Dunia Lingga

Sepucuk Doa untuk Kakak dan Calon Adiknya



Bubu melihatmu tertidur pulas. Lepas pulang dari taman bermain, Bubu dan Bapak mengajakmu membeli baju Shiva, yang entah dirapal olehmu berulang kali. "Arfa mau baju Shivaa.."rengeknya.

Padahal dia sudah punya satu. Tapi minta lagi. Entah apa yang ada di imajinya. Setelah demam Spiderman, Ultraman, Boboiboy, Tayo hingga sekarang Shiva. Mungkin sekarang dia tidak ingin dipanggil anak kecil lagi. Jangan panggil aku anak kecil lagi, Bubu..panggil aku..Arfa...haha

Anak Bubu yang kalau bangun pagi selalu bertanya, "Bubu mau apa?" ketika ibunya sedang memasak di dapur. Bubu benarkan perkataan Arfa, mungkin maksudnya "Bubu lagi apa," ah iya, Arfa nyengir langsung mencari mainannya. Mainan robot, ultraman, boneka spiderman murah meriah. Justru yang paling awet dimainkan setelah mainan mahal lainnya hancur entah kemana.

Si anak pertama yang mencuri hati Bubu. Si anak dengan berat 4.3kg saat dilahirkan yang sempat membuat ibunya trauma melahirkan kembali. Si anak yang punya satu lesung pipi karena entah kebetulan atau tidak, ibunya saat hamil sempat berkata, "Ya Allah..calon anakku punya lesung pipi kayak Afgan ya Allah..satuu aja..". Eh benar saja Allah kabulkan.

Arfa yang selain mencuri hati, sekaligus membuat Bubu menjadi tambah galak dan cerewet menghadapi anak tiga tahun ini. Anak pertama yang Bubu tak tahu harus bagaimana menghadapinya meski ilmu parenting kerap dibaca dan dipelajari. Nyatanya mempunyai anak itu berat, tak semudah tulisan Elly Risman.

Diusap-usap perut ibunya yang membuncit ketika terlihat kelelahan. Bahkan perhatiannya terkadang membuat ibunya kerepotan. Mau bantuin ngepel, bantuin nyuci piring, angkat jemuran, dan masak. Ia ingin selalu terlibat dan menolong ibunya. Semuanya jelas berakhir tragis. 

Ngepel dan mencuci piring berakhir air berhamburan kemana-mana. Namun ia senang, "Yeaay aku bisa main air" pikirnya mungkin. Sementara di seberang sana, si ibu mulai memperlihatkan taring dan aungannya. Tak sadar bahwa si anak belum mengerti. Tak sadar bahwa yang dilakukannya itu malah salah satu bentuk belajar.

Akhirnya, kemarahan yang ada dan penyesalan di akhir. Melihatmu tertidur sambil menangis, Bubu jadi semakin merasa ibu terburuk sedunia. Ibu dengan sumbu paling pendek sedunia. Di saat orang tua lain mungkin memperlakukan anak layaknya intan permata. Atau layaknya titipan yang harus dijaga. Bubu hanya bisa membatin, betapa buruknya perlakuan Bubu terhadap Arfa. 

Tapi anehnya, engkau datang lagi dan melupakan amarah Bubu. "Bubu..Arfa maaf ya,"katanya. Ya Allah nyess..padahal ibunya yang kerap marah, tapi Arfa yang meminta maaf terlebih dahulu. Sekejap pun Arfa lupa atas kemarahan ibunya dan bercanda lagi. Anak memang cepat lupa namun mungkin akan mempengaruhinya nanti dewasa. 

Entahlah, meski begitu Bubu tetap merapal doa untuk Arfa. Merapal doa juga untuk Bubu agar dikuatkan menjaga amanah dari Allah ini. Agar engkau menjadi anak yang lebih lebih lebiiih baik dari kedua orang tuanya. Lebih baik ilmu dan imannya. Dan lebih baik manfaatnya untuk orang sekitar nanti. 

