Dunia Lingga

Setahun Dunia Lingga dan Resolusinya



Jadi ceritanya dunialingga.com sudah memasuki usia satu tahun. Aihh masih bayi kecil yang baru belajar berjalan. Sebenarnya usia blog ini sudah lama, sejak zaman kuliah sekitar tahun 2008. Namun belum berniat untuk diseriusin. Boro-boro kepikiran untuk beli domain, dulu blog walking saja saya nggak mengerti istilah itu. Haha..katrok..

Blog ini dulu punya banyak nama. Mulai dari Catatan Dudul Lingga, Dunia Ling Ling, dan lainnya. Entah kenapa ganti-ganti mungkin karena masa ababil dulu haha..Isinya pun un-faedah banget. Mulai dari cerpen, curhat nggak jelas, sampai materi kuliah ditulis ke blog ini. 

Ketika diterima kerja di salah satu media nasional, praktis kehidupan ngeblog semakin jarang dilakukan. Untuk mengisi blog yang lumutan, biasanya saya memasukkan tulisan-tulisan feature saat jadi jurnalis ke blog ini. Ya ternyata ada juga sih yang baca. Kayak postingan tentang Iket Sunda ini nih..yang baca hampir 10 ribu. Padahal sih ya tulisannya begitu-begitu aja. Mungkin waktu itu belum banyak yang nulis tentang Iket Sunda. (Yang Lagi Ngetrend di Bandung: Iket Kepala Khas Sunda)

Nah, sejak memutuskan jadi ibu rumah tangga, saya kok merasa kesepian ya. Nulis jadi jarang, baca apalagi. Akhirnya saya aktifkan kembali blog ini. Terlebih melihat teman yang juga sudah berumah tangga masih aktif menulis dan berkreasi. Saya mulai menulis di blog dan ikut lomba-lomba blog. 

Sebenarnya sejak dulu saya sudah demen ikut kompetisi. Kenapa ya ikut lomba-lomba itu nagih banget. Nagih pas menang itu kepuasannya luar biasa. Pas kalah juga. Saya jadi belajar kekurangan tulisan saya dibanding tulisan-tulisan pemenang. Dulu sempat ikut beberapa lomba menulis jurnalis. Beberapa menang dan banyak kalahnya juga sih. Paling terkenang sih menang lomba Jamsostek Jabar Award dan yang ngasih penghargaannya Gubernur Jabar Kang Aher.

Nah, setelah memulai ikutan lomba blog dan menang salah satu lomba yang diadakan oleh Sunpride (Nutrisi Ramadhan Jadi Lengkap Bersama Sunpride), akhirnya saya mulai agak serius bangun blog ini. Suami juga mendukung banget aktivitas menulis saya ini. Bahkan salah satu kado ultah saya di akhir Agustus, suami belikan domain untuk saya. Tiba-tiba dia membelikan domain dengan alamat dunialingga.com.

Nama domain ini sebenarnya saya nggak sreg-sreg amat. Karena sudah banyak sekali blogger yang menambah embel-embel 'dunia' pada blognya. Tapi apalah daya, sudah dibelikan masa menolak. Hehe..akhirnya dipakailah nama domain ini sampai sekarang.

Lantas apa saja pencapaian Dunia Lingga setahun belakangan ini? 

Alhamdulillah, mungkin kalau dihitung-hitung Rupiah nilainya luar biasa menurut saya. Mulai dari menang lomba jalan-jalan ke Lampung Sunpride,  ke Raja Ampat, ke Hong Kong dan Macau, hingga handphone dan alat elektronik lainnya seperti kamera dan laptop. Job review dan content placement kadang-kadang juga mampir di blog ini. Meski nggak sering-sering amat khawatir nanti blognya kayak pasar hehe..


Tapi balik lagi, semua nggak bisa dihitung dengan materi sih. Dengan blog, teman jadi tambah banyak, tambah kenalan. Yang tadinya cuma liatin fesbuk, sekarang ikut nimbrung di grup komunitas blogger atau sekadar silent reader. Yang terpenting sih, banyak dapat ilmu dari teman-teman yang sudah malang melintang di dunia blogging.

Saya sekarang mikir, mau dibawa kemana blog gado-gado ini? Masih belum jelas arahnya mau dibawa kemana. Tulisan pun masih kebanyakan curhat dan lomba-lomba. Bingung mau ke jenis blog apa ini, apa parenting, travelling, edukasi atau apa?

Secara kalau dibilang traveller blogger, jalan-jalan juga nggak sering-sering amat. Jadi family blogger, ilmu parenting-nya masih cetek banget. Jadi blogger hunter lomba, juga nggak sering-sering amat menang lomba. Apalagi harus mengutak atik blog biar cantik dan ciamik seperti yang sedang ngetren saat ini. Apalah hamba ya Allah mengerti CMS aja baru setahun kebelakang ini... Apa ada yang punya saran blog ini harus dibawa kemana? Hahaa...

