Dunia Lingga

Tips Membeli Baju Renang Muslimah via Toko Online



Sebagai seorang muslimah, aku terkadang bingung kalau mau jalan-jalan. Bingungnya itu bagaimana menyelaraskan pakaian, kerudung hingga bawahannya. Dasar wanita dan begitulah wanita..hehe. Memang aku lebih sering pakai gamis atau baju lengan panjang dan rok, sesimpel itu. Nah yang jadi bingung itu kalau pergi piknik seperti berenang, snorkeling dan lainnya yang berhubungan dengan air.

Kayak dulu sewaktu ke Raja Ampat, aku nggak punya persiapan khusus. Bingung juga cari baju renang muslimah yang nyaman namun tetap syar'i. Alhasil, jalan-jalan dan snorkeling menjadi kurang berkesan karena memakai baju yang memang bukan buat berenang. Biasanya cuma kaos lengan panjang dan celana panjang.


Sewaktu snorkeling di Umbul Ponggok pun mengalami hal serupa, nggak punya baju renang sehingga nyebur dan main air ribet karena baju yang nggak khusus buat berenang. Pernah nggak sih berenang rasanya baju dan celana panjang tersingkap-singkap? Nggak ngenakin banget. Nah begitu tuh rasanya.


Salahku juga sih nggak update fashion terkini. Padahal, sudah banyak baju renang muslimah yang nyaman, dan nggak terlalu mahal. Tahukan burkini? Akronim dari burqa dan bikini. Biasanya sebutan burkini ini ditujukan untuk baju renang muslimah di negara-negara Eropa dan Timur Tengah. 

Dan ternyata, baju renang muslimah ini laku keras di pasaran. Nggak cuma buat muslim tapi juga non muslim. Biasanya sih buat non muslim yang memakai burkini ini diakui sebagai cara menjaga kulit dari sengatan matahari. 

Baju renang muslimah memang sudah mulai menjamur di pasaran, apalagi di toko daring. Pilihan model dan warna memanjakan calon pelanggan. Tapi, jangan sampai kena jebakan batman juga sih memilih baju renang. Yang ada nanti malah bahannya nggak karuan dan nggak pas bahkan ngetat, aduh big no deh ya..hehe..

Belum lama ini aku coba buat cari-cari baju renang muslimah via toko online. Karena males juga sih nyari-nyari di toko secara sekarang hidup di desa kemana-mana jauh. Pilihan toko online adalah hal rasional hehe.

Alhamdulillah sekali, seorang sahabat memiliki sebuah toko online khusus baju renang muslimah yang sudah berjalan sejak 2014 lalu. Nama toko online-nya @bajurenangmuslimahku. Nggak cuma terpercaya karena teman sendiri, tapi memang sudah banyak testimoni yang diberikan oleh para pelanggan. Follower instagramnya juga banyaak...ahh barakallah sahabatku..


Aku ya makin semangat milih-milih baju renang muslimah model apa yang kira-kira cocok buatku nih. Secara badan panjang kali lebar apalagi ada calon dedeknya Arfa, upss..jadi aku pilih yang warna hitam, biar kesannya kurus gitu, hahaha. 

Sebenarnya bingung banget karena model dan tipe baju renang muslimahnya kece-kece abis. Coba deh ditengok instagram @bajurenangmuslimahku atau di marketplace seperti Tokopedia dan Shoppe. Aku sendiri awalnya bingung banget milihnya, tapi akhirnya dapat juga seperti yang aku pakai di bawah ini. Gimana, kece nggak? Hahaha...Lumayan nih di kota Klaten banyak pemandian mata air dan juga di seputar Jogja banyak pantai, jadi hasrat buat main air dan berenang-renang tersalurkan juga. 

baju renang muslimah via toko online

Bahannya juga enakeun banget dipakainya, abis nyebur bahan nggak berat dan cepat kering. Baju renang muslimahnya ini atas bawah, kerudung dan ada kupluknya. Cara pakainya juga mudah. Celana panjang seperti biasa, sementara bajunya terdapat resleting di depan hingga perut. Resleting dibuka kemudian baju dimasukkan dari bawah.  Kenapa? Karena ada inner di dalam baju yang mencegah baju renang muslimah tersingkap-singkap. 

Hijabnya pun demikian. Terdapat dua tali di dalam hijab yang bisa dimasukkan ke lengan sehingga kerudung tidak akan tersingkap-singkap. Ditambah juga ada kupluk yang menjaga agar rambut tidak lari kemana-mana, hehe.. Oiya kalau ingin, ada juga baju renang muslimah dengan hijab yang menjulur ke dada, bahkan ada juga beragam ukurannya. 
memilih baju renang muslimah via toko online

Oiya, meski begitu, buat teman-teman yang mau memilih dan membeli baju renang muslimah melalui toko online, ada baiknya baca tips membeli baju renang muslimah langsung dari owner @bajurenangmuslimahku. Yuk cekidot dibaca dulu.

