Dunia Lingga

Bermain dan Belajar Bersama di Villa Ternak Cikerai

Assalamualaikum

Bismillah

Pernah mendengar istilah Kota Baja? Kalau pernah pasti pernah dengar Kota Cilegon. Kota yang memang sempat dikenal dengan produksi bajanya di dalam hingga luar negeri.

Sekadar informasi, aku dilahirkan di kota ini. Kota yang penuh dengan pabrik dan industri. Kota yang jarang sekali hujan dan banyak nyamuknya. Sampai-sampai sudah jadi kebiasaan ibuku untuk menyemprot kamar dengan cairan anti nyamuk agar dapat tidur dengan pulas.

Itu dahulu. Sejak aku lahir hingga SMA akhir 2006. Entah sekarang bagaimana kota ini bentuknya, karena sejak bekerja tahun 2011, aku sudah jarang menyambangi kota ini. Ditambah Bapakku yang memutuskan pulang ke kampung halaman di Sukabumi pascapensiun dari pabrik listrik di Cilegon.

Apa memang nggak ada yang menarik sama sekali dari Cilegon? Atau mungkin karena aku anak yang 'terpaksa' main di rumah saja? Cilegon hanya seputar 21 Ramayana, Supermall, KJ dan KCC. Selebihnya? Hanya sekolah, sekolah dan sekolah. Itu pun cuma tahu Kapling Cilegon karena kompleks sekolahku di sana. Ah, betapa muramnya dulu masa remajaku, hehehe.

Well, konon katanya Cilegon sudah banyak berubah. Sudah ada taman kota di samping Polres Cilegon sebagai tempat menghilangkan kepenatan kota industri ini. Dan ternyata, ada satu objek wisata baru yang berlokasi di perbatasan Serang dan Cilegon, namanya Villa Ternak Cikerai.



Hebatnya, pemilik wisata edukasi ini adalah kakak kelas sewaktu SMA dan juga semasa kuliah di IPB, Kak Hari Bowo. Wuahh keren banget!! Karena setahuku dahulu Kak Bowo ini jurusan Kimia saat kuliah dan kini membuat wisata edukasi yang sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar dengan Villa Ternak Cikerai di Cilegon.

Untuk menuju Villa Ternak Cikerai sebenarnya mudah, hanya tidak dilalui angkutan umum saja. Untuk menuju Villa Ternak Cikerai via tol bisa keluar tol Cilegon Timur kemudian ambil jalan ke arah lingkar Selatan. Terus jalan sejauh 3 km setelah pom bensin ada perempatan ambil kiri dan menanjak 7 km arah Cikerai. Meski belum ada angkutan umum, jalanan sudah di cor sehingga nggak perlu khawatir jika berwisata ke Villa Ternak Cikerai.

Sementara bagi pengunjung dari arah PCI bisa masuk lewat Lapas Cikerai. Adapun dari arah Ciwandan atau Anyer dapat mengikuti jalan menuju SMAN 3 Kota Cilegon. Lokasinya sendiri tidak jauh dari SMPN 8 Kota Cilegon.



Aku berkesempatan untuk bertanya langsung ke pemiliknya Villa Ternak Cikerai nih. Menurut Kak Bowo, pendirian Villa Ternak Cikerai ini berawal dari peternakan sapi kurban yang sudah dijalankannya sejak 2010. 

Karena respons masyarakat bagus, muncullah ide untuk membuat wisata edukasi ternak sekaligus pengembangan masyarakat sekitar. Dengan pembangunan Villa Ternak Cikerai, diharapkan dapat meningkatkan softskill warga dan menjadi alternatif edukasi wisata ternak di kota yang mainstreamnya kota industri. 

Berbekal tabungan tanahnya di Cikerai, Kak Bowo akhirnya memulai pembangunan Villa Ternak Cikerai mulai Oktober 2016. Setelah rampung, Villa Ternak Cikerai kemudian diluncurkan pada awal Januari 2017. Kini, Villa Ternak Cikerai tak hanya menjadi edukasi ternak tapi menjadi tempat wisata.

