Dunia Lingga

Tips Lancar Berbahasa Inggris ala Wirda Mansur

wirda mansur


Jeng..jeng..jeng...apa kabar? Udah lama gak posting blog nih. Sehat-sehat ya semua..

Well, (sok inggris), di timeline instagram saya berseliweran potongan klip putri Ustad Yusuf Mansur, Wirda Mansur, yang lagi ngasih tutorial bagaimana caranya menghapal Alquran. Nah, dipostingan terbarunya, Wirda juga membagikan tips bagaimana dia belajar bahasa Inggris. Tak hanya belajar ya, tapi juga bagaimana caranya biar dia lancar ngomong Inggris.

Secara bahasa Inggris saya yang pas-pasan, tertariklah saya untuk mengklik potongan klip-nya. Wah, merasa nggak puas hanya diinstagram, saya mulai kepo ke akun Youtube-nya Wirda dengan nama akun Wirda Mansur.

Saya langsung takjub karena gadis remaja manis ini follower Youtube-nya lebih dari 50 ribu. Wih, saya prediksi nih remaja bakal lebih terkenal dari ayahnya. Wirda sebagai remaja energik, pintar, bergaul, namun tetap memegang teguh agamanya. Saya kira, Wirda bakal menjadi influencer bagi remaja-remaja lainnya di Indonesia. 

Nah, ngomongin soal belajar bahasa Inggris, Wirda mengaku sempat di bully karena tidak lancar berbahasa Inggris. Jadi ceritanya, saat sekolah, pelajaran yang paling dibenci adalah bahasa Inggris. Mata pelajaran yang paling jeblog saat sekolah adalah matematika dan BAHASA INGGRIS. Wirda, aku padamu..*sama*

Selain itu, dia pernah kepilih nyanyi paduan suara di sekolahnya pake bahasa Inggris. Si Wirda senang kepilih di barisan paling depan. Katanya sih biar orang tuanya bisa lihat dia dengan jelas ketika pentas paduan suara. 

Dan jeng jeng,..bully-an justru datang dari gurunya. Gurunya Wirda nyamperin dan bilang, "Wirda, kamu nggak bisa Bahasa Inggris, kamu pindah ke barisan belakang,".

Waduh, parah banget itu guru ya, ngook. Akhirnya, mau nggak mau dia pindah ke barisan belakang dengan hati gondok. Kejadian inilah yang membuatnya termotivasi untuk giat belajar Bahasa Inggris. 

Selain itu, banyak kejadian lain yang membuat Wirda lebih termotivasi untuk belajar Bahasa Inggris. Remaja yang bersekolah di Amerika itu bercerita, pernah dimarahi oleh ayahnya, *salim ustad YM* karena nggak berani bertanya saat di Singapura.

"Waktu itu pergi ke Singapur sekeluarga, disuruh tanya tempat check-in, dan gw gak mau karena takut. Alhasil, bokap marah-marah deh,"kata Wirda.

Pengalaman dan kejadian memalukan itu akhirnya membuat Wirda semakin termotivasi. Sekarang, Wirda dengan lancarnya berbahasa Inggris. Bahkan, ustad YM dibenerin bahasa Inggrisnya kalau salah.Hahaha..

Nah, bagaimana tips lancar berbahasa Inggris ala Wirda?


1. Banyak membaca buku berbahasa inggris


Salah satu tips paling mudah adalah banyak membaca buku berbahasa Inggris. Kata Wirda, nggak penting kita harus mengerti bacaan itu, tapi yang kita cari itu proses belajarnya. Nah, kalau memang ada kata-kata yang nggak dimengerti, bisa di highlight pake stabilo. Nah, setelah itu cari deh di kamus atau di Google. Setelah itu, kita harus mengingat-ngingat apa arti kata tersebut dan pelafalannya.


2. Menonton Youtube


Salah satu cara asik buat Wirda belajar bahasa Inggris adalah nonton YOUTUBE. Wih, saya nonton youtube gak lancar-lancar juga ngomong Inggris, haha. Nah, ini yang bikin perbedaan saya dan Wirda. Kalau saya nonton klip musik di Youtube, Wirda nonton channel berbahasa Inggris seperti channel Shane. Di channel tersebut, meskipun kata-katanya kasar, Wirda belajar bahasa gaul Inggris.

