Dunia Lingga

Karena #Bahagiadirumah Itu, Sederhana

Sumber: sleekshack.com

Baiti Jannati, rumahku adalah surgaku. Begitu kata Nabi Muhammad SAW. Love begins at home. Kata-kata ini berasal dari mulut Bunda Teresa. Siapa sih yang tidak ingin #bahagiadirumah? Rumah kita adalah hati kita. Semewah-mewahnya hotel, rumah adalah tempat paling nyaman. Tempat kembali. 

Seperti kisah saya dan suami. Seperti otak orang berumah tangga, memiliki rumah yang nyaman adalah impian.  Maka kami berjuang. Kami bersabar.

Semua mimpi itu dimulai dari rumah petak kontrakan di Jakarta Selatan. Setelah mengontrak dan menikah, kami diberikan anugerah besar seorang bayi nan lucu. Alarm keras menyala kembali. Kami harus menyediakan tempat tinggal yang layak anak-anak kami nantinya. Meski suami gaji tak seberapa, dan saya hanya freelance di rumah sambil mengurus anak, tentu tak cukup punya kemampuan finansial untuk membeli rumah yang harganya makin menggila itu.

Sumber: www.pearsonrealtygroup.com
Namun kami putuskan untuk berjuang. Kami bertiga berjuang. Maka kami susuri satu per satu layar komputer, kami buka layanan jual beli online rumah. Satu dua terlalu mahal, ada yang masuk kantong lokasinya di antah berantah dan sebagainya. Sabtu Minggu menjadi hari wajib kami berkeliling mencari rumah, bertiga dengan bayi yang kala itu masih berusia empat bulan.

Kami fokuskan ke area Depok mengingat tempat kerja suami di Jakarta Selatan. Kami tanya satu per satu. Semuanya mahal (bagi kami). Tak terjangkau. Lalu ada satu yang begitu menarik perhatian. Letaknya di Sawangan, Depok.   

Akhirnya bismillah, kami memberanikan diri membayar uang panjar. Lalu esok harinya kami agendakan melihat lokasi rumah tersebut. Ternyata... Jauuuuh. Entah kami yang terlalu pilih-pilih atau apa, ada nuansa yang tak nyaman saat berada di perumahan yang baru beberapa saja jumlahnya itu. Akhirnya setelah memantapkan hati, kami kembali merelakan uang panjar menguap. Tak masalah. Kami akan terus berjuang.

Sampai akhirnya mata kami tertuju pada sebuah iklan di situs jual beli. Rumah bekas dengan harga masuk kantong. Kami putuskan kembali untuk survei. Kami disambut dengan ramah oleh tuan rumah. Entah ada perasaan apa namun kami merasa nyaman. Saya tidak tahu apakah ini pertanda. Sang penjual mengaku sedang butuh uang. Memang tak murah-murah amat ia jual. Namun dibanding tipe sejenis di lokasi yang sama harga rumah itu termasuk murah. Akankah nanti kami berjodoh dengan rumah ini dan dapat #bahagiadirumah ini?

Sumber: www.flickr.com
Kami merasa nyaman dengan lingkungan rumah itu meski bukan rumah baru. Akhirnya kami memutuskan kembali memberikan uang panjar. Kapok? tidak. Kami masih berjuang. Tapi mungkin benar ungkapan jika mencari rumah seperti mencari jodoh. Jalan kami seperti dilancarkan.  

Impian memiliki rumah itupun semerbak. Meski kami tahu itu bukanlah rumah baru, kami #bahagiadirumah impian. Kini, rumah bekas yang kami taksir itu setidaknya bisa kami tempati hingga kini. Meski tak dilengkapi barang mewah di dalamnya, tak masalah karena seperti tak bosan saya ceritakan, kami masih dan terus berjuang.

Alhamdulillah, saya khususnya sangat #bahagiadirumah. Meski bukan rumah mewah, namun kami mengisi rumah dengan cinta. Saya bisa memerhatikan tumbuh kembang anak secara optimal di rumah. Pun suami yang tercukupi kebutuhannya. 

Bagaimana cara saya agar merasa #bahagiadirumah?

1. Jadikan rumah senyaman mungkin


Saya membuat rumah senyaman mungkin. Meskipun hanya rumah kecil, rumah setiap hari harus bersih sehingga kesehatan keluarga terjaga. Namun demikian, ada yang bilang, kalau punya anak kecil di rumah, rumah akan selalu berantakan. Memang benar, namun biarkan saja berantakan asal si anak senang dan puas bermain. 

