Dunia Lingga

Berbagi Pelukan Penuh Cinta Bersama Mamypoko Love Touch di Pokojang Land

mamypokolovetouch pokojang land

Nancy Mattews harus ikhlas menerima keadaan anaknya yang cacat. Ia tak berkecil hati. Justru ia memberi kehangatan, pelukan dan bimbingan kepada anaknya yang tuli. Keterbatasan si anak justru menjadi pemacu Nancy untuk lebih mencintai dan membantu sang anak.

Dengan tekad bulat dan kasih sayang yang tak pernah putus, Nancy terus memberi kenyamanan pada anaknya. Ia tak kuat jika sang anak harus mengikuti pendidikan formal dan di-bully oleh teman dan guru anaknya.

Ia sendiri akhirnya mengajarkan sang anak cara membaca, menulis hingga sains. Tentu dengan cara yang membangkitkan percaya diri sang anak. Nancy terus mendukungnya, memeluknya hingga sang anak menjadi tokoh dunia.

Siapa dia? Dialah si pemilik 1.093 paten mulai dari bola lampu listrik, kamera film hingga gramofon. Dialah si tuli yang menjadi penemu terbesar di dunia, Thomas Alva Edison. Dengan perlindungan dan kehangatan seorang ibu, Edison kecil bisa menjadi tokoh besar yang berpengaruh.

Tak hanya Nancy. Banyak tokoh besar yang lahir karena kehangatan dan pelukan seorang ibu. Siti Aminah, ibunda Nabi Muhammad misalnya. Membesarkan Muhammad sendiri karena sang suami Abdullah meninggal saat Muhammad masih dalam kandungan. Aminah yang kerap memeluk Muhammad dan memberi kasih sayang, pada akhirnya menjadikan anaknya pribadi yang penuh kasih sayang terhadap anak-anak.

Masih banyak ibu-ibu lain yang memberikan kehangatan kepada anak-anaknya meski memiliki tantangan tersendiri dalam kehidupannya. Apa termasuk salah satunya adalah kita?

mamypokolovetouch pokojang land


Bicara mengenai kehangatan ibu, pelukan adalah salah satu bagian terhadap tumbuh kembang anak. Seperti yang dilakukan oleh Nancy Mattews yang tak henti mendukung anak, bagaimana dengan kita? Sudahkah memeluk anak-anak kita hari ini?

Sayangnya, meski pelukan terbilang sangat mudah, namun tidak semua orang tua terbiasa memeluk anak. Mungkin ada yang menjawab sudah, ada yang juga menjawab buat apa, toh sudah besar? Padahal, anak-anak kita adalah cerminan diri kita. Jika kita tidak membiasakan memberi pelukan sejak anak-anak masih kecil, jangan protes jika nanti dewasa mereka tidak nyaman jika kita peluk. 

Sahabat, pernah membaca buku The Miracle of Hug? Buku tersebut menyebut, pelukan sangat bermanfaat untuk memberi letupan oksitosin ke anak. Hormon inilah yang dapat memicu rasa cinta dan rileks pada manusia. Bahkan, hormon ini dapat mengurangi zat derifat glutamat yang berbahaya di otak. Zat ini dapat menimbulkan perilaku tak terkendali pada manusia. 

Dengan penelitian-penelitian ini dan tentunya bagaimana ibu-ibu tokoh besar dunia memberi sejuta pelukan untuk anak, saya jadi selalu pengen peluk-peluk si kecil Arfa, hehe..

Sudahkah  memeluk anak-anak kita hari ini?
Ketika kita enggan memeluk, kita akan menghasilkan anak yang jarang memeluk dan tak tak mengenal kasih. Jangan malu atau terkesan tidak gagah, karena memeluk tak akan mengurangi kekaguman anak terhadap orang tuanya.

Sudahkah  memeluk anak-anak kita hari ini
Ketika kita sibuk akan dunia kita, sibuk dengan gadget dan pekerjaan kita, anak menunggu pelukan ayah untuk menjadi pribadi tangguh. Anak sedang menunggu pelukan ibu untuk menjadi pribadi penuh kasih. Anak tidak menunggu kita membelikannya mainan, menyekolahkan ke sekolah terbaik, serta ucapan kata-kata. Anak butuh pelukan kita. 

