bank statement ya,hahaa..kalau visa beres barulah dikembalikan. *moduuus hahaa

Nah, kalau nggak mau ribet, bisa menghubungi agen travel yang terpercaya. Salah satunya H.I.S Travel yang sudah banyak diacungi jempol dan banyak testimoni dari pelanggannya.  H.I.S. Travel menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kita.


H.I.S Travel bisa menjadi pilihan karena memberikan pilihan yang lengkap buat pelanggannya. Saya lihat di webnya, H.I.S Travel memberikan paket lengkap wisata ke Australia, baik grup maupun individu.

Selain tujuan international tour ke Jepang, Korea, Singapore, Hongkong, China, Taiwan, Vietnam, Thailand, Kamboja, Australia dan Amerika, H.I.S Travel juga melayani tur domestik Indonesia seperti Bali, Lombok, Bandung, Yogyakarta, Medan, Manado, Belitung dan Bangka. Tak hanya itu, H.I.S Travel menyediakan umroh tour. Makanya, lengkap banget ya H.I.S Travel.

Untuk wisata ke Australia, H.I.S Travel menyediakan Group Tour Package dan Optional Tour Package. Misalnya nih, paket 6D/4N Mono Sydney grup dibanderol hanya Rp 15,9 juta. Paket ini sudah termasuk mengunjungi Sydney top spot seperti The Rocks, The Bay, Rose Bay, Bondi Beach, Opera House, Madam Tussauds, Sydney Sea Life Aquarium, Sydney Wildlife park, dan Blue Mountain.

Grup Package lainnya misalnya 8D/6N Australian Adventure yang seharga 23,9 jutaan Rupiah. Selama tur ini, saya bisa mengunjungi Sydney Top Spot, Blue mountain, tangalooma, Brisbane top spote, Gold Coast, Melbourne top spot dan asuransi.

Sementara yang optional tourpackage dibanderol dari harga Rp 564 ribu untuk satu wisata. Wah, harganya bersaing dengan agen travel lainnya. Untuk selengkapnya bisa langsung cek ke website H.I.S Travel.

Oiya, tak hanya lengkap,  H.I.S Travel juga memiliki network yang luas. Keuntungannya tentu saja akan memberikan kepuasan di setiap objek wisata yang dikunjungi. Pasalnya, H.I.S Travel memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan saya dengan adanya jaringan 147 perusahaan di dunia dan 272 cabang di Jepang.

Dengan jaringan global, H.I.S Travel akan memberikan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga saya kembali. Kan ada tuh sudah ikut travel agen ternyata kita bisa terlunta-lunta di negeri orang. Waduh, jangan sampai deh ya.

Dengan begini, tentu H.I.S Travel memberikan servis yang memuaskan untuk traveler. Dengan call center yang ramah, kita bisa bertanya dan berkonsultasi mengenai perjalanan yang akan dilakukan.

Tak hanya itu, H.I.S Travel juga memiliki keunggulan dalam menangani tur individu. H.I.S Travel dapat mengabulkan tur sesuai keinginan pelanggan. Mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil hingga urusan pembuatan visa. Wah, enak banget ya, kita ngga perlu repot. Tinggal kasih data lengkap, H.I.S Travel membantu mengurus visa kita. Cool...!!

Ada lagi, H.I.S Travel memiliki keunggulan dalam perjalanan ke Jepang. Tersedia 272 cabang di Jepang yang dapat menjamin kenyamanan berlibur saya. Bahkan, H.I.S dapat mengatur last minute booking dan mempermudah urusan visa Jepang.

Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung ke webnya H.I.S Travel di sini atau langsung meluncur ke Facebook-nya di sini.

Ahh, sepertinya saya harus buru-buru packing ambil koper, rencanakan liburan musim panas ke Sydney Australia dan bermanja-manja dengan kangguru dan koala di sana. Cuss yuuukkk...