Dan kini, Arfa yang sudah tiga tahun setengah ini, segera mempunyai adik. Mempunyai saudara yang kelak Bubu harap bisa saling menjaga dalam kebaikan. Teringat Arfa ingin terlibat melipat baju adik bayi, mengelus-elus perut ibunya, kadang kalau dia dibelikan sesuatu, Arfa langsung nyeletuk, " Buat dedek mana?"katanya.

Ah, Arfa yang statusnya akan berubah jadi kakak..Bubu tahu usiamu masih sangat muda. Banyak perhatian yang harusnya Bubu dan Bapa berikan padamu tapi nanti jelas akan terbagi. Namun Bubu yakin Arfa dan adik bisa saling berbagi cinta, berbagi asa, berbagi kekompakan.

Ah, Arfa..anak Bubu yang tak lama lagi menjadi kakak..meski Bubu kerap tak memerhatikanmu karena kelalaian Bubu, karena kesibukan Bubu melihat laptop atau lihat instagram, tapi cinta Arfa Bubu rasakan hingga haru dan berkaca. 

Kejahilanmu dan manjamu yang buat Bubu kadang hanya bisa menangis lepas di depanmu. Arfa yang banyak permintaan meski bisa dengan cepat dialihkan. Bubu mungkin bukan ibu yang sempurna untuk Arfa dan adik nanti. Tapi Bubu terus berusaha menjadi ibu yang lebih baik dari hari ke hari. Terima kasih ya telah memilih Bubu jadi ibunya Arfa...

Bubu selalu berdoa, tak putus-putus seperti doa orang tua Bubu kepada Bubu meski sudah sebesar ini. Robbi habli minassalihiin...jadikanlah anak-anak Bubu kelak anak yang shaleh..yang menjadi penyejuk hati kedua orang tuanya, agama dan bangsa. Aamiin...

Subscribe to receive free email updates:

14 Responses to "Sepucuk Doa untuk Kakak dan Calon Adiknya"

  1. Aamiin. Doa utk menjadikan anak2 soleh dan soleha selalu aku nyanyikam tiap haro utk anak2. Semoga ya mbaa, anak2 kita jd penyejuk hati selalu dan selamanya. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Amiin semoga bubu jadi anak qurotayun bagi orangtua. Jaga dan jangan suka berantem ya kalau adiknya lahir

    ReplyDelete
  3. Pasti terharu melihat betapa kakak sangat menantikan kehadiran sang adik. Anak baik

    ReplyDelete
  4. Soleh selalu ya kakak arfa...
    Btw Fahmi juga udah minta adik nih...
    Mohon doanya ya :)

    ReplyDelete
  5. Aamiin..
    Ah Arfa, jadi kaka yaa, pastinya seneng banget menantikan adeknya. Jangan berantem yaa

    ReplyDelete
  6. Amiin. Semoga jadi kakak yang baik untuk adiknya dan selalu akur ya hehehe. Semoga lancar ya mbak

    ReplyDelete
  7. Semoga lancar kehamilannya bunda dan selamat menjadi abang ya arfa shaleh ��

    ReplyDelete
  8. Semoga menjadi anak yang sholeh, sayapun turut mengamini ya :)

    ReplyDelete
  9. Pintar ya Arfa, semoga mnejadi kakak yang penyayang kelak untuk adiknya ya.

    ReplyDelete
  10. Saya juga turut mengamini ya mbak. Semoga menjadi permata hati kebanggaan orangtua ^^

    ReplyDelete
  11. Semoga menjadi anak yang baik dan Sholeh ya mba dan sayang SM adiknya. Aku lagi kefikiran mau tambah anak nih mba. Cuma belum yakin hehehe. Biar sekalian jadi temen buat rayyan

    ReplyDelete
  12. Aaamin, sehat sehat selalu ya kakak dan calon adek. Dulu gak kepikiran juga kepingin anak ada lesung pipitnya, heheheeee...

    ReplyDelete
  13. Amiin, semoga Arfa sehat selalu ya,jadi anak sholeh dan sayang pada adiknya

    ReplyDelete
  14. Berat lahirnya 4.3kg mba? Wow ^^ hebat ya dek.. sehat sehat selalu Amin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)