Betapa luar biasanya arti sebuah pelukan. Bahkan, seorang artis kenamaan Hollywood, Drew Barrymore berharap dia adalah seekor gurita. Mempunyai banyak tentakel yang dapat memeluk sepuluh orang dalam satu waktu. I love hugging.  I wish I was an octopus, so I could hug ten people at a time. Baginya, pelukan adalah obat, obat yang selalu menghangatkan hati.

Lantas, apa sih manfaat mendalam pelukan sebenarnya? Berikut ini manfaat pelukan yang saya kutip dari  Talkshow Blogger Gathering 'Mamypoko Berbagi Pelukan Cinta untuk Kulit Lembut Balita Indonesia' di Central Park, Jakbar, 22 September lalu yang saya hadiri.

mamypokolovetouch pokojang land
Sumber background gambar disini
1. Pelukan meningkatkan rasa nyaman dan bahagia
Studi Unicharm Jepang dan Profesor Hideki Ohira dari Nagoya University of Japan menyebut, pelukan dan sentuhan ibu terhadap bayi usia dini dapat memberikan perasaan nyaman dan perasaan bahagia baik terhadap ibu dan juga anak.

Studi ini membandingkan pelukan ibu kepada bayi dengan bernapas normal dan dengan bernapas dalam-dalam. Saat ibu bernapas dalam dan intens, terjadi penurunan interval denyut jantung yang menimbulkan peningkatan rasa tenang dan rileks hingga tiga kali lipat dibanding saat ibu bernapas biasa.

Bagaimana efek pelukan menurut studi ini? Rupanya, efek nyaman dan bahagia yang timbul meningkat menjadi 106 persen dibanding dengan kondisi sebelum berpelukan.

2.Pelukan meredam demam dan nyeri
Sebuah pelukan dapat menyembuhkan sakit pada anak. Pelukan dan sentuhan ibu melepaskan hormon oksitosin yang bisa mengurangi rasa sakit. Inilah yang diungkap Laura Basuki dalam talkshow tersebut.

Laura kerap kali memberi sentuhan pada anak, terlebih saat sang anak, Owen sakit. Menurut Laura, pelukan menjadi obat mujarabnya untuk menurunkan demam anak. Saat itu, ungkap dia, anaknya demam mencapai 38,5 derajat Celcius. Ketika diberi pelukan skin to skin, panas Owen berangsur-angsur menurun menjadi 37,5 derajat Celcius. Untuk itu, menurut dia, pelukan sangat penting dan sentuhan ibu kepada bayi sangat berdampak terhadap anak.  

3. Pelukan menambah rasa percaya diri anak
Mulai dari lahir, sentuhan dan pelukan keluarga menunjukkan bahwa kita dicintai. Bahwa kita spesial. Begitu pula seharusnya terhadap anak-anak kita. Dengan memeluk anak, anak akan merasa dicintai sehingga percaya dirinya meningkat. Menurut Laura, dengan kerap memeluk anaknya Owen, Owen justru terlihat lebih percaya diri. "Banyak yang bilang anak sering dipeluk nanti bau tangan. Justru anakku sering aku peluk malah semakin percaya diri,"kata Laura.

4. Pelukan membuat anak lebih mandiri
Sesibuk apapun orang tua bekerja, anak membutuhkan perhatian dari orang tuanya. Dengan memeluk anak, kita mengajarkan ia untuk mandiri. Memeluk mengajarkannya untuk menjadi pribadi tangguh.

5. Pelukan berdampak pada kondisi kulit yang lebih sehat
Wah, saya baru tahu ternyata, dengan memeluk kondisi kulit akan menjadi lebih sehat. Menurut Penasihat Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia yang juga Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) tahun 2011, dr. Titi Lestari Sugito, Sp.KK (K), pelukan berdampak pada kondisi kulit.

Menurutnya, kulit adalah cerminan dari semua respons dari dalam tubuh. Respons psikis akan tercermin di kulit. Jika psikis sehat, kulit pun akan sehat. Ia juga menjelaskan, pada kulit terdapat banyak saraf sensorik. 

Sehingga, sentuhan pada kulit akan memberikan rangsangan secara psikologis kepada anak. Sentuhan akan membuat anak merasa disayang. Dengan love touch, saraf sensoris kulit akan merangsang efek psikologis pada anak yang nantinya akan tercermin kembali ke kulit. Bayi dan anak yang nyaman, aman dan merasa disayang tampak melalui kulit. Tandanya kulit akan sehat, berseri, cerah, bersih, tidak kusam, tidak pucat, lembut saat disentuh, kenyal, halus dan tidak bersisik.

