Dunia Lingga

Legend of the Blue Sea vs Goblin, Mana yang Lebih Seru?



Hiburan emak-emak model saya bukan hanya saat ke salon atau haha hihi saat arisan. Nonton drama Korea jadi keasyikan tersendiri. Dulu pas masih gadis, nonton drama Korea bisa dijabanin sehari semalem.

Mata panda, rambut awut-awutan sudah biasa. Temen SMA saya bahkan ikut-ikutan gaya rambut Han Jie Eun yang diperankan Song Hye Kyo dalam drama Full House. Ada juga dulu temen kantor yang ekstrem, pas rapat dia malah nonton drama Korea dari handphonenya. Senaif itu ya..semua gara-gara oppa -sebutan untuk pria Korea - yang ganteng cenderung cantik.

Semua gara-gara jalan cerita yang bikin gadis-gadis jomblo seperti saya *dulu* berpikir bakal ada prince charming berkuda putih yang datang meminang. Atau seperti yang kerap terjadi di drama Korea, gadis miskin namun cute dikejar-kejar digilai 'chaebol' -sebutan untuk anak horang kaya- nan ganteng dan pewaris tahta perusahaan besar.

Hoalah mimpi dirawat sampai jodoh datang meski gak berkuda putih dan bukan pewaris harta yang nggak abis-abis tujuh turunan. Padahal, hidup itu nggak seindah drama Korea. Pengalaman mba Yannie Kim, perempuan Jawa yang kini menetap dan bersuamikan orang Korea, pria Korea justru tidak romantis.

Masyarakat Korea juga konon cuek dan terkadang SARA pada imigran. Tau sendiri juga, banyak publik figur Korea juga memilih gantung diri karena tekanan hidup yang diterima. Korea nggak seindah dramanya gayeess...

Lalu, apa saya melupakan kebiasaan menonton drama Korea setelah menikah dan punya anak? Jawabnya: belum, belum bisa haha. Sampai suami heran, apa sih menariknya drama Korea buat kamu? Heyy para lelaki, drama Korea itu ibarat kamu kamu kamu nonton pertandingan bola di tivi atau main Winning Eleven di PS mu. Ituuh..begitu..jadi jangan dikomentari kecuali kami jadi menelantarkan anak atau pekerjaan lainnya.

Saya juga suka jalan cerita drama Korea yang nggak panjang kayak sinetron Indonesia. Sebagian besar hanya 16 episode. Tiga bulan beres. Jadi nggak seperti sinetron Tukang Bubur gak Naik2 Haji itu.

Bedanya sekarang, saya nonton sesempatnya saja. Nontonnya pun hanya seminggu sekali dengan pilihan drama yang nggak biasa. Biasanya saya memilih menonton drama yang juga booming di Korea. Lalu, nonton apa saya akhir-akhir ini?

Dua drama keren sedang berperang memikat hati penonton Korea dan luar Korea adalah Legend of The Blue Sea dan Goblin. Apa menariknya? Keduanya menghadirkan aktor terkenal Korea, penulis dan sutradara terkenal, sinematografi apik hingga budget yang fantastis.

Legend of The Blue Sea

Drama Legend of The Blue Sea diisi oleh aktor kenamaan Lee Min Ho dan Jun Ji Hyun. Buat Lee Min Ho, drama ini drama terakhir dia sebelum wajib militer. Buat fan girls-nya Le Min Ho -khususon buat ibu Atalia Kamil- kayaknya jadi hal wajib buat nonton Oppa Min Ho.

Sementara lawan mainnya, Jun Ji Hyun a.k.a Gianna Jun, drama ini adalah drama barunya setelah melahirkan. Nih emak-emak baru melahirkan tapi badannya masih tinggi semampai, di saat itu saya merasa...ahh ya sudahlah *liatlemakdiperut

Drama ini disiarkan SBS setiap hari Rabu dan Kamis pukul 21:55 waktu Korea atau sekitar pukul 20:00 waktu Indonesia. Cerita drama ini mengenai kisah cinta antara anak seorang keluarga bangsawan Joseon bernama Dam-lim (Lee Min-ho) dan putri duyung bernama Shim Chung (Jun Ji-hyun). Shim Chung menemukan dirinya dipindahkan ke zaman modern. Dia ditangkap oleh Heo Joon-jae, seseorang menawan tapi penipu ulung yang dingin yang mirip dengan Dam-lim.

Sebenarnya cerita tentang putri duyung atau mermaid sudah sangat sangat sering kita lihat ya, baik dalam drama, film, bahkan kartun. Di Korea sendiri sudah pernah tayang drama dengan tema serupa seperti Surpluss Princess. *hapal banget gue

Lalu apa istimewanya Legend of The Blue Sea? Saya sih paling suka akting Jun Ji-hyun yang gila, kocak, bisa sedih juga. Di drama ini, cuma saat Jun-Ji-Hyun di era modern yang saya nanti kehadirannya. Shim Chung yang hadir di dunia modern, tentu harus beradaptasi dengan segala perubahan yang ada.

Disitulah saat akting Jun Ji Hyun diuji, bagaimana saat dia makan langsung pakai mulut, tampil acak-acakan namun tetap cantik, juga saat dia harus berlama-lama syuting di air. Disitu saya ngasih applause buat akting dia yang keren.