Toh, kita bisa membersihkannya di waktu ia tidur siang atau pada saat malam hari si kecil tidur. Kebersihan rumah tak melulu soal tak ada debu, rumah rapi, hingga lantai yang licin. Apa jadinya jika rumah terlalu bersih tapi anak menjadi tak nyaman untuk bermain. So, biarkan rumah berantakan namun tetap kita jaga kebersihannya. 


2. Rumah jadi tempat edukasi keluarga 

Kami juga merasa #bahagiadirumah karena rumah dijadikan sarana edukasi untuk anggota keluarga.  Rumah juga dilengkapi dengan wifi untuk browsing hal-hal positif, kami pun terkadang berdiskusi tentang isu yang marak saat ini atau pun mengenai keagamaan. 

Yang lucu, suami saya terkadang belajar hal-hal tentang wanita dengan membaca tabloid Nova dan juga mengakses situs lifestyle terutama www.tabloidnova.com. Mungkin dia ingin tahu, apa sih yang sering dibaca istrinya itu? Mungkin dia bisa menukil beberapa artikel agar bisa ngegombalin istrinya, haha.

Suami sedang asyik baca tabloid Nova
Kebiasaannya itu mungkin tertular dari saya yang sering membaca tabloid Nova dan situsnya. Saya senang tabloid Nova menyediakan situs yang lengkap isinya, mulai dari parenting, informasi selebriti, sampai rubrik Plesir yang bikin mupeng pengen jalan-jalan. 



3. Bertetangga dengan baik

Sumber: parc.my

Alhamdulillah, saya mendapatkan lingkungan rumah yang sangat nyaman, dengan tetangga yang baik dan tidak usil. Saya masih ingat pertama kali pindah, tetangga sebelah ada yang memberi mpek-mpek, ubi, sampai bawang merah. Padahal, ini di perumahan yang kita tahu sebagian besar individual ya orang-orangnya. Salah satu kunci agar #bahagiadirumah, saya selalu berusaha menyapa tetangga terlebih dahulu untuk mengetahui kabarnya.


4. Dekat dengan anak-anak kompleks

Salah satu hal yang membuat #bahagiadirumah adalah bisa dekat dengan anak-anak kompleks. Saya dan suami memang suka bercanda dan mereka menyukai itu. Kayaknya, rumah kami sudah seperti PAUD karena sering dikunjungi anak-anak. Mulai dari minta dibikinkan kue cubit, minta diajari nyanyian baru, hingga minta dibikinkan slime, yang lagi ngetren di kalangan anak-anak. Wah, rasanya bahagia sekali berada di rumah. Karena bahagia, dekat dengan kita, ada di dalam diri kita, yakni #bahagiadirumah




5. Bersosialisasi dengan ramah 

Kita tak sekedar hidup sendirian, ada tetangga yang menjadi orang pertama yang bisa menolong jika kita butuh bantuan. Untuk itu, kita pun harus berbuat baik pada mereka dan tidak bertingkah acuh jika mereka sedang kesusahan. Ya, semua memang ada batasannya jika kita berada di kompleks perumahan, lain halnya dengan di kampung-kampung yang masih guyub. Meski begitu, tak ada salahnya bukan untuk menjaga hubungan baik dengan tetangga?

Bersosialisasi


Selain bersosialisasi dengan tetangga, mengikuti kegiatan seperti pengajian dan bank sampah menjadi suatu keasikan tersendiri loh. Di kompleks perumahan, terdapat bank sampah, dimana kita menukarkan sampah kita dengan uang. Setiap bulan, uang hasil menukar sampah itu ditabungkan di bank sampah, lalu kita bisa mengambilnya saat dirasa jumlahnya cukup besar.

Seperti yang saya lakukan ini, mengumpulkan kardus susu bekas si kecil, dibersihkan, dikeringkan, kemudian disimpan di plastik besar. Jika jumlahnya sudah banyak, saya tukarkan ke bank sampah. Selain bisa menambah pundi-pundi keuangan rumah tangga, kebiasaan ini juga bisa mengurangi sampah dan melestarikan lingkungan.