Sehat dan Bahagia dengan Memilih Popok yang Tepat


Selain melalui pelukan dan sentuhan, anak yang sehat dan bahagia juga bisa didapatkan dari perawatan kulit yang tepat. Menjaga kebersihan kulit bayi menjadi penting agar bayi merasa nyaman dan damai. Untuk itu, sebagai orang tua, kita harus selalu menjaga kebersihan bayi. Mulai dari cara memandikan bayi yang baik dan benar, memproteksinya dengan skincare dan selalu membersihkan kamar bayi dengan rutin.

Selain itu, menurut dr Titi, hal utama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan popok sekali pakai. Memilih popok sekali pakai yang memeluk lembut di kulit juga salah satu cara orang tua memberi kenyamanan dan kebahagiaan bagi si kecil. Faktor penting dalam pemilihan popok adalah untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan terlindung dari risiko iritasi.

mamypokolovetouch pokojang land
Sumber background gambar disini
Menurut dr Titi, kesalahan para orang tua mengenai cara pemakaian popok bisa menimbulkan iritasi dan ruam pada kulit bayi. Popok yang menimbulkan ruam dikarenakan orang tua tidak memperkirakan daya tampung popok tersebut.

"Jangan sampai, pipis anak melebihi daya tampung popok, karena inilah yang menyebabkan iritasi dan ruam pada kulit,"kata dr Titi.

Untuk itu, kata dia, orang tua perlu memilih popok yang memiliki daya tampung yang bagus. Selain itu, pilih bahan popok sekali pakai yang lembut dan tidak ketat. Agar anak tak iritasi kulit, selalu mengganti popok sesuai daya tampung. Karena semakin lama kontak kulit dengan feses dan air seni maka akan terjadi ruam popok.

Berbagi Pelukan Penuh Cinta di Mamypokolovetouch

talkshow mamypokolovetouch ada laura basuki dr titi yayasan sayap ibu dan perwakilan dari mamypoko
Talkshow Mamypoko Love Touch 22 September 2016
Di talkshow Mamypokolovetouch 22 September lalu, Laura Basuki, tak khawatir akan penggunaan popok sekali pakai sang anak, Owen. Bahkan, Owen bisa 12 jam semalaman tidak diganti popoknya. Kenapa? Wah kok Laura malas banget mengganti popok, pikir saya.

Ternyata oh ternyata, Laura memakaikan popok Mamypoko kepada anaknya. Laura merasa sang anak cocok memakai popok tersebut. Diakui Laura yang tinggi semampai ini, popok Mamypoko lembut dan memiliki daya tampung maksimal. Sehingga, dipakai semalaman pun tak masalah. 

Laura menggunakan Mamypoko Pants Extra Soft yang lembut  dan tidak mudah bocor. Mamypoko Extrasoft bisa tahan selama 12 jam disertai dengan karetnya yang lentur dan bahan yang lembut. Pantas saja si Owen nyenyak tidurnya ya Mba Laura..Hehe. Anak nyenyak tidur, ibunya pun ikutan terlelap.


Nggak percaya dengan daya serap Mamypoko yang keren ini, saya menyaksikan demo-nya secara langsung. Sebanyak 200 ml cairan berwarna biru dituang ke popok. Dah tadaa...selama 30 detik cairan sudah meresap dan permukaan popok benar-benar kering. Berikut ini video bagaimana Mamypoko Extrasoft dengan cepat menyerap air. 

Mengamini apa yang dikatakan Laura Basuki, Senior Brand Manager PT Unicharm Indonesia, Irma Dwi Oktaviani mengungkap, Mamypoko memberikan yang terbaik untuk anak. Mamypoko, ungkap dia, memahami betapa pentingnya pelukan lembut untuk si kecil. Dengan bahan selembut kapas dan disertai teknologi mumpuni, Mamypoko memberikan sentuhan cinta sekaligus memeluk lembut si kecil.