Seperti di dramanya terdahulu, My Love from Another Stars, Jun Ji Hyun tampil koplak dengan komedi yang kadang-kadang agak satir. Sayangnya, karakter Jun Ji Hyun sebagai Sim Chung tak berbeda jauh dari karakter drama terdahulunya di My Love from Another Stars sebagai Cha Song Yi (kalau tidak salah). Besar kemungkinan karena penulis kedua drama ini sama, yaitu Park Jie Eun. Padahal, sang sutradara drama ini adalah si tangan dingin Jin Hyuk yang sukses menyutradarai Descendant of The Sun.

Sementara akting si Prince Asia Lee Min Ho, tak terlalu memikat saya. Ya, mungkin sedikit perkembangan dibanding saat ia memerankan tokoh utama di Boys Before Flowers atau saat jadi anak sekolahan di The Heirs. Tak heran kenapa, meski ratingnya sangat bagus hingga mencapai 20 persen menurut AGB Nielsen, netizen sedikit beranggapan cerita drama ini sangat mudah ditebak.


Goblin


Lewat tangan dingin penulis Kim Eun Seok, sosok Goblin atau 'makhluk jadi-jadian' malah digilai dan dicintai.  Adalah aktor Gong Yoo yang berperan sebagai Goblin atau Dokkaebi. Ahjussi rasa Oppa ini awalnya ditawari proyek Descendant of The Sun oleh Kim Eun Seok tapi dia menolak.

Untuk drama goblin, ia pun harus berpikir panjang menerima drama fantasi ini. Mungkin agak khawatir dramanya bakalan nggak sukses seperti drama dia sebelumnya di Big.

Kekhawatiran Gong Yoo rupanya tak terbukti. Drama ini sukses memikat hati masyarakat Korea di dua episode pertamanya. Untuk ukuran tivi kabel, TVN berhasil mencetak rating tinggi yakni 6,7 persen. Dan rating melambung dua kali di episode tiga dan empat yang menjadi 12 persen.

Lalu apa istimewanya drama ini? Sebelumnya, saya ulas sedikit jalan ceritanya.  Sebelum menjadi Goblin, Kim Shin (Gong Yoo) tadinya adalah seorang manusia pemberani. Dia adalah jenderal di era Goryeo. Dengan pedangnya, ia menumpas habis semua lawan di peperangan. Sayang, karena kecemburuan raja, ia harus mati tertusuk pedangnya sendiri.

Tuhan akhirnya memberi kutukan sekaligus karunia untuknya, yakni dia tidak bisa mati. Sayangnya, Goblin ingin mengakhiri hidupnya karena ia harus terus menerus orang yang dikasihinya meninggal karena umur.  Untuk itu, hanya ada satu cara mencapai tujuannya yakni dia harus menemukan separuh jiwanya dari bangsa manusia.

Ia bertemu dengan seorang gadis SMA Ji Eun Tak (Kim Go Eun) yang ternyata adalah separuh jiwanya tersebut. Keinginannya untuk segera mati justru menjadi kebimbangan tersendiri karena ia rupanya jatuh cinta pada Eun Tak dan tak mau kehilangannya.

Fakta menyedihkan antara hidup dan mati Goblin. Tak disangka, Goblin rupanya berteman dengan Grim Reaper atau Dewa Kematian yang lupa ingatan bernama Wang Yeo (Lee Dong Wook) yang menyewa rumahnya.

Di sinilah uniknya drama Goblin. Kita bisa melihat akting yang ciamik dari si pencipta blockbuster dari setiap film-nya, Gong Yoo. Belum interaksi antara Goblin dan Wang Yeo yang seperti kucing dan anjing. Bahkan, interaksi keduanya lebih disukai dibandingkan kisah cinta Goblin dan Euntak.

Kenapa bisa sukses? Selain karena jalan ceritanya yang tak menyoal cinta segitiga segiempat segi segi lainnya, drama ini punya penulis yang pandai membuat cerita. Kim Eun Seok, penulis di balik drama-drama hits Korea seperti Love in Paris, Secret Garden dan Descendant of The Sun. Meski begitu, drama ini dinilai sedikit agak janggal oleh masyarakat Korea karena menceritakan hubungan gadis SMA dengan Om-om ganteng. Tak sedikit drama ini dianggap sebagai Lolita versi drama.

Di balik semua itu, saya sangat senang menonton Goblin karena sinematografi-nya yang keren abis. Setiap episodenya saya seperti nonton film berkualitas. Jadi mau nonton drama yang mana dulu nih? Legend of the Blue Sea atau Goblin?








Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Legend of the Blue Sea vs Goblin, Mana yang Lebih Seru?"

  1. dua2nya dong, hihihi :)

    saya penyuka Lee Min Ho dan Lee Dong Wook :)

    BalasHapus
  2. Beberapa kali aku baru liat legend of the blue sea sih...dan keren menurutku. Kalo goblin malah belum pernah nonton. Jadi penasaran

    BalasHapus
  3. Kalo aq lg nonton the legend of the blue sea.. Blm nntn goblin

    BalasHapus
  4. Setiap hari Sabtu Minggu jadi nunggu ke dua drama ini saya sis.. makin larut dan penasaran dengan episode berikutnya

    BalasHapus
  5. klo aku suka goblin banget karena alur cerita unik dan disetiap episode ada konfliknya. selalu bikin penasaran dan bisa bikin baper sampe nangis

    BalasHapus
  6. drama korea yang satu ini lagi ngehits bgt ya mas

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)