Pemilihan lokasi di Cikerai bukan tanpa maksud dan tujuan. Nyatanya, Cikerai adalah satu-satunya wilayah lahan hijau yang tersisa di Cilegon. Kalau Cikerai habis dipakai pusat industri misalnya, maka habislah lahan hijau di Cilegon. Maka, menurut beliau, dipilihkan Cikerai sebagai farm yang ideal.

Lantas, apa yang bisa kita dapatkan di Villa Ternak Cikerai?
Membawa anak-anak ke Villa Ternak Cikerai sebagai salah satu edukasi mengenai peternakan. Tak hanya anak-anak, mahasiswa dan umum pun bisa belajar mengenai bisnis peternakan di sini. 

Villa Ternak Cikerai ini dibagi jadi beberapa area. Pertama Villa Ternak, di dalamnya terdapat edukasi beternak sapi, kambing, kelinci, ayam, burung dara dan angsa.


Kedua, Villa Resto. Di area ini kita bisa menikmati kuliner khas olahan ternak seperti susu, yoghurt dan lainnya. Oiya di bulan Ramadhan, Villa Ternak Cikerai tetap buka loh, bahkan ada paket untuk buka puasa bersama di villa restonya.

Sementara di area ketiga, Villa Adventure akan disediakan camping ground, outbond, memanah dan lain-lain. Oiya, ada sungai yang membelah Villa Ternak Cikerai loh, seru juga bisa foto-foto di sini.


Untuk tiket masuk ke Villa Ternak Cikerai cukup murah. Untuk pengunjung dengan mengendarai motor, cukup membayar Rp 25.000 saja. Tiket sebesar ini dapat free satu cup susu atau air mineral, paket pakan ternak, goody bag Villa Ternak dan juga free parkir. Sementara untuk tiket mobil hanya Rp 35.000 saja. Kurang apa lagi coba, jadi mupeng maeen kemari..

Villa Ternak Cikerai sendiri menyediakan pemandu yang bisa memudahkan pengunjung untuk berkeliling. Selain itu, anak-anak bisa langsung berlatih memerah susu kambing. Tak hanya itu, dengan pemandangan menghadap dua gunung mancak, Villa Ternak Cikerai sangat asri dan sejuk. 

Sebagian besar pengunjung adalah sekolah-sekolah yang ingin melihat secara langsung edukasi ternak. Setiap harinya sekitar 100-200 pengunjung datang ke Villa Ternak Cikerai. Sementara di akhir pekan atau hari libur, pengunjung mencapai 1.000-1.200 orang.



Kak Bowo menargetkan agar Villa Ternak Cikerai jadi motor kampung wisata di Cilegon. Selain itu, ia berharap agar kehadiran Villa Ternak Cikerai mampu memberdayakan masyarakat sekitar dengan peningkatan soft skill mereka.

Oiya, kalau mau tahu info lebih jauh mengenai Villa Ternak Cikerai bisa kunjungi Faceboook dan Instagram dengan nama Villa Ternak Cikerai. Teman-teman yang berlokasi di Cilegon dan sekitarnya, wajib main yuk kesini dengan keluarga. Karena selain bermain, anak-anak bisa belajar mengenai dunia hewan dan peternakan. Di bawah ini aku sertakan video Villa Ternak Cikerai, sila disimak ya sahabat..


*semua foto dan video milik Villa Ternak Cikerai

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Bermain dan Belajar Bersama di Villa Ternak Cikerai"

  1. eh murah lho wisata edukasi ini. Anak-anak bisa belajar langsung mengenal dan menyayangi binatang. Arfa, ajakin Sid dong

    BalasHapus
  2. Konsepnya mirip de ranch atau apa sih itu namanya yang deket Jakarta *malah nanyak :D* tapi ini harga tiketnya murah banget. Berharap di sekitaran surabaya bisa punya wisata yang konsepnya begini dan boleh gak rombongan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)