Untuk memahami pentingnya kelembutan bagi si kecil, untuk itu Mamypoko mengadakan kegiatan Mamypokolovetouch mulai 22-25 September 2016 baik online dan offline sebagai bentuk perayaan dan ungkapan cinta untuk bayi Indonesia. Rangkaian kegiatan ini yakni talkshow, donasi popok kepada Yayasan Sayap Ibu, dan arena bermain dan aktivitas anak di Pokojang Land.

pokojang hug meter di pokojang land
Kami berdua ikut memeluk Pokojang Hug Meter. 1 pelukan = 1 popok
Mamypoko mengajak kita para orang tua berbagi pelukan cinta kepada yatim piatu melalui Mamypoko. Dalam Mamypokolovetouch, dengan mengumpulkan ribuan foto pelukan cinta bertagar #mamypokolovetouch, nantinya akan dihitung sebagai jumlah popok yang akan disumbangkan ke panti asuhan Yayasan Sayap Ibu.

Gak mau ketinggalan, saya bersama si kecil Arfa ikut berdonasi dengan memeluk Pokojang Hug Meter. Nantinya, jumlah donasi ribuan foto pelukan cinta ini akan diakumulasi dengan jumlah pelukan di Pokojang Hug Meter ini. Entah berapa kali kami memeluk si Pokojang, karena satu pelukan satu popok untuk anak yatim di Yayasan Sayap Ibu.

1 pelukan= 1 popok, ayo peluuuuk :)
Sebagai Ketua Yayasan Sayap Ibu, Tjondrowati Subiyanto, pihaknya sangat mengapresiasi donasi yang diberikan Mamypoko. Berdasarkan pengalamannya mengasuh puluhan anak yatim, kebutuhan akan popok sekali pakai sangat tinggi. Semoga, ungkap dia, donasi popok ini dapat memberi kebahagiaan untuk anak yatim di yayasannya.

Selain dapat membeli produk Mamypoko, di Pokojand Land juga disediakan ruang ganti popok
Selain dapat membeli produk Mamypoko, di Pokojand Land juga disediakan ruang ganti popok

Kegiatan Mamypokolovetouch ini diharapkan dapat mengajak keluarga kembali menghadirkan cinta lewat pelukan. Presiden Direktur PT Unicharm Indonesia Masaaki Takahashi juga berharap kegiatan ini dapat menginspirasi keluarga Indonesia. Aya peluk anak-anak kita bu, abadikan dan donasi hingga 25 September mendatang :) Info lebih lanjut bisa ke sosial media twitter dan Facebook dengan hastag #mamypokolovetouch dan juga di www.mamypokolovetouch.com

Setelah talkshow berakhir, para blogger tak  lupa foto-foto dulu :)
Mba Laura tinggi semampai bangeet ya :)


Keseruan Bermain di Pokojang Land
Selain dapat membeli produk Mamypoko, di Pokojand Land juga disediakan arena bermain
Asyiknya bermain mandi bola-bola lembut

Lepas talkshow, ini waktunya Arfa untuk menjelajah Pokojang Land. Wah, anak ini sudah exited duluan melihat beragam permainan penuh kelembutan di area Pokojang Land. Arfa senang sekali bermain perosotan dan langsung nyebur mandi bola berbentuk hati. Wah, disuruh keluar juga dia masih terlihat betah.

Pokojand Land arena bermain
Horee..jembatannya bisa mengeluarkan musik
Oiya Arfa juga bermain di Jembatan Musik Pokojang. Ia sempat aneh, kok setiap kali diinjak, jembatannya mengeluarkan musik? Sempat aneh, lama-lama Arfa keasyikan juga mondar-mandir sana sini di Jembatan Musik Pokojang.

Tak sampai situ, Arfa juga bermain bouncer,  trampolin, kuda-kudaan, perosotan dan makan cotton candy berwarna warni. Jangan lupa untuk berfoto narsis di photobooth Pokojang Land. Setiap pembelian Mamypoko senilai Rp150 ribu, kita bisa narsis di photobooth dan mendapatkan cotton candy dan juga balon. Wah, makin seneng aja Arfa.

Selain dapat membeli produk Mamypoko, di Pokojand Land juga disediakan ruang ganti popok
Serunya bermain di Pokojang Land
Bagaimana keseruan Arfa bermain di Pokojang Land? Berikut videonya.



Bagaimana sahabat, seru banget ya. Ayo meluncur bersama anak-anak karena masih berlangsung sampai 25 September 2016 di Central Park Jakarta Barat. Nanti, ada lomba model balita Mom and Me Love Touch Hunt kategori usia anak 0-4 tahun, lomba mewarnai usia anak 2-4 tahun, menari bersama pokojang dan pertunjukkan boneka Pokojang. Yuk, menghabiskan akhir pekan di sini. Selain seru, juga bisa beramal.