Mengumpulkan karton susu untuk dikumpulkan di bank sampah



6. Berkarya dari rumah

Buat ibu rumah tangga seperti saya, yang sebelumnya sempat bekerja di luar, sehari-hari di rumah bisa jadi hal yang membosankan, terutama jika anak sudah mulai besar dan bisa bermain sendiri. Rasanya, #bahagiadirumah itu jarang bisa didapatkan karena rutinitas pekerjaan rumah tangga yang melelahkan dan cukup membosankan. So, berikut ini beberapa cara saya agar tetap #bahagiadirumah

-Menulis
Nah, agar bisa tetap #bahagiadirumah, saya menyibukkan diri dengan sesuatu hal yang saya sukai, misalnya menulis. Menulis bisa jadi ajang eksistensi dan membuat ibu bisa mencurahkan isi hati yang terkadang tidak bisa ditangkap oleh suami. Tak sekadar menulis, saya mencari uang lewat menulis, mulai dari menjadi kontributor penulis di salah satu web berita, menjadi ghost writer (hehee), juga memulai aktif kembali menulis di blog. 

Menulis sekaligus curhat


Menulis bisa mencerahkan pikiran kita dan menjadi agenda tersendiri yang saya lakukan ketika si kecil tidur. Selain itu, dari menulis, kita bisa mendapatkan uang untuk membantu perekonomian keluarga. Ayo mulai menulis!


- Membuat prakarya
Kegiatan yang satu ini juga bisa membuat ibu merasa sangat #bahagiadirumah. Membuat prakarya dari barang-barang bekas misalnya dari kain perca untuk dijadikan lap dan taplak meja. Selain mengisi waktu, juga bisa menghemat agar tak banyak uang yang keluar untuk membeli hal-hal yang dibutuhkan. Selain bisa berhemat, sedikit banyak kita bisa melestarikan lingkungan juga loh. 
keset dari kain perca

- Berdagang

Nahh, hal yang satu ini yang paling mudah dilakukan ibu-ibu di rumah. Berdagang atau berjualan, apapun itu. Cara ini juga banyak dilakukan ibu-ibu di sekitar kompleks untuk menambah uang jajan anak. Saya sudah memulainya dengan berjualan perlengkapan bayi secara online, bisa dicek ya di instagram @ghazikiddie, sekalian promosi hehee. 

Memang belum dalam partai besar dan masih kecil-kecilan, namun tak ada salahnya kan berdagang, seperti yang dilakukan Nabi Muhammad. Kita bisa berdagang apa saja yang kira-kira dibutuhkan, karena berdagang tidak akan membuat kita malu, karena berdagang justru membawa jalan rezeki juga membuka pintu silaturahim. Ayo berdagang.



Setiap orang memiliki caranya masing-masing untuk selalu #bahagiadirumah. Setiap ibu baik working mom atau stay at home mom pasti memiliki caranya sendiri untuk #bahagiadirumah. Yang terpenting, lakukan semua dari hati, karena hati selalu menemukan tempat untuk bahagia. Karena #bahagiadirumah itu sederhana. Sesederhana cinta, bisa hadir di rumah kita.



Menjadi lebih baik bersama Nova

Siapa sih yang tidak tahu tabloid yang satu ini. Kini, usianya menginjak 28 tahun. Wah, sudah sangat dewasa jika disamakan dengan umur manusia saat ini. Di usianya yang sudah tak muda lagi, tabloid Nova semakin membuat pembacanya lebih baik dari hari ke hari. 

Tabloid Nova bukan hanya bermanfaat, tapi juga dapat memberikan informasi tentang banyak hal mulai dari parenting, kesehatan, kecantikan hingga inspirasi masakan yang sangat berguna buat ibu-ibu yang bingung mau masak apa. Di hari jadi Nova yang ke-28, dengan tema NOVAVERSARY, pembaca tentu mengharapkan Nova semakin baik, mulai dari sisi isi artikel, design, hingga harga, hehe. 

Di era digital saat ini, sepertinya tabloid Nova pun turut berbenah dengan menghadirkan website resmi. Melalui situs www.tabloidnova.com, kita bisa mengakses beragam informasi dan juga mendapatkan inspirasi. Bahkan, situs www.tabloidnova.com ini berada di peringkat 254 besar situs di Indonesia versi situs pemeringkat Alexa. 


Wah, ini pasti situs Nova semakin lengkap dan keren.  Apalagi, situs ini sangat sedap dipandang mata dengan font dan gambar-gambarnya yang ciamik. Kaum wanita seperti saya merasa sangat dimanjakan dengan hadirnya situs ini. Selain itu, kita pun bisa mengakses situs melalui akun Fans Page Nova  atau di Twitter.