Sedangkan untuk bahasa formal, Wirda belajar dari video di www.ted.com. Di sini, banyak video-video motivasi yang banyak mengandung bahasa-bahasa formal Inggris. Terkadang, Wirda juga menonton reality show seperti Keepin Out With the Kadarshian.


3. Menonton film


Tak hanya streaming Youtube, Wirda juga belajar bahasa Inggris dengan menonton banyak film berbahasa Inggris. Tapi heey, jangan pakai subtitle ya, cateeet! Karena kalau pakai subtitle bisa memecah konsentrasi kita untuk tahu kelanjutan percakapan dalam film tersebut.

Tanpa subtitle, kata Wirda, kita jadi banyak belajar spelling meskipun tidak paham apa yang dibicarakan. 


4. Beranikan diri untuk berbahasa inggris

Untuk lancar berbahasa Inggris, tentu kita harus memulainya tanpa menunda-nunda. Kita harus memberanikan diri dan percaya diri. Meskipun salah, ya nggak apa-apa. Namanya juga belajar, ya gak? Nah yang perlu diingat, belajar bahasa Inggris bukan untuk sombong dan lain-lain. Pasalnya, kalau hanya untuk sombong, justru ilmunya nggak berkah. 

Well (cuma tau well), apa yang dilakukan Wirda nih memang patut kita contoh ya. Belajar bahasa Inggris untuk mengajarkannya dan bukan untuk sombong. Apalagi, berbahasa Inggris yang kasar dan berisi sumpah serapah.





Subscribe to receive free email updates:

11 Responses to "Tips Lancar Berbahasa Inggris ala Wirda Mansur"

  1. Informasi yang menarik nih mba
    Sampai skarang ya aku masih belum lancar ya belajar bahasa Inggris :)

    ReplyDelete
  2. Wah.. terima kasih buat tips-nya yah mbak
    idem, nilai MTK sma inggris kurang bagus.. hee

    ReplyDelete
  3. Wah, anak muda yang harus dijadikan panutan untuk kaum muda yang lainnya, nih! Motivasinya kuat juga, ya...untuk bisa fasih berbahasa Inggris.
    Well...(ikutan hihihi), tipsnya perlu dicoba!

    ReplyDelete
  4. Aku suka kepoin akun IG dan youtube Wirda, anaknya lucu dan udah terlihat bakatnya kelak bisa melebihi sang ayah :)

    ReplyDelete
  5. Wah keren anaknya Pak YM. Kalau bhs inggris kadang emang kendalanya gak berani mraktekin, khususnya tulisan hiks.
    Keren tipsnya TFS Mbak :)

    ReplyDelete
  6. Baca buku berbahasa Inggris nih yang sesuatu buat saya, karena biasanya di satu bab untuk kata "bergumam" (contohnya), bisa lebih dari 5 vocab ditemukan. Banyak ternyata sinonimnya yak, errrrr. Pun vocab lainnya, siap-siap aja menampung vocab baru *ngook*

    Ngeliat videonya, saya yang baru tahu putri ustad YM ini jadi mbathin "Itu gurunya yang lernah ngebully pasti kaget kalo ngeliat." :D
    Tfs mba...

    ReplyDelete
  7. kereen inii..
    emang lagi ngetrend yaa anak muda niy
    semoga bisa mengikui jejaknya dengan tips2 yang ada ( buat anakku) xixiix

    ReplyDelete
  8. Wirda Mansyur should be the next idol generation nih.... jangan si daktarin.
    Wajah bersih, akhlak baik, beriman, smart & humble. Wirda.... Tante Sus padamu.... ♡_♡

    ReplyDelete
  9. kalau menurut aku , sering2 berbahasa inggris biar lidahnya nggak kaku :)

    ReplyDelete
  10. terimakasih tipsnya ni mbak ,

    ReplyDelete

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)