Dunia Lingga

Indonesia Membaca, bukan tak mungkin..



Indonesia membaca.Sebuah angan-angan dalam diriku agar negeri ini gemar membaca.Tetapi,aku hanya berangan-angan,tidak ada kontribusi besar untuk merubahnya.Darinya,aku belajar.Belajar banyak.

Aku melihat kamarnya yang dipenuhi nuansa hijau,dengan karpet yg hangat.Hari ini aku bersilaturahmi ke kosan sahabatku semasa SMA.Bukankah Allah menyukai apa kita mengikatkan dan mengeratkan jalinan persaudaraan?Walaupun kosannya cukup jauh,aku di IPB,ia di UNPAD(Etamah lain jauh deui atuh ling..),aku bertekad kuat bertemu dengannya.

Entah berapa sms aku habiskan dan dia habiskan.Mungkin ia takut aku kesasar dan tiba-tiba berada di Garut,padahal rumahnya di Bandung.Aku hanya berbekal rute transportasi yg ia berikan padaku.

Tak hanya tersasar,aku salah naik bis.Malu sekali,tetapi beruntung karena aku mahasiswi kritis(yeah,boong bgt si),aku bertanya sana sini.Aku bertanya pada supir,ibu-ibu bermake up tebal,hingga tukang mie ayam.

Alhamdulilah sampai,dan sahabatku hanya mengirim sms padaku sewaktu ia dlm perjalanan menjemputku di dekat kosnya,"lil(panggilan sayangnya padaku,hoho..),kamu kayak andrea hirata aja,sndirian,beranian"
aku jawab,"bukan andrea hirata,tapi andrea hirati,kan cewe.."dan ia menjawab,"ha..ha.."

kembali ketika aku melihat kamarnya untuk pertama kalinya.Ada sesuatu yg menarik dari kamarnya.Aku melihat sederetan buku-buku,banyak sekali jumlahnya.Mulai dari ilmu politik,agama sampai teenlit.Semua buku ia nomori,layaknya perpustakaan.Di samping deretan buku tertulis'Perpustakaan pribadi' dan 'daftar peminjam buku'.

Aku hanya berdecak kagum,inilah gerakan Indonesia membaca sesungguhnya,dimulai dari individu masing-masing.Bukan hanya angan-angan semata yg tidak jelas.

Darinya aku belajar,darinya aku tertular virus membaca dan menulis,darinya aku tidak ingin lagi hanya berangan-angan.Jika gagasan ini dimiliki setiap orang,dan ditularkan kepada orang lain,bukan tak mungkin gerakan indonesia membaca terpenuhi.Lakukan sekuat apapun yg kita bisa.

Jatinangor,di kos shbtku.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Indonesia Membaca, bukan tak mungkin.."

Posting Komentar

Terima kasih sudah memberi komentar di dunia lingga. Tabiik :)