Dunia Lingga

Wisata Umbul Ponggok, Dari Snorkling Hingga Diving



Assalamualaikum temans yang baik..
Apa kabar di weekdays kali ini? Sudah jenuh dengan aktivitas pekerjaan dan ingin segera weekend? Ditahan dan sabar-sabar ya, semua akan indah pada waktunya, hehee.

Bagaimana kalau kita merancang jalan-jalan sebelum waktu weekend tiba? Nah, buat yang berada di daerah Yogyakarta, Klaten dan Solo, cobain ke wisata air di Klaten yuk. Walaupun termasuk kota kecil, Klaten memiliki sejuta pesona alam yang sangat layak dikunjungi.

Terdapat puluhan tempat wisata air di Klaten. Mulai dari Cokro Tulung, Umbul Jalatunda, Umbul Ponggok, river boarding di Kali Pusur, Umbul Ponggok hingga wisata air lainnya. Secara punya suami orang Klaten, belum lengkap rasanya jika tidak menjelajahi daerah yang satu ini.

Saya sudah beberapa kali ke wisata air Cokro dan tempat pemancingan di Janti. Namun, baru kali ini berwisata ke Umbul Ponggok, kolam renang yang lagi nge-heeiits di kalangan muda-mudi. Nggak salah memang, kolam ini menjadi semakin ramai dan buka 24 JAM loh karena kepopulerannya.


Bagaimana menuju lokasi Umbul Ponggok?

Saya berangkat dari rumah mertua di daerah Ceper, Klaten. Hanya sekitar 20 menit perjalanan menuju wisata air ini dengan kendaraan pribadi. Sementara jika berangkat dari arah Yogyakarta atau Prambanan jaraknya kurang lebih 1 jam perjalanan. 

Jika menggunakan kendraan pribadi, bisa ditempuh dengan melewati Jalan Raya Jogja-Solo hingga persimpangan depan RSUD Suradji Tirtonegoro. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga GOR Gelarsena Klaten. 

Selanjutnya, kita bisa mengambil arah ke kiri Polanharjo atau Jatinom hingga sampai ke persimpangan Markas Koramil yang ada di jalan sebelah kiri. Ikuti terus jalan ini, ketemu deh Umbul Ponggok. 

Ada apa saja di Umbul Ponggok?

Kalau orang Klaten-nya sih merasa nggak terlalu hipe dengan kepopuleran wisata ini. Pasalnya, banyak wisata air di Klaten yang bisa jadi pilihan. Kalau ramai ya cari yang lain. Sebelumnya, saya sedikit cerita kenapa banyak wisata umbul-umbul ini di Klaten.

Dalam bahasa Jawa, umbul artinya sumber mata air alami. Umbul pada umumnya dimanfaatkan untuk pengairan sawah, budidaya ikan air tawar dan kini umbul digarap secara profesional menjadi tempat wisata.

Untuk Umbul Ponggok, tempat ini sangat cocok buat yang banci foto. Seperti saya ini, potret diri sendiri sampai puas, hehe. Dan yang membedakan Umbul Ponggok dengan wisata air ini adalah pesona kolam renang di dalam air.

Di kolam khusus anak

Airnya sangat jernih dan dingiiiin karena berasal dari sumber mata air asli. Di dalamnya terdapat bebatuan dan ratusan ikan berseliweran layaknya di tengah laut. Kedalaman Umbul Ponggok ini mencapai 2 meter. Makanya, dibuatlah kolam renang kecil di samping khusus anak-anak.

Di dalam kolam khusus dewasa, segala macam perabotan bisa masuk, haha. Mulai dari motor, vespa, meja beserta kursinya dan lain-lain. Di dalam kolam kita bisa berfoto layaknya sedang snorkling di dalam air.

Untuk snorkling, kita tidak perlu membawa peralatan sendiri karena di lokasi sudah terdapat penyewaan berbagai macam alat menyelam dengan harga murah baik berupa pelampung, sepatu katak, kacamata snorkling hingga kamera bawah air.

Jangan takut kelaparan, karena Umbul Ponggok juga dilengkapi dengan berbagai kedai-kedai makan yang cukup murah.  




Berapa Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok?

Harga tiket masuk Umbul Ponggok tergolong murah, hanya Rp 8000 saja. Sementara untuk peralatan snorkling, kita bisa menyewanya di tempat-tempat penyewaan di kolam ini. Kita juga bisa menyewa kamera bawah air loh. Umbul Ponggok juga jadi langganan tempat pra-wedding yang unik. Berikut daftar harga sewa:

-Sewa kacamata snorkling: Rp 13,000
Sewa pelampung: Rp 7,000
Sewa kaki katak:  Rp 13,000
Sewa kamera bawah air 1/2jam: Rp 60,000
Sewa kamera bawah air 1 jam: Rp100,000
Ganti baju: Rp 1,000
Mandi: Rp 2,000



Tips berlibur di Umbul Ponggok

Jika kamu ingin berlibur ke sini, pastikan membawa baju ganti karena tentu kita akan main basah-basahan. Selain itu, sebagai traveler yang baik, selalu bawa tempat menaruh sampah sendiri, misalnya plastik sampah. Pasalnya, karena belum dikelola secara baik, fasilitas kebersihan di sini masih kurang. Sebagai traveler yang cinta lingkungan, kita nggak mau kan jadi orang nyebelin karena buang sampah sembarangan?


Kita juga gak perlu repot-repot membawa bekal makanan, karena banyak penjaja makanan dan minuman ringan di sini. Harganya pun terbilang cukup terjangkau.  Oiya, kalau bisa usahakan ambil cuti dan pergi di hari weekdays. Pasalnya, kalau weekend sangat ramai, bukannya liburan, malah jadi pusing karena banyaknya orang.Selamat berlibur

Subscribe to receive free email updates:

10 Responses to "Wisata Umbul Ponggok, Dari Snorkling Hingga Diving"

  1. Alamakjang aku mau kesanaaaaa!!! Kok kayaknya seru banget sihhhhhh *masukkin bookmark dan wishlist* makasih info kecenya kakak *cium*

    BalasHapus
  2. Aku belum pernah ke Klaten. Pengen nih apalagi kulinernya juga enak enak ya mbaa

    BalasHapus
  3. 2014 dulu sempat main ke umbul ponggok ini. Pake acara nyasar ngandalin GPS. Hahaa...
    Sekarang ada properti buat foto dalam air ya, Mba? Bisa dibikin set pake kursi, dll gitu katanya.

    BalasHapus
  4. Tiket masuknya murah bangeeeeeet.... serius hanya 8000, MBak??
    Di sini 80 ribu.... MasyaAllah, 10x-nya

    BalasHapus
  5. Pengen banget ajak keluarga ke sini. tempatnya asyik banget dan murah ya Mbak.

    BalasHapus
  6. Waahh... makin banyaaak aja nih daftr kepengenan utk dikunjungi di Jogja. Ya Tuhaann.. kapan aku ke Jogja lagii

    BalasHapus
  7. Aku tinggal di Solo dan belum pernah kesana..huhuhh.. Mupeeeeng

    BalasHapus
  8. Aiiih kereennya si Arka belajar diving, lain kali ajak2 dunk #eh ahahaha 😅

    BalasHapus
  9. Suami mupeng bgt foto bawah air.. bs nih jd referensi. Tfs mb..

    BalasHapus
  10. banci foto ya mbak? sama dong kita... :) Tp memang bener mbak, kl wisata enaknya ya pas weekdays. Lbh murah, pengunjung lbh sepi, cuman masalahnya waktunya cuman bs wiken... *cedih*

    BalasHapus

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)