Apabila kita lihat, terdapat sepuluh kanal dalam website tabloid Nova, mulai dari kanal News, Selebriti, Sedap, Mode dan Kecantikan, Kesehatan, Keluarga, Plesir, Karier, Horoskop, dan Nova TV.

1. News


Dalam kanal News, kita bisa membaca berita-berita terkini yang sedang terjadi. So, kita tidak akan ketinggalan informasi yang sedang banyak dibicarakan. Yuk, cuss segera ke www.tabloidnova.com/News

2. Selebriti


Nah ini dia kanal yang disukai ibu-ibu, baik ibu bekerja maupun ibu rumah tangga. Di situs ini saya bisa mendapatkan informasi seputar selebriti yang sedang hits. Mari merapat ke www.tabloidnova.com/Selebritis.

3. Sedap


Kanal yang ini sangat-sangat berjasa buat saya sebagai ibu rumah tangga. Kanal ini berisikan beragam resep masakan yang bisa jadi inspirasi makanan keluarga. Tak hanya itu, banyak tips-tips kece yang diberikan dalam hal pengolahan masakan yang terlihat sulit namun sebenarnya mudah. Wah, makasih banyak ya www.tabloidnova.com/Sedap, sekarang gak perlu kebingungan lagi kalau mau masak di rumah, tinggal klik. 

4. Mode dan Kecantikan


Wanita mana yang tidak ingin tampil cantik? Semua pasti ingin tampil cantik dan menarik. Nah, kanal Mode dan Kecantikan di www.tabloidnova.com ini sangat bermanfaat karena berisi banyak tips kecantikan. Tak hanya soal kecantikan, juga soal mode dan fashion. Di kanal ini, saya banyak menemukan tips berhijab yang tentu sangat bermanfaat untuk saya. Terimakasih ya  www.tabloidnova.com/Mode-Dan-Kecantikan

5. Kesehatan


Tak perlu buru-buru ke dokter jika kita merasa sakit, mungkin jawabannya dari kanal Kesehatan situs tabloid Nova ini. Di sini kita banyak menemukan tips-tips kesehatan anak dan keluarga. Buruan cek di www.tabloidnova.com/Kesehatan

6. Keluarga


Nah, kanal yang satu ini juga memang jadi acuan saya dalam mempererat hubungan dengan suami, hehe. Banyak tips-tips bermanfaat dalam keluarga dan rumah tangga yang bisa kita dapatkan di kanal ini. Yuk coba ke kanal ini www.tabloidnova.com/Keluarga

7. Plesir


Ingin berlibur dan bingung mau berlibur kemana? Coba yuk cari referensinya di www.tabloidnova.com/Plesir. Di kanal ini, kita banyak menemukan tempat wisata yang ciamik dan sepertinya wajib dikunjungi, baik dalam dan luar negeri. Tulisan dan gambar di kanal ini bikin saya mupeng ingin jalan-jalan. 

8. Karier


Kanal ini menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang mungkin kitabutuhkan. Namun sayangnya, ketika saya mengakses www.tabloidnova.com/Karier, saya tidak menemukan update terbaru. Ayo diperbaharui dong admin..hehe

9. Horoskop


Kanal ini menyediakan informasi mengenai horoskop. Buat kamu yang percaya dengan horoskop, cuss ke www.tabloidnova.com/Horoskop karena kanal ini update banget. 

10. Nova TV


Yang ingin yang sangat saya apresiasi kanalnya. Nova TV menjadi kesejukan sendiri di tengah maraknya tayangan yang kurang bermanfaat. Nova TV penuh dengan kisah-kisah inspiratif yang bisa kita ambil hikmahnya. Juga mengenai hal-hal yang kini sedang banyak dibicarakan, mulai dari tutorial hijab, kisah para tokoh inspiratif dan banyak hal lainnya. Mau tahu, coba aja ke www.tabloidnova.com/Novatv



Di ultahnya ini, tabloid Nova mengambil tema NOVAVERSARY. Dengan hari jadinya ini, semoga Nova semakin baik ke depan. Selain itu, kami doakan agar tabloid Nova semakin meningkat dari sisi kualitas artikel dan gambarnya, semakin memberi inspirasi bagi banyak orang. Selain itu juga, semoga website www.tabloidnova.com semakin lengkap dan fresh, sehingga bisa dinikmati oleh semua orang. Sedikit masukan agar tabloid Nova terus mengelola Fans Page Facebook dan twitter dengan maksimal. Keren dan sukses selalu tabloid Nova, Happy NOVAVERSARY...




Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Karena #Bahagiadirumah Itu, Sederhana"

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)