Sumber tulisan: 
http://his-travel.co.id/
http://his-travel.co.id/australia
http://www.sydneyoperahouse.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Opera_Sydney
https://id.wikipedia.org/wiki/Sydney
http://www.australia.com/
http://www.travelingprecils.com/2011/06/tips-mengajukan-visa-turis-australia.html
https://backpackology.me/2012/11/14/berkeliling-sydney-dengan-angkutan-umum/
  

Subscribe to receive free email updates:

64 Responses to "10 Tempat Liburan Musim Panas Impian di Sydney Australia"

  1. Oh Myyy...komplit banget Mbaaa. Juarak!
    Itu yang pahlova sering ya buat chalenge di Master Chef, hihi.
    Gudlak yaaa buat lombanya :*

    BalasHapus
  2. Australia di musim panas indah sekali ya mbak. Dan destinasinya juga banyak belum lagi kuliner yang bisa dijelajahi. Memang patutlah banyak orang berangan bisa berwisata ke Australia :)

    BalasHapus
  3. Hiks jd mupeng mau k sana mba... mdh2an suatu saat bs y^^

    BalasHapus
  4. Wah lengkap banget mba info tentang liburan ke Australianya, jadi pengen visit semua yang mba tulis disini semuanya :)

    BalasHapus
  5. Steak kanguru, gimana rasanya? Aku pas makan malah bisa-bisa bayangin kanguru yang imut itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak2 challenging jg makannya ya mba..lucu bgitu

      Hapus
  6. Sydney emang menggiurkan, semoga saja kali ini aku dapat kesempatan keliling Sydney setelah Perth. Amin.

    BalasHapus
  7. Haseek..ini komplit banget ulasannya, sampe ada monorel, ahh jadi kepengen naik monorel eeaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monorel bandung ada sebentar lagi hehe

      Hapus
  8. Aussiee... im coming!!

    Btw keren bgt mba tulisannya. Suka takjub sm yg bikin tulisan.. pdhl sblmny belum pernah menjajaki tp kyk udh pernah aja. good luck mba ;)

    BalasHapus
  9. Pengen banget ke Australia tapi sampai sekarang belum terwujud. Sukses lombanya ya mba

    BalasHapus
  10. Lengkap banget mbaaakkk artikelnya :D
    Sydneeeyyy huwaaaa pengen banget ke sana. Ada teman baik yg nikah ma bule dan tinggal di sana skrng. Moga bisa berkesempatan ke Sydney jg.

    BalasHapus
  11. Aaaak... Lamingtooooon! *lap iler*

    Keren artikelnya ih. Lengkap kap! Serasa punya guide dengan baca artikel ini. Juara deh!

    Good luck!

    BalasHapus
  12. Semoga segera kesampaian ke Sidney mba. Aku jg pingin iihh

    BalasHapus
  13. duh yampun serasa ikut jalan2 dan makan2...bikin mupeng.
    semoga sukses ya mbaa

    BalasHapus
  14. OMG ini kumplit banget sih! Menang lah mbak menang! Good luck ya mbak semoga bisa nulis namaku di Aussie :)

    BalasHapus
  15. Lengkap banget! Jadi pengen saya juga hahaha...
    Padahal dari Cianjur, ke Australia itu dekat. Tinggal nyebrang aja 😋 berenang juga kayanya bisa teruuus aja ke selatan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya teh cuma 3jam aja tapi kok susah k sana ya hehe

      Hapus
    2. Hihi, sebenarnya berenang juga cepet sampai kok
      sampai ke Rumas Sakit, maksudnya hahaha...

      Hapus
  16. super lengkap mba... cuma ada doa di hati saya.... semoga suatu saat bisa menginjakkan kaki disana..aamiiin..

    good luck mba.

