Dunia Lingga

Tips Selamat, Aman dan Nyaman Naik Pesawat


Assalamualaikum sahabat,

Sejak usia tiga bulan, Arfa sudah sering saya bawa bepergian naik pesawat. Biasanya tiga bulan sekali kami mudik dari Jakarta ke Yogyakarta. Tentu banyak sekali pertimbangan mengapa memilih moda transportasi ini. Pertama tentu saja hemat waktu. Saat Arfa masih kecil, saya belum berani mengikutsertakannya naik kereta api.

Bayangkan, berangkat jam 8.00 pagi sampai bisa jam 16.00 sore. Itu berapa kali ganti popok di kereta dan berapa kali Arfa bakal pups, haha kebayang banget repotnya. Kalau naik mobil pribadi pun sama, macet di hari libur apalagi libur lebaran. Mungkin kalau usianya sudah pas, saya bisa mengajaknya lebih lama di jalan. 

Semua sih pasti ada konsekuensinya. Kita tahulah tiket pesawat memang lebih mahal dibandingkan tiket transportasi umum lainnya. Tapi, kalau kita beli jauh-jauh hari tentu harganya jauh lebih murah. 

Sekarang karena sudah tinggal di Klaten, kami tetap mudik ke rumah orang tua saya di Sukabumi. Kalau naik pesawat pilih rute Yogyakarta-Bandung. Dari Bandung lanjut ke Sukabumi. Kadang-kadang mampir di Bandung sehari untuk melepas lelah. Cuma alasan sebenernya sih. Lebih tepatnya nostalgia di Bandung saat kerja di kota tersebut hampir 3 tahun lamanya.

Naik pesawat memang menyenangkan apalagi kalau nggak ada delay. Yuk simak tips saya jika mudik dan bepergian naik pesawat.

1. Siapkan tiket jauh-jauh hari
Menyiapkan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan kayaknya memang penting. Ini dilakukan biar kita dapat tiket murah. Bandingkan harga tiket yang ditawarkan agen online dan biasanya memberikan promo menarik. 

2. Membawa barang seperlunya
Usahakan membawa barang seperlunya dan jangan sampai membawa barang yang dilarang seperti benda tajam, bahan yang mudah terbakar dan hewan.

3. Ingat 3 2 1. 
Apa sih 3 2 1 ini? Nah menurut DJPU RI, usahakan 3 jam sebelum terbang sudah sampai di bandara untuk melewati pemeriksaan barang bawaan, lebih baik menunggu di pesawat dari pada harus dag dig dug di jalan karena kondisi jalanan macet bukan? Kemudian, 2 jam sebelum terbang lakukan proses check in/web checkin dan 1 jam sebelum terbang pastikan sudah berada di waiting room dan gate yang sesuai dengan penerbangan.

4.Jangan bercanda tentang bom
Bercanda tentang bom tidak diperbolehkan loh. Bagi mereka yang terbukti sengaja melakukan itu, maka akan diambil tindakan serius. Bahkan, pelaku dapat dikenai pasal pidana dengan hukuman penjara paling lama satu tahun. Hal ini telah diatur dalam UU No. 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, Pasal 437.

5. Taruh semua barang terutama aksesori yang mengandung logam di tray atau wadah yang sudah disediakan
Nah, biar saat melewati gerbang pemeriksaan, hindari meletakkan uang dalam kotak, hindari pergi mendahului tas saat melewati detektor logam. Oiya, ingat selalu benda-benda yang dibawa ya.

6.Check-in dengan tertib
Jika airlines menyediakan self check in, gunakan fasilitas tersebut agar tidak mengantri lama.

7. Saat boarding tak perlu berebut antri
Saat pengumuman boarding terdengar, kita tidak perlu berebut antri terdepan agar bisa boarding ke pesawat lebih dulu. Perhatikan aba-aba dari petugas, yang lebih dahulu nomor kursi berapa sampai nomor berapa. Perhatikan nomor kursi kita, sehingga kamu tahu masuk lewat pintu depan atau lewat pintu belakang. Hal itu dimaksudkan agar alur masuk penumpang lebih lancar dan mempermudah awak kabin menjalankan tugasnya. Begitu juga saat turun, tidak perlu tergesa-gesa. 

8.Taruh barang di kabin

9.Kencangkan sabuk keselamatan 
Sabuk keselamatan dipasang dengan posisi di pangkal paha, tegakkan sandaran kursi saat lepas landas juga mendarat

10. Matikan alat elektronik terutama ponsel saat take off dan mendarat

11. Perhatikan setiap instruksi yang diberikan awak kabin 
Perhatikan setiap instruksi yang diberikan awak kabin sebelum dan selama penerbangan, baca juga petunjuk keselamatan

12. Berdoa sebelum berangkat

13. Keluar pesawat secara tertib dan tidak terburu-buru

14. Nyalakan ponsel setelah masuk ke gedung bandara

Untuk lebih jelasnya, teman-teman bisa simak vlog yang saya buat di bawah ini ya..Selamat bepergian, semoga selamat, aman dan nyaman agar bisa #terbangkembali #selamanya 


Subscribe to receive free email updates:

12 Responses to "Tips Selamat, Aman dan Nyaman Naik Pesawat"

  1. Rumus 321 itu aku banget selama ini kalo traveling naik pesawat. :D

    ReplyDelete
  2. Betul betul tipsnya. Hindari bercanda tentang bom. Bahaya tuh...

    ReplyDelete
  3. Paling pasrah kalau sudah dalam pesawat. Berserah diri kepada Allah SWT, gak ada keinginan mau bercanda deh pokoknya. Apalagi kalau bicara yang enggak-enggak hehe.

    ReplyDelete
  4. Makasih tips nya. Belum pernah nih naik pesawat :)

    ReplyDelete
  5. jangan lupa bawa tiket.kadang saking buru-burunya tiket malah ketinggalan.

    ReplyDelete
  6. kita banget ni yg suka dag-dig-dug kalau mau boarding, haha maklum ya lah banyak pasukan jadi ada aja yang diurus atau ketinggalan. siip noted tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  7. Perlu juga hapalin kode booking. Kalo tiket tinggal. Hape mati. Tetap bisa ngeprin tiket

    ReplyDelete
  8. Iya kalau anak kecil enakan naik pesawat, cepet.
    Malah lbh lama jalan dari rumah ke Bandara hehe, tapi kalau dah sampai kampung halaman alhamdulilah cepet dan bisa langusng istirahat :D

    ReplyDelete
  9. Makasih tipsnya, mba. Pernah ngerasain ribetnya pas berdua ama balita pas naik pesawat

    ReplyDelete
  10. Mantap tips nya, soal becanda dengan bom itu aku pernah naik pesawat dari Bali ke Jakarta dan didalam pesawat ada sekumpulan anak muda yang becandanya bikin penumpang deg2an, mereka ketawa-tawa sambil bilang "pesawat oleng kapten" ngeselin banget kan.

    ReplyDelete
  11. makasih tipsnya.. jangan lupa berdoa juga sebelum berangkat

    ReplyDelete
  12. Bermanfaat sekali informasinya, Semoga kita semua di beri keselamatan. dan jangan lupa berdoa di setiap perjalanan kita.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)