Mamypoko, Selembut Pelukan Ibu

Mamypoko dengan segala inovasi produknya memenuhi kebutuhan ibu dan bayi demi memberi perlindungan lembut di kulit si kecil. Selembut pelukan ibu. Berbagi kelembutan sentuhan cinta ini saya rasa sukses dipromosikan oleh Mamypoko.

Tak salah memang memilih Mamypoko sebagai popok anak saya, karena kelembutan dan daya tampung yang banyak pada popok. Di Indonesia sendiri, Mamypoko menduduki posisi pertama penjualan popok bayi dengan market share 64,5 persen. Posisi ini memang patut diraih Mamypoko ya, karena kualitasnya yang bagus.

Tak hanya memberikan kualitas, Mamypoko juga kerap memberikan promo. Salah satu promonya adalah Pokojang Poin Program. Bagaimana caranya? Caranya dengan mendaftarkan kode unik di dalam kemasan Mamypoko Pants Extra Soft di www.mamypoko.com. Banyak hadiah menanti loh, mulai dari boneka pokojang, selimut, tas, guling dan lainnya.  

Selain dapat membeli produk Mamypoko, di Pokojand Land juga disediakan ruang ganti popok
Fotobooth di Pokojang Land, peluk anaak yuuk
“We need four hugs a day for survival. We need eight hugs a day for maintenance. We need twelve hugs a day for growth.” Sudahkah memeluk anak-anak hari ini? Pelukan penuh cinta bersama Mamypoko.


Sumber tulisan:
www.mamypoko.com
www.mamypokolovetouch.com

*tulisan ini disertakan dalam lomba blog Mamypoko Berbagi PElukan Cinta untuk Kulit Lembut Balita Indonesia oleh Blogger Crony dan Mamypoko


Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Berbagi Pelukan Penuh Cinta Bersama Mamypoko Love Touch di Pokojang Land"

  1. Artikel yang sangat komplit, terus bicara ya Bubu

    ReplyDelete
  2. Hal yang paling mudah di lakukan ya pelukan ya, tapi susah juga tergantung kebiasaan. Mulai membiasakan diri memberikan pelukan semenjak punya anak dr kecil sampai anak smp sekarang, Dan memang ruaar biasa rasanya terutama memberikan kenyamanan.

    Yuk ahh berpelukan *ehh (teletubbies mode on) :D

    ReplyDelete
  3. Popok ini bisa membuat nyaman dedek bayi ya mbak

    ReplyDelete
  4. serunyaaa. aku juga suka banget peluk anakku. dianya pun demikian, kalau ada apa2 langsung peluk

    ReplyDelete
  5. aku meluk siapa dong Mba, hahahhah
    peluk ibu aja ya, karena masih single :D

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata manfaat pelukan tak hanya rasa sayang dan kenyamanan tapi lebih dari itu.
    Makasih sharingnya Mba.

    ReplyDelete
  7. Arfa senang banget di Pokojang Land. Banyak mainan yaa bikin anak betah

    ReplyDelete
  8. Ya mbak, saya juga percaya, pelukan bisa menyehatkan dan katanya bisa menghilangkan stres. Maka dari itu, saya selalu memeluk anak saya setiap pagi, ketika mereka mau berangkat ke sekolah.

    ReplyDelete
  9. Pelukan adalah kegiatan favorit kami di rumah. Efeknya memang luar biasa...

    ReplyDelete
  10. wah... ternyata pelukan, meski terlihat sepele punya banyak manfaat ya buat si kecil.. Peluk Bintang dan Zizi lagi ah mumpung dua2nya masih seger...

    Si abang seneng banget meluk pokojangnya.. :-)

    ReplyDelete
  11. Ngomong - ngomong soal pelukan, jangan kan bayi, aku aja yg udah gede masih suka dipeluk ahahah

    ReplyDelete
  12. Popok favorit sjak punya baby dulu mbk😊emang saya sering membiasakan memeluk hangat anak2 di tiap kesempatan.sukses untuk kontesnya mbk (@cputriarty)

    ReplyDelete
  13. Pelukan memang menentramkan yaa. Menguatkan juga. Bikin jadi lebih percaya diri

    ReplyDelete
  14. Wuiih, manfaat pelukan ternyata banyak banget ya. Aku sendiri aja paling suka nempel-nempel ke ibu minta dipeluk. Emang nyaman, rasanya tenang

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)