Sejauh ini sih saya menulis apa yang menjadi kegelisahan saya, apa yang menjadi pengalaman saya dan apa-apa yang pengen saya pamerin..wkwkwk..Jadi sampai detik ini sih bisa dibilang, blog ini belum jelas mau dibawa kemana.

Resolusi Dunia Lingga 

Yang jelas, sekarang belajar untuk lebih konsisten meski konsisten itu rupanya sangat sulit. Kalau melihat blogger lain yang rajin, pengen ikut rajin tapi apalah daya saya lebih banyak menghabiskan scrolling IG atau nonton drama Korea *penjahat blog nih* Mending drama yang saya tonton saya review dan tulis, nah ini, cuma ada di angan-angan.

Saya cuma blogger yang kesenengan banget pembacanya 15 ribu views sebulan ini, belum sekeren blogger-blogger lain yang seharinya 15 ribu views, bukan sebulannya sejumlah itu. Tapi ya semua kan perlu proses ya..bagaimana tulisan mau asik dibaca sementara posting pun jarang? Bagaimana tulisan bisa menggugah kalau belajar menulis dengan hati pun masih berkaca-kaca?

Kan semua ala bisa karena biasa ya. Berharap tulisan bagus tapi nggak pernah mau rajin menulis dan rajin membaca. Ini sih sebenarnya Pe-Er saya. Bagaimana membangun tulisan yang nggak cuma posting dan anggap angin lalu. Harapannya sih lebih banyak tulisan yang mampu menginspirasi banyak orang. Seenggaknya menjadi pengingat diri untuk lebih baik lagi.

Saya sih berharap, tulisan-tulisan ke depan bisa lebih baik lagi dan lebih banyak lagi yang membaca. Minimal viewers sebulan bisa naik dua kali lipat dari setahun belakangan, haha amiinin dooong,.hehe.

Kemudian, saya ingin lebih banyak menulis tentang keluarga dan jalan-jalan, semoga sih tetap istiqomah. Mungkin kalau blog ini sudah lebih baik, inginnya membuat blog lain yang punya niche khusus. Tapi, tunggu wangsit dulu mau bikin blog apaan ya..

Tak lupa juga, semoga Dunia Lingga semakin sering silaturahmi ke blog teman-teman dan mantengin tulisan-tulisan terbarunya.  Saya juga mau banyak belajar tentang desain template dan ngulik-ngulik cms-nya. Lihat saja, templatenya ya begitu, mau ganti yang baru tapi bingung diganti yang mana yang cocok, jadi dibiarkan saja kuno seperti ini, hahaa

Mungkin setahun ini, belum banyak yang saya karya hebat yang saya lahirkan dari blog ini. Tapi, doakan saja agar bisa selalu konsisten berbagi dengan teman-teman dan semakin banyak tulisan yang bisa menginspirasi banyak orang. Semoga. Doakan ya..

Salam 

Bubu Arfa

Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Setahun Dunia Lingga dan Resolusinya"

  1. Sempet kaget baca judulnya.
    Ah masa sih baru setahun ?

    Kayaknya udah lama.
    Eh ternyata maksudnya setahun itu setahun baru serius dan beli domain gitu kah mba ?

    Wah keren banget udah sampai ke Raja Ampat. Hahaa
    salut.
    Semangat terus ngeblognya mbaa ^^

    ReplyDelete
  2. kerenlah mba semoga makin sakses aamiin :)

    ReplyDelete
  3. Semoga do'a yang didoakan Mbak Lingga terkabul. Aamiin. Semangat ngeblog terus Mbak ^^

    ReplyDelete
  4. Baru setahun udah jalan-jalan jauh? Aku padamu, Mbak...
    Pokoke urusan lomba, Mbak Lingga jagonya

    ReplyDelete
  5. Mbak Lingga jago tuh, sering menang lomba blog. teope banget deh.

    ReplyDelete
  6. Salut pencapaian setahunnya keren banget.Jadi minder. Hehehe. Senang ya mba kalau tulisan kita teryata bermanfaat dan juga menghasilkan. Smoga niat baiknya terwujud ya. Amin

    ReplyDelete
  7. Selamat ulang tahun, Dunia Lingga. Prestasinya keren euy, padahal baru setahun. Semoga bisa selalu dan terus menulis ya, Mbak. Semoga Dunia Lingga akan terus berprestasi lagi. aamiin

    ReplyDelete
  8. Keren euy pencapaiannya mbak Lingga. Sukses terus yaa :)

    ReplyDelete
  9. Selamat. Adain giveaway dong kan ultah. Sama ane juga gado gado

    ReplyDelete
  10. Aku justru kagum ama blog yg gado2 gini mba, krn berarti penulisnya serba bisa :) . Dan kebanyakan blog favoritku malah gado2 sbnrnya. Aku sendiri milih niche traveling dan kuliner, krn cm 2 hal itu yg aku bisa tulis. Otak kok lgs blank kalo coba nulis hal lain di luar 2 tema tadi -_-

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)