Pertama, untuk membeli baju renang muslimah melalui toko online, perhatikan bahan standar baju renang ya. Bahan standar yang pas buat baju renang muslimah itu yang sintetis, elastis dan nempel di badan seperti bahan spandex, polyster dan nylon. Mengapa harus memilih bahan baju renang tersebut? Karena sifat bahan sangat elastis sehingga memaksimalkan gerak di air. Selain itu juga bahan sintetis itu nggak mudah menyerap air. Sehingga, baju renang muslimah cenderung cepat kering setelah keluar dari kolam renang atau pantai.

Kedua, perhatikan tujuan penggunaan baju renang muslimah. Menurut owner @bajurenangmuslimahku, kalau bertujuan untuk sport, usahakan memilih yang nge-fit di badan. Kalau hanya sekadar main bisa memilih yang agak longgar. Umumnya kan muslimah memang ingin bajunya longgar ya..

Ketiga, perhatikan ukuran baju renang muslimah yang ingin dibeli. Jangan menyamakan ukuran baju renang muslimah dengan ukuran baju biasa semisal gamis. Contohnya, kita terbiasa beli baju gamis dengan Lingkar Dada (LD) 100 cm, belum tentu baju renang pun harus 100cm.

Pasalnya, baju renang muslimah yang bahannya elastis sehingga terkadang pakai yang ukuran LD 96cm pun sudah cukup. Namun, balik lagi ke pelanggan, soal longgar dan ngepas di badan untuk baju renang muslimah memang tergantung selera dan situsional.

Keempat, pembeli baju renang muslimah mengetahui ukuran badan sendiri. Yang namanya membeli baju renang muslimah melalui toko online, yang paling tahu tentang badan customer ya customer itu sendiri. Usahakan kalau bisa setiap customer sudah mempunyai alat ukur atau meteran untuk memutuskan size mana yang paling cocok untuknya. Paling minimal sih harus tahu berat badan dan tingginya. Sehingga, memudahkan toko online untuk memutuskan ukuran mana yang cocok dengan customer.

Alhamdulillah berenang jadi nyaman dan aman deh kalau pakai baju renang muslimah. Dulu berenang cuma begitu-gitu aja bahkan snorkeling pun ribet, sekarang nggak lagi. Yuk nyebur dan berenang..

Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Tips Membeli Baju Renang Muslimah via Toko Online"

  1. Langsung aku buka IGnya mba. Pas banget pengen punya baju renang yang jilbabnya menutupi dada. Maklum, aku senang renang juga dan asik nih banyak banget pilihannya

    BalasHapus
  2. Waah makasih tipsnya. Kemaren ibu mertuaku beli baju renang kesempitan, taoi ada hikmahnya sih, baju renangnya akhirnya dikasihkan ke aku hahaha.

    BalasHapus
  3. Wah kebetulan aku mau banget beli baju renang

    BalasHapus
  4. Wah kebetulan aku mau banget beli baju renang

    BalasHapus
  5. Serba praktis sekarang ya, belanja sekarang bisa di toko online, termasuk beli baju renang.

    BalasHapus
  6. Akk mau belajar renaang...

    BalasHapus
  7. Pas banget sih, suka galau nyari baju renang. Baju renangnya bagus banget panjang dan ga ngebentuk tubuh. Aku punya baju renang muslimah, pendek dan ketat, trus hijabnya juga pendek. Akhirnya enggak pernah dipake lagi deh.
    Langsung meluncur ah ke ig-nya....

    BalasHapus
  8. Kalau kesempatan ga enak kelonggaran juga gak nyaman ya. Kudu fix benar. Trims tipsnya :)

    BalasHapus
  9. iya kalo di mall bajunya renangnya sih kaya buat muslimah tapi kok tetep modelnya kaya ketat gitu.. baju renang muslimahku dulu dah rusak di bagian tangan kaya ngelotok, boleh nih meluncur ke IG temannya mbak, thanks infonya ya :-)

    BalasHapus
  10. aku punya baju renang muslim mirip banget sama yang diatasss :D
    nyaman dipakenyaa hihi

    BalasHapus
  11. Saya jg beli baju renang muslimah via onlen.Dapat yg modelnya gak ketat.
    Tapi waktu itu belinya yg warna ngjreng. Soalnya keinget guru rennag pas SMP bilang kalau beli baju yg warnanya mencolok jd kalau kelelep bisa lbh menarik perhatian hahhaa. Trus sampai skrng gk jago rennag, cuma kecipukan doankan hehe

    BalasHapus
  12. Waaa ... aku jadi pengen beli, beberapa kali ini diajakin renang, tapi belum punya baju renang yang muslimah. Enak banget ini.

    BalasHapus
  13. kalau beli online terkadang memastikan ukuran yang tepat dengan dirikita yang sulit, ntar pas udah deal dan dikirim kebesaran atau kecil malah, heeeee

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)