    BalasHapus
  17. Australia ini selalu bikin aku mimpi pengen kesana, beberapa teman yg stay disana kerap sekali share mengenai kota yang sangat indah, mudah2an ada kesempatan bisa kesana :)

    BalasHapus
  18. Wuih, komplit banget nih ulasannya tentang Sydney. Dan tempatnya bagus banget ya ternyata. Aku tahunya cuma Opera House itu aja, ternyata masih banyak tempat lain di sana yang cantik dan layak dikunjungi. Aku kayanya bakal suka banget diajak jalan-jalan ke The Rocks itu. Suasananya itu so jadul banget. Tapi siapa ya yang mau ngajakin jalan-jalan ke Sydney? Hehehehe...

    BalasHapus
  19. Kalo rezeki g kmana mas insya allah

    BalasHapus
  20. Informasinya lengkap banget, semoga suatu hari kelak bisa ke Australia ya, aamin

    BalasHapus
  21. Aseeek, itu ngeces banget liat kulinerannya. Ahaha *dasarbumil 😅

    BalasHapus
  22. Aih blm pernah ke luar negeri.Liat keindahan ostrelia bikin mupeng apalagi liat menu kulinernya.Vegimite tadi tak bayangin rasanya kayak makan pare.hahaha

    BalasHapus
  23. wuhuu... tep mantep. Jadi ngiler pengen ke Australia juga. Mba Lingga nanti kalau berjodoh ke sana, doakan aku bisa sampai Sydney juga ya. hihii. sukses mba lombanya.

    BalasHapus
  24. Wah selalu keren dan lengkap tulisannya.. Menang menang menang yah, mbak!!

    BalasHapus
  25. Buatku liburan ke Sydney itu liburan mewah banget dech... hehe, ya kan? pemandangannya keren keren. Banyak tempat tempat indah.

    BalasHapus
  26. Wihhh lengkap ya reviewnya..berguna nih kalau nanti pas di canberra bosen, langsung cus ke sydney..thanks infonya

    BalasHapus
  27. Komplit bangettt, udah siap ajak Arfa dan Sid ke Oz nih *Eh
    Btw temanku abis share foto naik ke Sydney Harbour Bridge, huhu...mupeng!

    BalasHapus
  28. Selamat mba..review-nya lengkap banget

    BalasHapus
  29. wah selamat ya kakak menang lomba. eh itu vegemite masuk nominasi makanan khas ternyata. masi ingat taun kmren ada keluarga baru selesai kuliah di aussie bawain vegemite sebagai oleh2. aduh trauma ama rasanya. bingung juga kenapa mereka bisa suka 😂

    BalasHapus
  30. Kerennya mbaaaaaa :)
    Selamaat ya, sudah JUARA
    Hepi halan-halan

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  31. lingling..masyaallah ling kereeeeen..

    BalasHapus
  32. Wahhh, selamat mba... dan salam kenal dari saya, bloger yg masih hijau.. :)

    BalasHapus
  33. congratulation! saya pemenang kompetisi sebelumnya. selamat jalan-jalan :)

    BalasHapus
  34. keren banget mba tempatnya dan makananya

    BalasHapus
  35. waah selamat ya mbaknyaaa.. doakan aku tahun berikutnya aku menang :D *ngayal dulu

    BalasHapus
  36. Wuaduuuh makanannya itu menggoda bangeeeet *lap iler :D
    Selamat ya mba.

    BalasHapus
  37. Liatnya mupeng banget.. Pengen icip makanan2nya dan foto2 juga. Makasih referensinya mbaa, nanti ga bingung deh klo ke sydney mesti kemana aja :D

    BalasHapus
  38. pingin juga liburan ke sydney ni

    BalasHapus
  39. Aaaaak banyak yang seru ya di sidney! Semoga kalo nggak tahun ini atau tahun depan bisa mneginjakkan kaki ke sidney bareng keluarga ah! Aaamiin. Makasi indonya ya mbaaaak

    BalasHapus
  40. Lengkap banget mbaa infonyaaa.. Ini mah tinggal siapin koper aja buat jalan ke Sydney! ;p

    BalasHapus
  41. kapan ya bisa jalan2 ke Australia

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)