Dunia Lingga

Pesta Anak Rumah Dunia 8

Anak belajar menghargai jika ia tumbuh dalam asuhan kasih sayang
Anak belajar melawan jika ia tumbuh dalam penindasan
Anak menjadikan kekerasan sebagai jalan keluar persoalan jika ia tumbuh
dalam alam peperangan
Anak belajar disiplin jika ia hidup dalam batasan-batasan


Masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah. Setidaknya itulah yang pernah saya rasakan. Tidak ada yang terkenang dengan lekatnya selain dunia anak-anak. Orang-orang dewasa selalu mengenang masa kanak-kanak mereka. Permainan, imajinasi, selalu ingin tahu, tidak mempunyai beban hidup, menjadikan dunia kanak-kanak kenangan yang indah.
Namun kini, era globalisasi yang berkembang dengan pesatnya membuat dunia kanak-kanak semakin berubah. Para ahli psikologi menyatakan bahwa era kanak-kanak pada saat ini dalam tahap keruntuhan dan akan menjadi sejarah saja. Di masa mendatang, kenangan manis itu akan tersapu oleh derasnya arus globalisasi yang tidak tersaring.
Dewasa ini, media massa dengan berbagai macam program yang disajikan, tidak memisahkan antara dunia kanak-kanak dan dewasa. Tembok pemisah yang seharusnya masih kokoh, mulai runtuh dengan cepatnya. Dengan kata lain, anak-anak telah dibebaskan melihat, mendengar sesuatu yang tidak seharusnya diterima oleh anak-anak seusia mereka.
Maka dari itu, diperlukan partisipasi dari seluruh stake holder dalam mendidik anak, karena anak adalah calon penerus bangsa ini. Tidak usahlah berjauh-jauh untuk bermimpi, mulai dari hal kecil dan mulai dari saat ini. Itulah yang saya lihat dalam pustakaloka Rumah Dunia. Sanggar garapan Gola Gong ini untuk ke delapan kalinya menyelenggarakan Pesta Anak Rumah Dunia. Pesta anak ini meliputi anak-anak sekitar Banten khususnya sekitar kawasan Rumah Dunia. Perlombaan baik berupa lomba melukis, menulis, menyanyi, mc dan acting diikuti oleh sebagian besar anak-anak.
Lucunya adalah saat mereka maju untuk tampil di panggung. baik pengamen jalanan sampai anak-anak kawasan RUmah Dunia semua senang...semua gembira (apalagi ketika pembagian hadiah).
Saya melihat dari dekat, anak-anak tersebut sungguh kreatif, mereka berani tampil, mereka dilatih untuk berani maju di depan umum. Sepertinya tidak ada rasa malu dalam benak mereka. Begitu bangganya dengan mereka...begitu salutnya saya melihat perjuangan pendiri Rumah Dunia dalam rangka mengembangkan potensi Banten. Tak lupa pula saya melihat semangat dari para relawan Rumah Dunia yang senantiasa mencurahkan pikiran dan tenaga agar anak-anak Banten dapat maju. Saya pun akhirnya berpikir...."Saya akan berbuat sama seperi mereka"......Come on teman-teman...kita wujudkan mimpi itu...


Duniaku dunia anak-anak...
tempat bermain berkumpul dan belajar....

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Pesta Anak Rumah Dunia 8"

  1. lingga, benar g efektifitas tidur bayi mempengaruhi perkembangan bayi?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)